Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kereta Cepat dan Tercepat di Dunia

gambar gerbong kereta cepat

" Teknologi Kereta Cepat sudah semakin canggih dan semakin dibutuhkan disetiap negara. Kereta cepat tidak akan lama lagi akan dioperasikan dan dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia " 

Seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, proyek kereta cepat Jakarta - Bandung (KCJB) progres pembangunannya sudah mencapai 88,8%. Hal ini diketahui ketika Presiden Joko Widodo meninjau progres proyek ini pada Kamis, 13 Oktober 2022.

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) adalah proyek kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Tiongkok. Kereta Cepat ini akan menjadi sistem transportasi yang menghubungkan antara Jakarta dan Bandung. Proyek KCJB diperkirakan akan diresmikan dan beroperasi pada Juni 2023.

Apa Itu Kereta Cepat

Kereta cepat atau Kereta kecepatan tinggi adalah transportasi massal dengan menggunakan rel dengan kecepatan di atas 250 km/jam. Biasanya kereta kecepatan tinggi berjalan dengan kecepatan antara 250 km/jam sampai 360 km/jam. Saat ini, kereta cepat dapat mencapai 400 km/jam.

Teknologi Kereta Cepat

Pengembangan kereta api kecepatan tinggi dimulai di Jerman pada tahun 1899 ketika perusahaan kereta api negara Prusia bergabung dengan sepuluh perusahaan listrik dan teknik dan menyetrum 72 km (45 mil) kereta api milik militer antara Marienfelde dan Zossen.

Saluran tersebut menggunakan arus tiga fasa pada 10 kilovolt dan 45 Hz. Pada 23 Oktober 1903, gerbong yang dilengkapi listrik S&H mencapai kecepatan 206,7 km/jam (128,4 mph) dan pada 27 Oktober gerbong yang dilengkapi AEG mencapai 210,2 km/jam.

Kereta Tercepat di Dunia

Sebelum warga Indonesia menikmati kereta cepat Jakarta - Bandung tahun depan, negara maju dan berkembang sudah memiliki dan mengoperasikan kereta cepat di berbagai belahan dunia.

Inilah 5 teknologi Kereta Cepat di dunia yang memiliki kecepatan sampai 400 km/jam, yang telah digunakan oleh berbagai negara sebagai moda transportasi umum untuk menunjang sistem transportasi dalam negeri:

1. Kereta Cepat Frecciarossa 1000

Kereta cepat Frecciarossa 1000 dibuat pada tahun 2013. Kereta cepat transportasi yang dimiliki oleh Pemerintah Italia. Frecciarossa 1000 merupakan kereta cepat yang memiliki kecepatan 400 km/jam. Kereta ini ditenagai oleh 16 mesin dan memiliki 8 gerbong.

gambar kepala kereta cepat
Meskipun sangat cepat, Frecciarossa 1000 dipastikan sangat aman bagi penumpang dan lingkungan, karena kereta cepat ini mengutamakan keselamatan dan penggunaan energi yang dibatasi sesuai dengan standarisasinya.

2. Kereta Cepat Siemens Velaro E

Siemens Velaro E adalah kereta cepat kebanggaan yang dimiliki oleh Pemerintah Spanyol. Kereta ini dibangun pada tahun 2001 yang memiliki kecepatan maksimum 403,7 km/jam dan memiliki panjang 200 meter. Dapat membawa penumpang sampai 536 orang dan memiliki 8 gerbong.

Kereta cepat Siemens Velaro E merupakan moda transportasi favorit masyarakat Spanyol yang ingin bepergian ke berbagai daerah di Spanyol dengan waktu yang sangat singkat dan nyaman.

3. Kereta Cepat Fuxing Hao CR400AF

Kereta cepat Fuxing Hao CR400AF beroperasi di negeri Tiongkok (China). Dibangun dan diproduksi langsung oleh China pada tahun 2017. Memiliki kecepatan maksimal 418 km/jam. Dilengkapi dengan 18 gerbong dan panjang sampai 400 meter.

Salah satu fakta yang dibanggakan dari Fuxing Hao CR400AF adalah kereta api ini dapat beroperasi pada suhu dingin dan faktanya kereta cepat ini mencapai kecepatan maksimumnya pada suhu -40 derajat celcius.

4. Kereta Cepat HEMU-430X

Korea Selatan memiliki kereta tercepat di dunia yang dinamakan HEMU-430X yang diciptakan oleh grup Hyundai Rotem. Dibagun dan diproduksi langsung oleh Korea Selatan pada tahun 2010.

Kereta cepat HEMU-430X memiliki kecepatan maksimum 430 km/jam dan dilengkapi 6 gerbong dengan panjang gerbong 147, 5 meter. Dapat membawa penumpang sampai 381 orang dan menghabiskan biaya USD 79,69 juta.

5. Kereta Cepat Shanghai Maglev

Tidak habis - habisnya, China menciptakan dan memproduksi kereta cepat. Kali ini kereta cepat ini dinamakan Shanghai Maglev. Kereta api cepat ini memiliki kecepatan maksimum sampai 431 km/jam dan dinobatkan sebagai kereta cepat komersial tercepat pada tahun 2022.
gambar kereta cepat shanghai maglev
Kereta Maglev terkenal karena kecepatannya, dan Shanghai Maglev tentu saja tidak terkecuali dengan reputasi ini. Dengan melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi, kereta Shanghai Maglev dapat menempuh jalur sepanjang 19 mil (30,5 km) hanya dalam waktu 8 menit.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai “ 5 Kereta Cepat dan Tercepat di Dunia “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "5 Kereta Cepat dan Tercepat di Dunia"