Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Kontraktor Pertambangan Terbesar di Indonesia

gambar operasi pertambangan

" Terdapat 5 perusahaan kontraktor pertambangan terbesar di Indonesia yang cukup dikenal dan memiliki banyak proyek kontrak dengan perusahaan pertambangan batubara maupun bijih logam "

Indonesia dianugerahi oleh Sang Pencipta dengan kekayaan sumber daya alam (SDA) terutama batubara, logam emas dan nikel. Tidak salah lagi Indonesia sangat diminati berbagai investor perusahaan pertambangan dunia untuk menggali sumber daya alamnya.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia ditaksir memiliki jumlah cadangan batubara mencapai 65 miliar ton. Sedangkan untuk cadangan bijih logam seperti nikel ditaksir memiliki cadangan 6,5 miliar ton.

Pertambangan adalah usaha untuk mendapatkan bahan berharga dari perut bumi atau kerak bumi dan membawanya ke permukaan bumi dengan mempertimbangkan segi ekonomis, teknis dan lingkungan.

Berdasarkan data USGS (United State Geological Survey); pada tahun 2021 Indonesia menempati posisi pertama sebagai produsen nikel terbesar di dunia dan produsen batubara terbesar ketiga setelah Australia dan China.

Pengertian Kontraktor

Perusahaan pertambangan membutuhkan jasa kontraktor untuk membantu mengerjakan proyek pertambangan. Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan perkerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan sesuai dengan keahliannya.

Perkerjaan jasa kontraktor di proyek operasi pertambangan meliputi pekerjaan pemindaan tanah (overburden) serta material tambang (batubara dan bijih logam), pengangkutan (logistik), pembuatan jalan tambang (acces road), perencanaan tambang, infrastruktur sampai pengolahan hasil tambang.

Di Indonesia sendiri perusahaan kontraktor pertambangan sudah sangat banyak jumlahnya, seiring permintaan bahan tambang yang semakin meningkat sehingga membutuhkan produksi yang besar, baik dengan kontraktor skala yang kecil maupun besar.

Perusahaan Kontraktor Pertambangan 

Nah, siapa saja perusahaan kontraktor pertambangan terbesar di Indonesia berdasarkan ketersediaan dan kelengkapan peralatan, pengalaman, sumber daya manusia dan memiliki jumlah kontrak kerjasama. Berikut 5 daftar kontraktor pertambangan terbesar di Indonesia;

1.  PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA)

PT Bukit Makmur Mandiri Utama didirikan pada tahun 1998. BUMA merupakan kontraktor yang dikenal sebagai salah satu perusahaan kontraktor pertambangan batubara terbesar di Indonesia dengan induk perusahaan PT Delta Dunia Tbk. 

gambar operasi pertambangan buma
Gambar operasi penambangan BUMA (gambar BUMA)

PT BUMA dikenal sebagai pemain lama di sektor kontraktor pertambangan baik batubara maupun bijih logam. BUMA telah mengerjakan banyak proyek pertambangan di seluruh Indonesia.

BUMA melayani kontrak pekerjaan mulai dari pengupasan lapisan tanah penutup, penambangan batubara, pengangkutan batubara serta reklamasi dan rehabilitasi tanah. Perusahaan ini dilengkapi peralatan dengan teknologi canggih dan lebih dari 2.500 unit alat berat dari berbagai merek.

2. PT Pama Persada Nusantara (PAMA)

PT Pama Persada Nusantara didirikan pada tahun 1993 dan merupakan kontraktor penambangan batubara terbesar di Indonesia bahkan dunia. PAMA dapat mengerjakan pekerjaan meliputi eksplorasi, persiapan infrastruktur, operasi penambangan, perencanaan dan reklamasi dan vegetasi di area bekas tambang.

PT PAMA adalah kontraktor pertambangan yang dikenal menggunakan alat berat dari Komatsu. PAMA merupakan anak perusahaan dari PT United Tractors dengan induk perusahaan PT Astra International Tbk. PAMA dilengkapi peralatan pertambangan terutama alat berat dari merek Komatsu.    

PAMA dilengkapi peralatan utama lebih dari 3.919 unit yang diklaim memiliki teknologi tinggi dan jumlah karyawan pertambangan lebih dari 22.281 karyawan yang tersebar di operasi pertambangan (jobsite) dan kantor pendukung.

3. PT Cipta Kridatama (CK)

PT Cipta Kridatama didirikan pada tahun 1997, merupakan perusahaan kontraktor pertambangan yang dikenal menggunakan peralatan mekanis dengan merek Caterpillar (CAT) dari Amerika Serikat dibawah naungan distributor alat berat PT Trakindo Utama dengan induk perusahaan PT ABM Investama Tbk.

PT CK saat ini memiliki kontrak kerja dengan perusahaan pertambangan yang berada di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera (Aceh) dan didukung oleh banyaknya kantor pendukung dari dealer alat berat terbesar Trakindo Utama.

4. PT Putra Perkasa Abadi (PPA)

PT Putra Perkasa Abadi merupakan pemain baru di industri kontraktor pertambangan yang didirikan pada tahun 2002. PPA adalah kontraktor pertambangan yang khusus bergerak dalam bidang penyewaan alat berat, penyediaan jasa pemindahan tanah dan pertambangan.

gambar operasi pertambangan putra perkasa abadi
Operasi penambangan PPA (Gambar PPA)
PT PPA sedang menangani kontrak kerjasama operasi penambangan dengan 6 perusahaan pertambangan besar di seluruh Indonesia dengan kontrak standar PPA berlaku untuk jangka waktu 5 tahun. 

PT Putra Perkasa Abadi sedang bekerjasama dengan SKS (Surya Kalimantan Sejati) dengan kontrak 12 tahun dimana PPA mengerjakan pengupasan lapisan tanah, ekstraksi batubara, pengangkutan batubara ke instalasi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

5. PT Saptaindra Sejati (SIS)

PT Saptaindra Sejati adalah bagian dari perusahaan pertambangan batubara terbesar di Indonesia, yaitu PT Adaro dengan induk perusahaan ADARO ENERGY, dimana perusahaan ini bertugas untuk melayani bidang kontraktor pertambangan.

Perusahaan kontraktor SIS menyediakan berbagai layanan yang mencakup kontrak pertambangan, rencana tambang, pekerjaan sipil, pembangunan infrastruktur dan pengangkutan darat (logistik). PT SIS adalah kontraktor utama di salah satu perusahaan pertambangan batubara terbesar di Indonesia, yaitu PT Adaro Indonesia.

Sektor pertambangan adalah industri yang sangat kompleks, karena melibatkan dan membutuhkan semua jenis keahlian dan hampir semua jenis alat berat yang memiliki ukuran yang sangat besar. 

Setiap perusahaan pertambangan melibatkan kontraktor pertambangan bertujuan untuk miningkatkan jumlah produksi dan menekan biaya operasi yang dikenal sangat besar.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai Top 5 Kontraktor Pertambangan Terbesar di Indonesia “ Semoga Bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "Top 5 Kontraktor Pertambangan Terbesar di Indonesia"