Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Manfaat Tembaga Bagi Kehidupan Manusia

gambar bijih tembaga

“ Tembaga adalah logam yang terdapat di kerak bumi dalam bentuk bijih. Tembaga merupakan salah satu unsur kimia dengan lambang Cu dengan nomor atom 29. Tembaga sangat dibutuhkan karena memiliki sifat penghantar listrik yang sangat baik “

Kawat tembaga adalah produk jadi dari pengolahan tembaga yang digunakan hampir di seluruh sektor industri, terutama pada sektor industri elektronik dan industri otomotif. Penggunaan kabel tembaga terbesar adalah sebagai penghantar panas/listrik.

Tembaga diperoleh dengan sistem pertambangan, baik dengan cara metode tambang terbuka maupun metode tambang bawah tanah, seperti sistem yang diterapkan oleh PT Freeport Indonesia yang dikenal sebagai perusahaan produsen tembaga terbesar di dunia.

Bijih tembaga yang diperoleh dari hasil pertambangan akan diubah menjadi logam tembaga. Produk jadi dari tembaga berupa katoda tembaga, yaitu tembaga yang banyak digunakan diberbagai industri, terutama menjadi kawat tembaga.

Manfaat Tembaga

Masih banyak lagi pemanfaatan tembaga di berbagai industri yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berikut 5 manfaat tembaga bagi kehidupan manusia:

1. Transportasi

Alat transportasi adalah kebutuhan manusia yang sangat penting, seperti mobil dan sepeda motor. Transportasi merupakan sarana vital manusia untuk melakukan berbagai aktivitas dengan cepat dan singkat. Untuk membuat berbagai jenis alat transportasi membutuhkan logam tembaga.

Alat transportasi yang manusia gunakan sampai saat ini membutuhkan tembaga agar rangkaian kendaraan tersebut dapat digunakan. Untuk membuat satu mobil SUV (sport utility vehicle), membutuhkan tembaga seberat 83 kilogram. Sedangkan, untuk membuat  satu sepeda motor membutuhkan tembaga 4 kilogram.

Pertumbuhan pasar tembaga untuk kebutuhan di sektor industri transportasi sekitar 12% persen per tahun.

2. Elektronik

Sektor industri alat - alat elektronik adalah industri yang sangat membutuhkan bahan baku tembaga. Tembaga terutama digunakan sebagai heat exchanger (penghantar panas) pada papan sirkuit dan melapisi berbagai peralatan elektronik, terutama ponsel pintar.

Ketersediaan bahan baku tembaga telah menyediakan kebutuhan manusia akan peralatan elektronik yang sangat besar permintaannya akhir - akhir ini. Persentase kebutuhan tembaga di sektor industri elektronik, sekitar 12 - 15% per tahun.

3. Listrik dan Energi

Listrik adalah sumber energi untuk menggerakkan dan menghidupkan berbagai peralatan rumah tangga dan peralatan elektronik yang digunakan manusia. Tembaga adalah bahan baku utama untuk pembuatan kabel listrik untuk transmisi listrik yang bertujuan untuk mendistribusikan listrik kepada masyarakat.

gambar kabel tembaga

Sedangkan, di sektor pembangkit listrik (energi), tembaga menjadi bahan baku untuk keperluan komponen dan peralatan pembangkit listrik, terutama sumber energi yang berasal dari Energi Baru Terbarukan (EBT). Dengan demikian adanya tembaga, pasokan listrik tetap terjaga dan dapat didistribusikan kepada pelanggan.

Persentase pertumbuhan akan tembaga di sektor kelistrikan dan energi mencapai 10% setiap tahunnya.

4. Sanitary

Industri sanitary (sanitasi) adalah industri yang berhubungan dengan penyediaan peralatan kebersihan saluran kebersihan rumah dan gedung. Saluran pembuangan dan saluran air yang terpasang pada rumah dan gedung perkantoran, seperti pipa dan keran air terbuat dari tembaga, sehingga kebersihan perumahan selalu terjaga dan terawat.

5. Ekonomi

Industri pertambangan dan pengolahan tembaga, seperti smelter telah memberikan dampak yang sangat besar bagi negara terutama ekonomi. Industri hulu dan hilir tembaga telah membuka lowongan kerja yang sangat besar bagi masyarakat luas.

Di Indonesia dengan adanya tembaga telah menyerap sebesar 22.500 tenaga kerja baru. Sedangkan, penerimaan negara dari pajak meningkat hingga USD 682 juta/tahun (lebih besar dua lipat dibandingkan subsidi sektor tambang di smelter baru). Meningkatnya konstribusi nilai tambah terhadap PBD sebesar USD 6,8 miliar/tahun.

Penutup

Industri pertambangan dan pengolahan tembaga adalah industri yang memiliki manfaat yang sangat besar terutama dari segi ketahanan ekonomi, industri dan ketahanan energi. Apalagi diprediksi konsumsi tembaga dunia akan terus meningkat sampai tahun 2045.

Indonesia menempati posisi ke-7, sebagai pemilik cadangan terbesar di dunia dengan potensi cadangan tembaga mencapai 28 juta metrik ton atau sekitar 3,21% dari seluruh total cadangan dunia.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di kolom komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat " Inilah 5 Manfaat Tembaga Bagi Kehidupan Manusia " Semoga bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Inilah 5 Manfaat Tembaga Bagi Kehidupan Manusia"