Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Benda Termahal di Dunia

gambar intan

“ Bukan ponsel pintar, mobil dan rumah yang menjadi benda termahal di dunia, namun ada 5 benda termahal di dunia yang memiliki harga yang sangat mahal “

Ada beberapa benda di dunia ini yang memiliki nilai atau harga yang sangat tinggi. Benda - benda ini dikategorikan sebagai termahal karena faktor, seperti nilainya, kelangkaannya, penggunaannya sampai biaya pembuatan benda tersebut yang sangat mahal.

Seperti, HP termahal di dunia saat ini dipegang oleh Le Million yang dihargai mencapai USD 1 juta (Rp 1,4 miliar). Smartphone yang dirancang oleh Goldvish dan dikukuhkan oleh Guinness Book of Record sebagai ponsel termahal di dunia.

Jika berbicara tentang mobil, maka yang menjadi mobil termahal di dunia saat ini berasal dari Inggris, yaitu Rolls-Royce Boat Tail. Produksi dari produsen mobil mewah Rolls - Royce. Mobil ini dihargai USD 28 juta atau sekitar Rp 398 miliar per unit.

Sedangkan, rumah termahal di dunia ditempati oleh Istana Buckingham. Istana yang dimiliki oleh keluarga kerajaan Inggris. Rumah Istana Buckingham dihargai mencapai USD 2,9 miliar atau setara dengan Rp 42,05 triliun.

Berdasarkan benda - benda yang terdapat di alam, maka ada 5 benda logam yang termahal di dunia. Benda ini ditemukan di alam maupun diciptakan oleh manusia. Benda ini menjadi sangat mahal karena kelangkaannya, biaya pembuatan dan produksi sampai penggunaannya yang sangat penting.

Berikut 5 benda logam termahal di dunia, meskipun benda ini berukuran kecil, namun memiliki harga selangit, cek daftarnya disini:

1. Californium

Californium bisa mencapai harga sekitar Rp 16 triliun per ons. Merupakan logam yang bukan dari alam, namun hasil rekayasa ilmu pengetahuan di laboratorium Amerika Serikat dan Rusia. Californium digunakan untuk kebutuhan industri kesehatan dan komponen pada pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Californium sangat mahal karena kelangkaannya dan membutuhkan biaya pembuatan yang sangat mahal.

2. Rhodium

Rhodium adalah benda paling mahal kedua di dunia setelah Californium dengan harga mencapai Rp 240 juta per ons. Rhodium merupakan benda yang terdapat dan terbentuk pada kerak bumi. 

gambar logam Rhodium

Logam ini banyak digunakan sebagai pelapis perhiasan (emas putih) dan pada industri otomotif. Harga logam Rhodium sangat mahal karena faktor kelangkaan benda ini, namum sangat dibutuhkan.

3. Iridium

Iridium berada pada urutan ketiga sebagai benda paling mahal di dunia dengan harga mencapai Rp 58 juta per ons. Logam Iridium terdapat pada kerak Bumi dan diambil melalui pertambangan logam dan banyak digunakan untuk industri elektronik dan industri otomotif, terutama pembuatan busi dan komponen elektronik. Harga Iridium menjadi sangat mahal karena kelebihannya dan kelangkaannya.

4. Palladium

Palladium merupakan benda yang paling mahal keempat di dunia. Logam Palladium banyak digunakan pada industri otomotif, terutama komponen pada mobil. Palladium memiliki harga mencapai Rp 27 juta per ons. Harganya yang sangat mahal dipengaruhi oleh kelangkaannya dan semakin sulit ditemukan, namun semakin dibutuhkan untuk berbagai industri.

5. Emas

Logam emas tidak asing lagi bagi kita, logam emas menjadi benda logam paling mahal di dunia dengan berada pada urutan kelima. Emas memiliki harga mencapai Rp 25 juta per ons. 

gambar logam emas termahal di dunia

Emas menjadi sangat mahal karena kelangkaannya, biaya produksi (penambangan) dan penggunaannya yang sangat besar diberbagai sektor, terutama untuk perhiasan, investasi, devisa negara sampai komponen (smartphone) peralatan elektronik.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian uraian singkat mengenai " 5 Benda Termahal di Dunia ". Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "5 Benda Termahal di Dunia "