Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Danau Terluas dan Terdalam di Indonesia

gambar pemandangan danau

“ Indonesia memiliki 5 danau terluas dan terdalam di dunia, salah satunya merupakan danau terbesar di Asia bahkan di dunia, yaitu danau Toba “

Danau adalah cekungan di permukaan yang berisi massa air, yang terbentuk dari aktivitas alam (geologi), seperti aktivitas tektonik, vulkanik dan penurunan muka permukaan tanah atau batuan dan lainnya.

Sedangkan, danau buatan sering disebut waduk adalah cekungan di muka bumi yang berisi air pada umumnya terbentuk akibat adanya aktivitas manusia, seperti aktivitas pembendungan sungai, penggalian untuk membentuk cekungan yang terisi oleh air sungai maupun air hujan.

Danau Terluas di Indonesia

Berdasarkan proses terjadinya, jenis danau dibagi kedalam 5 jenis, yaitu danau gletser/glasial, danau tektonik, danau vulkanik, danau vulkanik - tektonik dan danau Karst. Berikut 5 danau terluas dan terdalam di Indonesia;

1. Danau Toba di Sumatera Utara

Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara yang ditengah danau ini terdapat Pulau Samosir. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mil) dan kedalaman sampai dasar mencapai 508 meter (1.667 ft).

gambar danau toba

Danau Toba adalah jenis danau karena terjadinya aktivitas geologi, yaitu danau yang terbentuk karena proses vulkanik dan tektonik. Danau Toba adalah lokasi letusan gunung berapi supermasif berkekuatan VEI 8 sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu.

Saat ini, danau Toba adalah destinasi wisata yang sangat terkenal di Sumatera Utara dan salah satu tempat wisata yang sedang dikembangkan Pemerintah menjadi destinasi wisata kelas dunia.

2. Danau Kerinci di Jambi

Danau Kerinci terletak di Provinsi Jambi, tepatnya di Kabupaten Kerinci, sekitar 16 kilometer di Selatan Kota Sungai Penuh. Danau ini memiliki luas wilayah mencapai 5000 meter persegi dengan ketinggian 783 meter diatas permukaan laut.

Danau Kerinci terbentuk karena aktivitas vulkanik atau jenis danau vulkanik yang memiliki kedalaman sampai dasar 110 meter. Danau Kerinci mempunyai pengaruh yang besar dalam memenuhi kebutuhan air di daerah sekitar kerinci.

3. Danau Tondano di Sulawesi Utara

Danau Tondano terletak di Provinsi Sulawesi Utara dan merupakan danau terluas di Sulawesi Utara. Danau Tondano memiliki luas 4.278 ha/42,78 kilometer persegi. Danau ini diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu dan Gunung Masarang.

gambar danau tondano

Danau Tondano dilingkari dengan jalan Provinsi dan menghubungkan Kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken dan Kecamatan Tondano Selatan.

4. Danau Singkarak di Sumatera Barat

Danau Singkarak terletak di Provinsi Sumatera Barat yang membentang diantara dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak memiliki luas 107,8 km persegi.

Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Sebagian besar aliran air danau ini dimanfaatkan untuk menggerakkan generator pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Singkarak.

5. Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu terletak diatas Gunung Kelimutu yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kawah gunung Kelimutu membentuk danau di puncaknya, danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna.

gambar danau kelimutu

Luas ketiga danau yang terbentuk ini, yaitu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan jumlah total volume air mencapai 1.292 juta meter kubik. Kawasan Kelimutu telah ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Alam Nasional sejak 26 Februari 1992.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " 5 Danau Terluas dan Terbesar di Indonesia " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "5 Danau Terluas dan Terdalam di Indonesia"