Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Sungai Terpanjang di Indonesia

gambar sungai amazon
Gambar Sungai Terpanjang di Dunia

“ Indonesia memiliki puluhan ribu bahkan jutaan sungai yang terbentuk di daratan Indonesia. Terdapat 5 sungai yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang dan terlebar di Indonesia “

Sungai yang terbentuk di Indonesia tersebar hampir merata dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua. Sungai terbentuk karena proses alamiah atau geologi dan sebagian terbentuk karena sungai buatan manusia yang digunakan untuk kebutuhan manusia.

Pengertian Sungai

Sungai adalah aliran air di permukaan besar dan berbentuk memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu menuju hilir. Sungai merupakan tempat mengalirnya air secara gravitasi menuju ke tempat yang lebih rendah.

Arah aliran sungai sesuai dengan sifat air mulai dari tempat yang tinggi ke tempat rendah. Sebagian besar sungai bermuara (hilir) di lautan dan sebagian bermuara di Danau yang kemudian dialirkan ke arah laut.

Sungai Terpanjang dan Terlebar

Berdasarkan penelusuran dan data dari berbagai sumber, berikut merupakan daftar 5 sungai terpanjang dan terlebar di Indonesia:

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas yang terletak dan melintasi Provinsi Kalimantan Barat masih berada di urutan pertama sebagai sungai terpanjang di Indonesia dan juga terpanjang di Pulau Kalimantan karena memiliki panjang sampai 1.143 km (kilometer).

gambar sungai kapuas
Gambar Sungai Kapuas

Masyarakat lokal menyebut juga Sungai Kapuas dengan sungai Kapuas Buhang atau sungai Batang Lawai. Hulu sungai ini membawa air yang berasal dari pegunungan Muller dan aliran sungai Kapuas akan bermuara di Selat Karimata yang berada di Laut China Selatan.

2. Sungai Mahakam

Di Peringkat kedua sebagai sungai terpanjang di Indonesia ditempati oleh sungai Mahakam yang melintasi Provinsi Kalimantan Timur. Sungai Mahakam memiliki panjang sekitar 920 km yang membawa aliran air yang berasal dari Pegunungan Muller dan bermuara di Selat Makassar.

Aliran sungai Mahakam melintasi Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara dan Ibu Kota Kalimantan Timur, yaitu Kota Samarinda. Sungai Mahakam merupakan sungai yang membelah Kota Samarinda dan digunakan sebagai jalur transportasi pengiriman Batubara yang menggunakan kapal Tongkang.

3. Sungai Barito

Sungai Barito terletak Provinsi Kalimantan Selatan merupakan sungai terpanjang ketiga di Indonesia dan merupakan sungai terpanjang di daerah tersebut yang memiliki panjang 900 km (565 mi). Hulu sungai Barito membawa aliran air dari Pegunungan Schwaner dan bermuara di Laut Jawa setelah melintasi Kalimantan Tengah bagian utara.

gambar sungai barito di kalimantan selatan
Sungai Barito (Gambar Tripadvisor)

Sungai Barito memiliki lebar sungai 650 - 800 meter dengan kedalaman rata - rata 8 meter. Pada hulu sungai Barito memiliki lebar sungai 1000 meter (1 km), sehingga sungai ini dikategorikan sebagai sungai terlebar di Indonesia.

4. Sungai Batang Hari

Sungai Batang Hari menempati posisi keempat sebagai sungai terpanjang di Indonesia dengan memiliki panjang 800 km yang terletak dan membelah Provinsi Jambi. Aliran sungai Batang Hari membawa air yang berasal dari Gunung Rasan dan hulu sungai Danau di Atas yang berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat.


Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Hari merupakan terbesar di Indonesia dengan daerah tangkapan air (catchment area) mencapai 4,9 juta ha (hektar). Daerah tangkapan air terbesar sungai ini berasal di Provinsi Jambi.

5. Sungai Musi

Sungai kelima terpanjang di Indonesia adalah sungai Musi yang melintasi Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu yang memiliki panjang 720 km (450 mi). Sedangkan, hulu sungai ini berasal Bukit Kelam yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan dan aliran air bermuara di Selat Bangka di bagian Laut China Selatan.

gambar sungai musi di kota palembang
Gambar Sungai Musi

Secara hidrologi Sungai Musi memiliki luas 7.760.222, 86 ha (hektar) atau Daerah Aliran Sungai (DAS) sekitar 402 km2 (155 sq mi). Sungai ini membelah Kota Palembang dan menjadikan sungai ini sebagai destinasi tempat wisata yang sangat terkenal di Palembang.

Penutup

Secara geologis dan geomorfologis telah membentuk banyak jalur sungai di daratan Indonesia. Daftar sungai - sungai terpanjang dan terlebar di Indonesia terbanyak terletak di Pulau Kalimantan, disusul oleh Pulau Sumatera. 

Sungai dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai jalur transportasi, perdagangan, tempat wisata, sumber air bagi rumah tangga sampai sumber energi listrik (PLTA).

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai “ 5 Sungai Terpanjang di Indonesia “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "5 Sungai Terpanjang di Indonesia"