Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Batu Alam Andesit, Spesifikasi dan Manfaat

gambar penambangan batu andesit

“ Batu andesit merupakan batuan yang dapat dimanfaatkan sebagai batu hias, sehingga sering disebut dengan batu alam andesit yang banyak ditemukan hampir di seluruh tanah air Indonesia “

Batu andesit adalah jenis batuan beku luar yang terbentuk dari hasil pembekuan magma yang bersifat intermedier sampai basa di permukaan.

Batu andesit memiliki ciri - ciri, seperti bertekstur porfiritik afanitik, komposisi mineral utama berjenis plagioklas, mineral mafik adalah piroksen dan amfibol. Sedangkan mineral tambahan adalah apatit dan zirkon.

Batu andesit memiliki warna gelap umumnya abu - abu sampai kehitaman, tahan terhadap air hujan, berat jenis 2,3 - 2,7, kuat tekan 600 - 2400 kg/cm2. Banyak dijumpai sebagai retas, sill, lakolit, aliran permukaan atau sebagai fragmen dan lahar gunung api maupun fragmen breksi.

Daerah Penghasil Batu Alam Andesit

Pada umumnya, batu alam andesit banyak terbentuk dan ditemukan di sepanjang jalur gunung api, baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi. Di Indonesia daerah penyebaran batuan andesit terdapat di:

1. Daerah Istimewa Aceh, terutama di daerah Rikit Gaib, Kab. Aceh Tenggara, Krueng Raya, Kab. Aceh Besar.
2. Sumatera Utara, terutama di daerah Aek Puli, Kab. Tapanuli Utara.
3. Sumatera Barat, terutama di daerah Sirah Painan, Kab. Pesisir Selatan.
4. Jambi, terutama di S. Tutung, Kac. Air Hangat, Kab. Kerinci dan Pulau Pandan, Kec. Danau Kerinci.
5. Bengkulu, di G. Kandis dan G. Beringin, Kab. Bengkulu Utara.
6. Jawa Barat, di Ujung Berung, Kab. Bandung, Lagadar Kab. Bandung, G. Bojong, Cililitan, Kab. Bandung.
7. Jawa Tengah, terutama di daerah Selogiri Bendokerep Kab. Wonogiri, G. Mergi Kab. Semarang.
8. Kalimantan Selatan, terutama di daerah Jimban, Tambang, Ulang, Pleihan Kab. Tanah Laut.
9. Sulawesi Utara, di daerah Lilang Kab. Minahasa
10. Papua, di daerah Rumba, Bukit, Cendrawasih Kab. Sorong.

Penambangan Andesit

Batuan andesit dikenal dengan batuan yang cukup keras dan masif. Apabila penambangan dilakukan oleh rakyat, karena keterbatasan modal dilakukan dengan peralatan sederhana dengan produksi yang cukup terbatas.

Jika, dengan dengan produksi bongkah massal atau dengan produksi skala besar dalam waktu yang relatif singkat, penambangan dilakukan dengan sistem peledakan. Kemudian dibantu dengan peralatan mekanis atau alat berat, seperti backhoe, shovel, bulldozer atau scraper sebagai alat muat dan sebagai alat pengumpul bongkahan, sedangkan alat angkut menggunakan truk tambang. Biasanya bentuk awal batu andesit, berbentuk balok dan bongkahan.

Pengolahan dan Pemanfaatan Andesit

Batu andesit dengan ukuran yang masih dapat diangkat oleh manusia dapat dimanfaatkan sebagai pondasi rumah. Sedangkan batu andesit yang dibentuk menjadi batu candi, seperti bentukan empat persegi panjang/kubus dengan ukuran yang telah disesuaikan akan dibentuk menjadi batu tempel dengan ukuran tertentu, penggergajian sistem basah pada balok hasil penambangan dapat dilakukan.

gambar batu hias andesit

Batu andesit yang digunakan sebagai batu hias tempel pada tembok luar, pengganti material tegel dan keramik tidak menjadi masalah karena batu hias andesit adalah batuan yang cukup resisten terhadap cuaca apapun, terutama hujan.

Di Jawa, batu andesit bentuk balok akan dibentuk menjadi patung atau relief oleh para pekerja seniman patung yang dapat meningkatkan nilai jual dari batu tersebut.

Pemanfaatan lainnya dari batu andesit adalah bongkahan hasil peledakan yang ukurannya belum sesuai akan diremukkan kembali dengan alat seperti palu dan alat berat, seperti breaker.

Batu andesit yang sesuai dengan keinginan konsumen akan diangkut menggunakan truk ungkit. Bongkahan andesit ini akan digunakan sebagai pondasi rumah dan campuran concrete beton.

Harga batu andesit untuk batu hias, berbentuk persegi dengan satuan meter persegi dihargai mulai dari 80.000 - 300.000 ribu/m2, sesuai dengan ukuran dan spesifikasi yang diinginkan.

Penutup

Potensi pengembangan batu andesit di Indonesia cukup besar, terutama untuk kebutuhan batu hias andesit (batu tempel), campuran beton dan pondasi rumah. Apalagi sudah diketahui sebaran cadangan batuan andesit di Indonesia cukup besar dan hampir merata di seluruh pelosok Indonesia.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " Mengenal Batu Alam Andesit, Spesifikasi dan Manfaat" Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Mengenal Batu Alam Andesit, Spesifikasi dan Manfaat"