Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Batubara Bagi Kehidupan Manusia

Gambar Tambang Batubara

" Sumber daya alam batubara memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia di Bumi ini, mulai dari sumber energi listrik sampai sebagai sumber bahan bakar untuk kebutuhan Rumah Tangga " 

Batubara merupakan jenis batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari jutaan tahun lalu. Batubara memiliki kandungan karbon yang sangat tinggi dan berasal dari sisa tumbuhan yang mengalami proses pembatubaraan, seperti proses sedimentasi, panas dan tekanan.

Pemanfaatan batubara pertama kali digunakan sebagai bahan bakar Kereta Api Uap di Inggris. Seiring berjalannya waktu penggunaan batubara berkembang luas agar dapat dimanfaatkan manusia untuk membantu manusia memenuhi kebutuhannya.

Semakin besarnya kebutuhan akan batubara membuat manusia mencari cadangan batubara yang berada pada kerak Bumi. Pemanfaatan batubara yang sangat berguna bagi manusia adalah batubara dapat dimafaatkan untuk menghasilkan listrik. Bahkan, pasokan listrik Indonesia kurang lebih 50% berasal dari pembakaran batubara.

Jenis dan Cadangan Batubara

Batubara yang terdapat di kerak Bumi ada beberapa jenis, secara umum terdapat 5 jenis batubara yang sudah ditemukan dan ditambang di berbagai belahan dunia ini. Jenis batubara diklasifasikan berdasarkan kandungan kalori (calories), kadar abu (ash), kadar air (water) dan kadar sulfur (sulphur).

Indonesia salah satu negara pemilik cadangan batubara terbesar di dunia dengan cadangan mencapai 65 miliar ton. Beberapa negara yang juga dikenal memiliki cadangan batubara yang sangat besar antara lain adalah Australia, China dan Mongolia.

Manfaat Batubara Bagi Kehidupan

Selain dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik, batubara memiliki manfaat lain yang sangat berguna bagi kehidupan kita di Bumi. Nah, inilah 5 manfaat batubara bagi kehidupan manusia;

1. Sumber Energi Listrik

Batubara digunakan sebagai bahan bakar di intalasi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Uap panas yang dihasilkan dari pembakaran batubara akan dikonversi menjadi energi listrik dengan cara uap panas akan memutar turbin dan generator yang menghasilkan listrik. Pasokan listrik Indonesia saat ini didominasi dari PLTU.

2. Sumber Gas Alami

Perkembangan teknologi telah menemukan kandungan gas pada batubara. Kandungan gas yang terdapat batubara dapat diambil yang kemudian diolah dan digunakan untuk bahan bakar industri, produk hidrogen dan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG).

3. Sumber Produksi Pupuk Pertanian

Pada batubara terdapat kandungan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pupuk. Abu dari sisa pembakaran batubara dapat membuat produk kimia dengan cara pemurnian, dibantu dengan alat khusus. Dengan demikian sisa - sisa pembakaran batubara dimanfaatkan untuk membuat pupuk kimia.

4. Sumber Bahan Bakar Cair

Selama ini kita mengenal bahan bakar berasal dari minyak bumi. Saat ini batubara dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar cair seperti minyak. Akibat menipisnya cadangan minyak bumi dan penggunaan secara terus - menerus, batubara menjadi solusi untuk menggantikan bahan bakar cair seperti minyak. Pemanfaatan batubara ini disebut dengan Liquid Coal.

5. Sumber Bahan Bakar di Rumah Tangga

Briket

Produk olahan lain dari batubara ini disebut dengan briket batubara. Briket adalah campuran batubara dengan beberapa bahan lain seperti serbuk kayu yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar di rumah tangga untuk menggantikan minyak tanah yang berguna untuk memasak dan menghangatkan ruangan.

Sumber energi listrik yang berasal dari batubara disebut dengan energi fosil. Sekitar 40% pasokan listrik dunia masih berasal dari batubara. Batubara merupakan sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat yang sangat besar bagi manusia.

Penutup

Namun dibalik itu dari hasil pembakaran batubara menghasilkan emisi gas karbon dioksida (CO2), salah satu gas penyebab utama terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim yang menjadi pekerjaan utama seluruh negara, dimana hal tersebut dapat mengancam keberlangsungan kehidupan manusia di Bumi ini.

Batubara masih menjadi pilihan utama semua negara di dunia ini untuk memenuhi kebutuhan akan energi listriknya. Bahkan, pada awal dan pertengahan tahun 2022 harga batubara mengalami kenaikan yang sangat signifikan dengan mencapai harga USD 400/ton.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar untuk sekedar menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " 5 Manfaat Batubara Bagi Kehidupan Manusia " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "5 Manfaat Batubara Bagi Kehidupan Manusia"