Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Informasi Gempa Bumi Terkini

gambar runtuhan rumah akibat gempa bumi

“ Ketahui informasi Gempa Bumi terkini yang terjadi di Indonesia dan dunia di dua situs ini, terutama informasi mengenai gempa bumi yang terjadi di wilayah Anda “

Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam akibat proses geologi yang berlangsung di bumi. Gempa bumi dapat dirasakan oleh manusia, bahkan dapat mengakibatkan korban jiwa baik manusia dan kerusakan barang atau benda.

Kekuatan gempa bumi dapat diukur dengan menggunakan alat khusus dengan satuan magnitudo. Semakin besar guncangan yang diakibatkan oleh gempa bumi, maka akan semakin besar magnitudonya.

Apa itu Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, aktivitas gunung api aktif dan runtuhan batuan.

Kejadian gempa bumi (earthquake) tidak dapat diketahui kapan terjadi, baik oleh manusia dan teknologi canggih sampai saat ini. Kapan, dimana, berapa kekuatan gempa yang akan terjadi belum dapat diprediksi secara detail.

Gempa bumi dapat terjadi diberbagai belahan dunia ini, terutama daerah yang dilintasi lempeng bumi dan patahan. Selain itu, efek getaran gempa bumi dapat dirasakan bahkan sampai berpuluh - puluh kilometer dari titik kejadian gempa.

Kekuatan gempa bumi dapat diukur oleh alat seismograf yang disebut dengan magnitudo. Skala magnitudo gempa bumi paling rendah dimulai dari 2,5 sampai kekuatan maksimum magnitudo berada pada angka 10.

Selain mengakibatkan getaran dan guncangan pada permukaan bumi, gempa bumi juga dapat mengakibatkan gelombang Tsunami, jika titik lokasi gempa bumi terdapat di bawah permukaan laut.

Tsunami adalah gelombang air besar yang diakibatkan oleh gangguan di dasar laut, seperti gempa bumi. Gangguan ini membentuk gelombang yang menyebar ke segala arah dengan kecepatan gelombang mencapai 600 - 900 km/jam (kilometer per jam).

Cara Mengetahui Informasi Gempa Terkini

Gempa bumi yang terjadi baru - baru ini dapat diketahui informasinya dari 2 (dua) badan pemantau gempa bumi, yaitu BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) dan Badan Geologi Amerika Serikat, USGS (United State Geological Survey).

BMKG merupakan badan milik pemerintah Indonesia yang memberikan informasi Cuaca, Iklim, Kualitas Udara dan Informasi Gempa Bumi. BMKG memiliki tugas untuk memantau kejadian gempa bumi dan Tsunami di seluruh daerah di Indonesia.

BMKG memiliki website yang memberikan informasi Gempa bumi terkini. Pada menu Gempa bumi terkini akan disajikan informasi, seperti waktu gempa bumi, koordinat titik gempa bumi (lintang dan bujur), magnitudo, kedalaman dan daerah titik sumber gempa bumi.

gambar tampilan gempa bumi terkini BMKG

Selain itu, pada situs resmi BMKG (BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA) juga akan memberikan informasi mengenai potensi gelombang Tsunami jika titik lokasi sumber gempa bumi berada di bawah permukaan laut.

Saat ini, website BMKG sudah tersedia aplikasi mobile (app mobile) yang dapat di download. Kelebihan dari aplikasi mobile ini, dapat memberikan notifikasi cuaca, iklim sampai gempa bumi, sehingga selalu mendapat informasi secara real time pada ponsel pintar Anda.

Cek informasi mengenai gempa bumi terkini pada link BMKG berikut https://www.bmkg.go.id/gempabumi-terkini.html. Aplikasi mobile BMKG dapat di download pada link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Info_BMKG (android) dan https://itunes.apple.com/id/app/id1114372539?l=id (app store).

Website selanjutnya mengenai informasi gempa bumi terkini adalah website United State Geological Survey (USGS). USGS adalah Survei Geologi Amerika Serikat merupakan agensi ilmiah Pemerintah Amerika Serikat. 

Meskipun situs ini dimiliki oleh Pemerintah Amerika Serikat akan tetapi website USGS juga memberikan informasi peta distribusi gempa bumi hari ini seluruh dunia.

Untuk mengetahui gempa bumi terkini di Indonesia dan seluruh dunia di website USGS dapat membuka menu Latest Earthquake. Di website USGS akan menampilkan peta rupa bumi (earth explorer usgs) yang menunjukkan titik - titik gempa bumi yang terjadi terkini secara real time.

gambar tampilan situs latest earthquake USGS

Kelebihan dari website USGS adalah dapat menampilkan dan memberikan informasi gempa bumi terkini di seluruh dunia, seperti daerah terjadinya gempa bumi, waktu terjadinya, lokasi koordinat dan kedalaman gempa bumi sampai potensi Tsunami.

Selain itu, di situs USGS kita dapat mengunduh (download) riwayat (history) gempa bumi mulai dari puluhan tahun sampai ratusan tahun. Data gempa bumi ini dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti mengetahui sumber gempa bumi di lokasi pembangunan infrastruktur.

Penutup

Informasi mengenai gempa bumi sangat penting untuk masyarakat yang sering terjadi bencana gempa bumi. Informasi ini dapat membantu masyarakat untuk mengetahui kejadian gempa bumi yang terjadi di daerahnya dan mengetahui informasi yang pasti mengenai potensi Tsunami yang dapat meminimalisir korban jiwa dan benda.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " Cek Informasi Gempa Bumi Terkini " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Cek Informasi Gempa Bumi Terkini "