Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa itu Biofuel


" Bahan bakar biofuel merupakan salah satu energi terbarukan yang diciptakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak dan diketahui berasal dari bahan hayati dan nabati "

Semakin meningkatnya pemakaian kendaraan untuk kebutuhan transportasi mengakibatkan semakin besarnya penggunaan bahan bakar minyak (BBM), sehingga perlu ditemukan sumber bahan bakar yang berasal dari energi terbarukan atau berkelanjutan. 

Jika Anda sedang berada di stasiun pengisian bahan bakar atau sering disebut dengan SPBU, baik spbu pertamina dan pertamini untuk mengisi bahan bakar kendaraan, maka kendaraan Anda akan diisi dengan bahan bakar dengan nama biofuel atau biodiesel dan B30.

Apakah arti dari bahan bakar biofuel ini, apakah saja kandungannya, prosesnya dan sampai manfaatnya secara umum. Berikut berkenalan dengan bahan bakar biofuel.

Apa itu Biofuel 

Biofuel adalah nama lain dari bahan bakar hayati atau bahan bakar nabati. Biofuel merupakan bahan bakar hasil pengolahan bahan - bahan organik biomassa.

Berdasarkan bahan baku dasar biomassanya, biofuel memiliki 2 jenis utama, yaitu biofuel gas dan biofuel cair. Jenis biofuel gas ada dua jenis, yaitu biogas dan syngas, sedangkan biofuel cair dibagi tiga, yaitu etanol, biodiesel, metanol.

Biofuel Gas

Biogas adalah gas metana yang dihasilkan oleh proses anaerobik pencernaan bahan organik dan anaerob. Sedangkan, syngas adalah campuran karbon monoksida hidrogen dan hidrokarbon lainnya yang dihasilkan oleh pembakaran parsial biomassa.

Biofuel Cair

Etanol adalah bahan bakar organik berupa alkohol yang diproduksi dari aksi pencampuran senyawa mikroorganisme dan enzim melalui fermentasi gula atau pati atau selulosa.

Biodesel adalah bahan bakar diesel yang diproduksi dari minyak - minyak nabati yang dicampur dengan sodium, hidroksida dan metanol. 

Sedangkan, metanol adalah alkohol, seperti etanol yang digunakan sebagai bahan bakar bersih untuk menggerakkan mesin kendaraan, terutama mobil balap di berbagai belahan dunia, seperti gelaran balapan Formula 1 (F1).

Manfaat Biofuel

Biofuel dicari dan ditemukan oleh berbagai para ahli sumber daya dan bahan bakar dengan cara inovasi dan penelitian untuk menciptakan biofuel sebagai bahan bakar alternatif untuk menggantikan bahan bakar minyak yang berasal dari energi fosil. Berikut tiga manfaat dari biofuel;
1. Biaya produksi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk memproduksi bahan bakar berbasis biofuel lebih rendah dari pada bahan bakar berbasis energi fosil dan memiliki dampak besar terhadap perekonomian negara.

2. Bahan bakar biofuel merupakan energi yang ramah lingkungan karena berasal dari bahan - bahan nabati, seperti tumbuhan sehingga tidak menghasilkan berbagai jenis gas yang dapat membahayakan makhluk hidup dan bumi.

3. Energi biofuel dikategorikan sebagai energi terbarukan karena bahan dasarnya berasal dari nabati dan hayati yang merupakan sumber daya alam berkelanjutan dan tidak akan pernah habis dan akan tumbuh kembali.

Selain tiga manfaat biofuel, bahan bakar yang berbasis dari energi terbarukan adalah sebagai solusi sumber energi alternatif menggantikan energi fosil, seperti minyak bumi, dimana diperkiran cadangannya sudah semakin menipis, semakin mahal dan tentu saja tidak ramah lingkungan.

Selain menggantikan energi fosil, energi yang berbasis terbarukan atau sumber daya alam yang berkelanjutan merupakan salah satu cara untuk menemukan sumber bahan bakar di masa depan. 

Berita terbaru, sumber daya alam yang dikategorikan sebagai energi baru terbarukan yang dapat menggantikan bahan bakar minyak dengan mengubahnya menjadi bentuk bahan bakar cair dan gas, yaitu gasifikasi batubara.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat " Mengenal Apa itu Biofuel  ". Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Mengenal Apa itu Biofuel "