Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia

gambar aktivitas pengerjaan konstruksi bengunan gedung
Gambar Konstruksi Bangunan Gedung

" Inilah 5 perusahaan kontraktor terbesar di Indonesia, sektor infrastruktur dan konstruksi, berdasarkan nilai dan jumlah kontrak kerjasama sampai nilai harga saham "

Pembangunan infrastruktur merupakan proyek strategis negara yang harus dibangun untuk meningkatkan perekonomian negara. Terutama Indonesia yang saat ini memprioritaskan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah yang disebut dengan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pembangunan infrastruktur yang sudah dan sedang dibangun terutama di Indonesia adalah jalan tol, jembatan, bendungan, pelabuhan, bandara, kereta api, kawasan industri, fasilitas umum, smelter, dan masih banyak lagi.

Kontraktor Sektor Konstruksi

Selain di sektor pertambangan yang membutuhkan perusahaan kontraktor pertambangan, di dalam membangun sejumlah besar infrastruktur ini juga dibutuhkan perusahaan kontraktor konstruksi dan infrastruktur untuk mengerjakan proyek ini.

Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan perkerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan sesuai dengan keahliannya.

5 Kontraktor Konstruksi dan Infrastruktur

Siapa saja perusahaan kontraktor konstruksi dan infrastruktur terbesar dan terbaik di Indonesia pada tahun ini. Berikut 5 daftar kontraktor terbesar di Indonesia, berdasarkan nilai dan jumlah kontrak kerjasama, sumber daya manusia, peralatan, pengalaman sampai nilai saham;

1.  PT. Waskita Karya Tbk

Waskita Karya disingkat dengan WSKT berdiri pada tahun 1961, merupakan perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia di bawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Waskita Karya sudah banyak mengerjakan berbagai proyek besar di Indonesia. Perusahaan yang bermain di sektor kontruksi ini biasanya mengerjakan proyek konstruksi jalan tol, bendungan dan bangunan gedung. 

Berdasarkan Indonesia Stock Exchange (IDX), keuntungan terbesar Waskita Karya terbesar ditopang dari pengerjaan proyek tiga jalan tol pada tahun 2021, dengan nilai sebesar Rp 2,1 triliun.

2. PT. Wijaya Karya Tbk

Wijaya Karya (WIKA) adalah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi yang berdiri pada tahun 1961. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya WIKA memiliki 11 kantor perwakilan operasi yang tersebar di Indonesia dan 9 kantor perwakilan di luar Indonesia. 

gambar jalan tol yang dikerjakan wijaya karya
Gambar Jalan Tol (Gambar Wika Beton)

Wijaya Karya dikenal sebagai kontraktor terbesar di Indonesia dengan status Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 2022, WIKA mendapatkan kontrak baru dengan nilai Rp 9,28 triliun diakhir Maret tahun ini.

3. PT. Adhi Karya Tbk

Adhi Karya Tbk (ADHI) adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang konstruksi, EPC, properti, real setate, investasi infrastruktur, pelaksanaan infrastrukstur dan fasilitas kereta api yang berdiri secara komersial pada tahun 1960.

Berdasarkan  Indonesia Stock Exchange (IDX), pertumbuhan  ADHI kuartal I 2022 sebesar Rp 8,67 miliar dan mengalami pertumbuhan kontrak baru sebesar 15% dari realisasi tahun 2021 di tahun ini.

4. PT. Pembangunan Perumahan Tbk

Pembangunan Perumahan (PTPP) resmi berdiri pada tahun 1953 di Jakarta. PP merupakan perusahaan yang bermain di sektor konstruksi milik Pemerintah Indonesia (BUMN). Pembangunan Perumahan dikenal mengerjakan berbagai mega proyek Nasional.

Gambar Logo Pembangunan Perumahan

Pada tahun 2022 ini, PP berhasil pencapaian kenaikan pendapatan lebih dari 50% pada kuartal I/2022. PT PP sedang mengerjakan tiga proyek besar yang berlokasi di DKI Jakarta.

5. PT. Total Bangun Persada Tbk

Total Bangun Persada (TOTL) berdiri pada tahun 1970, yang bergerak dalam bidang bangunan dan konstruksi. Perusahaan ini bisnisnya sangat berfokus di dalam jasa konstruksi pelaksana konstruksi bangunan gedung.

Tahun ini TOTL mengalami kenaikan nilai proyek sebesar 33,33% dan mematok target kontrak kerjasama sebesar RP 2 triliun sepanjang tahun 2022.

Itulah 5 daftar perusahaan kontraktor konstruksi terbesar dan terbaik di tahun 2022. Beberapa dari daftar ini pasti Anda kenal dan sering ditemui dalam pengerjaan proyek besar di Indonesia.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai Top 5 Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Top 5 Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia"