Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Alat Berat Tambang, Wajib Digunakan

gambar aktivitas pertambangan batubara

“ Inilah 5 jenis alat berat tambang yang paling sering digunakan dan sangat penting dimiliki oleh perusahaan pertambangan pada operasi penambangan “

Alat berat pada industri pertambangan mineral logam merupakan kebutuhan yang sangat vital. Alat berat memiliki fungsi yang sangat besar untuk kesuksesan aktivitas penambangan dan tercapainya produksi yang diinginkan oleh perusahaan pertambangan.

Apa itu Alat Berat

Alat berat adalah alat/peralatan mekanis yang dapat digunakan untuk membantu manusia mengerjakan pekerjaan yang memiliki skala yang lebih besar, seperti di proyek konstruksi dan pertambangan dan biasanya memiliki ukuran yang sangat besar dan massa yang juga berat.

5 Alat Berat Tambang

Alat berat tambang dapat berfungsi menjadi alat keruk (bongkar), alat muat, alat angkut sampai menjadi alat pembersih lahan. Inilah 5 alat berat tambang yang wajib dimiliki perusahaan pertambangan, terutama pertambangan yang menerapkan metode tambang terbuka.

1. Excavator

Fungsi excavator di lokasi pertambangan sangatlah dibutuhkan, dimana bahan yang akan digali pada proses pertambangan terdiri dari material batuan dan tanah, baik pertambangan bijih logam maupun batubara.

gambar excavator di lokasi pertambangan

Fungsi utama excavator adalah sebagai alat muat, excavator bertugas untuk memuat atau memindahkan material batuan/batubara/tanah ke alat angkut, seperti truk tambang dan atau memindahkan ke tempat lokasi yang berbeda. Excavator juga dapat difungsikan untuk mengeruk material, jika material tersebut bersifat lunak, seperti tanah dan lapisan penutup lainnya.

Jika material bersifat keras, maka dianjurkan tidak menggunakan excavator untuk mengeruk material tersebut, karena akan merusak bucket eskavator tersebut. Dapat digantikan dengan proses peledakan, kemudian excavator akan menjadi pengumpul dan alat muat dari hasil peledakan material keras.

2. Haul Dump (HD)

Truk tambang (mining dump truck), seperti Haul Dump (HD) merupakan kebutuhan yang sangat vital di dalam industri pertambangan. Truk di lokasi pertambangan berfungsi untuk mengangkut material tambang, seperti bijih logam dan batubara, untuk dibawa ke lokasi pengolahan ataupun lokasi penimbunan sementara.

gambar truk tambang membawa sedang membawa bahan tambang

Alat angkut seperti dump truk tambang, biasanya memiliki ukuran badan dan ban truk yang sangat besar, ini dibutuhkan agar dapat mengatasi kondisi medan daerah pertambangan yang sangat ekstrim dan kondisi jalan yang tidak semulus jalan raya.


Ukuran truk tambang yang super besar, juga dibutuhkan agar dapat mengangkut material tambang dengan jumlah (tonase) yang besar juga. Truk tambang biasanya didesain dapat mengangkut material dari puluhan ton sampai ratusan ton dalam sekali angkut.

3. Bulldozer

Alat ini difungsikan untuk mendorong material yang cukup besar dan berat yang diarahkan ke suatu tempat seperti lereng dan menutup lubang. Bulldozer juga difungsikan untuk mengupas (striping) lapisan atas suatu lahan seperti top soil.

gambar alat berat bulldozer

Alat ini juga digunakan untuk proses land clearing (pembersihan lahan) dari material tumbuhan seperti pohon dan rumput. Pada industri pertambangan Bulldozer juga difungsikan untuk mengumpulkan material galian, membuka akses jalan tambang sampai, menanggulangi material, seperti lumpur.

4. Wheel Loader

Wheel Loader adalah alat mekanis yang digunakan sebagai alat muat untuk memindahkan material tanah atau batuan yang berukuran kecil yang berasal dari alat angkut seperti Dump Truck atau material yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

gambar alat berat wheel loader

Pada operasi penambangan Wheel Loader difungsikan menjadi alat muat. Alat berat ini dapat memindahkan material bahan tambang ke alat angkut atau memindahkan material ke tempat penimbunan sementara.

5. Dragline

Pada operasi pertambangan, Dragline difungsikan terutama untuk memuat material yang bersifat lunak seperti tanah ke alat angkut atau memindahkan material ke lokasi penimbunan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi penggalian.

gambar dragline di lokasi pertambangan batubara

Alat ini banyak digunakan di proyek pertambangan tambang terbuka (mine surface) yang menggunakan sistem metode tambang terbuka Stripping Mine.


Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " Top 5 Alat Berat Tambang, Wajib Digunakan ". Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Top 5 Alat Berat Tambang, Wajib Digunakan"