Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Komponen PLTMH, PLTA Skala Kecil

gambar turbin pltmh

" Salah satu pembangkit listrik yang memanfaatkan sumber daya air adalah pembangkit listrik tenaga mikrohidro (pltmh), memiliki kapasitas terpasang dengan satuan kilowatt "

PLTMH adalah singkatan dari pembangkit listrik tenaga mikrohidro. PLTMH merupakan pembangkit listrik yang memiliki kapasitas kecil dari PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). PLTMH memiliki kapasitas terpasang <1 MW (Megawatt). Satuannya pltmh adalah kW (Kilowatt).

Bagaimana Cara Kerja PLTMH

Sama seperti cara kerja plta, pltmh juga memanfaatkan perbedaan ketinggian antara hulu dan hilir air yang disebut dengan tinggi terjun atau head. Dari perbedaan ketinggian ini energi air akan menghasilkan energi potensial dan energi kinetik.

Energi potensial dan energi kinetik tersebut akan diubah oleh turbin air menjadi energi mekanik, kemudian energi mekanik akan diubah oleh generator (dinamo) menjadi energi listrik. 

Perbedaan antara plta dan plth adalah kapasitas terpasang. PLTA memiliki kapasitas terpasang yang lebih besar, dapat mencapai ratusan megawatt, sedangkan pltmh memiliki kapasitas terpasang yang relatif kecil dengan satuan kilowatt atau skala mikro.

Dengan demikian pltmh sering disebut degan pembangkit listrik skala kecil. PLTMH biasanya dibangun di desa atau perkampungan yang memiliki potensi sumber daya air, seperti sungai. Energi listrik yang dihasilkan bisanya hanya sanggup untuk memenuhi kebutuhan untuk beberapa rumah tangga di pedesaan.

Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro

1. Bendungan (Dam) dan Bangunan Penyadap (Intake)

Bendungan adalah bangunan yang memiliki fungsi untuk menaikkan/mengontrol tinggi air sungai sehingga air dapat dialihkan ke dalam intake pembangkit PLTMH. Sedangkan bangunan penyadap (intake) adalah bangunan yang berfungsi untuk mengalirkan air dari sungai dan dialirkan ke dalam saluran. 

gambar bendungan pltmh
Gambar bendungan dan intake

Saluran intake berfungsi untuk menutup saluran pembawa, biasanya digunakan untuk menghentikan aliran air pada saat pemeliharaan atau selama terjadinya banjir besar digunakan untuk mengurangi banyaknya/volume air yang masuk ke dalam saluran.

2. Saluran Pembawa (Waterway)

Saluran pembawa adalah saluran air yang kurang lebih sejajar dengan sungai, tetapi dengan kemiringan yang sangat kecil, mirip dengan saluran irigasi. Bertambahnya panjang saluran, jarak dan perbedaan tinggi terhadap sungai (head) bertambah juga. 

gambar saluran pembawa atau waterway
Gambar saluran pembawa

Di ujung saluran (bak penenang) air mencapai titik di atas permukaan air sungai, yang kemudian air diterjunkan melalui pipa pesat menuju ke rumah pembangkit yang menggerakkan turbin.

Saluran pembawa seringkali dibangun dari pasangan batu kali (saluran dengan pasangan) atau berupa parit tanah menyerupai saluran irigasi. Saluran pembawa dapat pula dikombinasi antara saluran pasangan dan tanpa pasangan.

3. Bak Penenang (Headpond)

Bak penenang adalah kolam air yang biasanya berbentuk kotak, terbuat dari pasangan batu kali yang menghubungkan saluran pembawa dengan pipa pesar. Bak penenang dilengkapi dengan:
a. Saluran pelimpah untuk air yang berlebih (overflow),
b. Lubang untuk menguras bak dan sedimen,
c. Saringan untuk mencegah masuknya sampah yang mengapung.

4. Pipa Pesat (Penstock)

gambar penstock pltmh
Gambar pipa pesat

Pipa Pesat dapat terbuat dari logam atau plastik dengan diameter yang berbeda - beda. Spesifikasi dan ukuran detail pipa disediakan oleh desainer di dalam gambar desain dan spesifikasi. Pipa pesat berfungsi untuk mengalirkan air dari kolam penenang ke rumah pembangkit.

5. Rumah Pembangkit (Power House)

Rumah pembangkit dibangun untuk menampung dan melindungi peralatan turbin dan generator (dinamo) dari orang yang tidak berkepentingan dan dari kerusakan yang mungkin timbul akibat cuaca. 

gambar power house
Gambar rumah pembangkit

Di dalam rumah turbin biasanya juga terdapat tempat untuk switchboard, transformer (jika diperlukan) dan area untuk pekerjaan pemeliharaan termasuk lemari/rak untuk peralatan dan suku cadang.

6. Saluran Pembuang (Tailrace)

gambar tailrace pltmh
Gambar saluran pembuang

Saluran pembuang mengalirkan air dari turbin kembali ke sungai. Saluran pembuang perlu didesain cukup luas agar air buangan turbin dapat mengalir dengan aman. Dinding pengaman pada sungai dan posisi ketinggian lantai rumah turbin dibuat cukup tinggi, yaitu di atas tinggi muka air maksimum pada saat banjir.

7. Pekerjaan Baja

Air mengalir melalui saringan langsung menuju ke pembangkit. Saringan bertugas untuk menahan benda - benda besar (seperti sampah kayu dan dedaunan), yang dapat membahayakan atau menyumbat turbin.

8. Tiang Jaringan Distribusi

Tiang jaringan distribusi listrik merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik yang dihasilkan dari generator (rumah pembangkit) kepada konsumen atau pelanggan. Aliran listrik juga dapat disimpan sementara pada tempat penyimpanan listrik sementara atau gardu listrik.

gambar tiang jaringan listrik
Gambar tiang jaringan distribusi

Tiang jaringan distribusi terdiri dari dua jenis, yaitu tiang bambu yang terbuat dari pohon bambu dan tiang jaringan distribusi yang terbuat dari tiang beton bertulang.

9. Tiang Listrik dan Aksesorisnya

Tiang listrik distribusi dilengkapi dengan aksesoris pendukung untuk beberapa jenis kondisi jalur. Adapun aksesoris tiang listrik dibagi menjadi tiga kategori, yaitu pada kondisi:
a. Kondisi jalur lurus.
b. Kondisi jalur berbelok.
c. Kondisi jalur akhir/tarik.

10. Tulangan

gambar pemasangan tulangan baja
Gambar tulangan baja

Beton sangat kuat terhadap tekanan, tetapi sangat lemah terhadap tegangan dan beban - beban yang diletakkan pada beton adalah tegangan yang akan membuat beton pecah. 

Oleh sebab, itu tulangan baja perlu ditambahkan ke dalam beton untuk menambahkan kekuatannya. Ketebalan minimum beton, ketebalan tulangan baja dan juga jarak tulangan baja harus selalu mengikuti gambar desain.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " Mengenal Komponen PLTMH, PLTA Skala Kecil " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Mengenal Komponen PLTMH, PLTA Skala Kecil"