Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Daerah Penghasil Emas di Indonesia

gambar bijih emas
Gambar Bijih Emas (Gambar Ditjen Minerba)

“ Terdapat beberapa daerah penghasil emas di Indonesia. Sedangkan, perusahaan penghasil emas yang beroperasi sebanyak 15 perusahaan dan 1 pabrik pemurnian emas yang telah resmi beroperasi “

Emas rumus kimia Au merupakan jenis logam mulia (precious metal) karena mempunyai sifat - sifat yang istimewa. Antara lain warna dan kilap yang menarik, sangat stabil dan tahan korosi. Selain itu emas juga mudah untuk dilebur atau dipadu dengan logam lain.

Emas telah digunakan dalam kehidupan peradaban manusia selama berabad - abad lalu. Berdasarkan data World Gold Council, persentase konsumsi dan penggunaan utama emas adalah sebagai perhiasan (37,5%) dan investasi (47,2%).

Sumber Daya dan Cadangan Emas 

Berdasarkan laporan United State Geological Survey (USGS) pada Januari 2021, Indonesia memiliki potensi cadangan emas sebesar 3,6 miliar ton atau sekitar 6,9% dari total cadangan emas dunia yang berjumlah 53 miliar ton.

Berdasarkan tingkat keyakinannya, sumber daya diklasifikasikan menjadi 4 jenis, yaitu sumber daya hipotek, sumber daya tereka, sumber daya terunjuk dan sumber daya terukur. Sementara cadangan, juga berdasarkan tingkat keyakinannya, diklasifikasikan menjadi 2 jenis, yaitu cadangan terkira dan cadangan terbukti.

Manfaat Emas

Emas telah digunakan dalam kehidupan peradaban manusia selama berabad - abad lalu. Berdasarkan data World Gold Council, konsumsi dan penggunaan utama emas adalah sebagai perhiasan (37,5%) dan investasi (47,2%). Selain itu, pemanfaatan dari emas adalah sebagai mata uang, medali, industri mikroelektronik, komputer, kesehatan dan lain.

Selain berbagai manfaat ekonomi dari emas pengembangan industri komoditas emas diharapkan dapat menciptakan hilirisasi yang berkelanjutan dan terintegrasi yang mendukung kekuatan industri dalam negeri.

Harga Emas Dunia

Pada tahun 2020 terjadi lonjakan harga emas dunia dikarenakan terjadi kestabilan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. World Bank memperkirakan harga rata - rata emas 4% lebih rendah pada tahun 2021, dan turun lebih lanjut pada tahun 2022.

Menurut World Bank, harga emas nominal dalam dolar AS turun pada tahun 2025, sebelum cenderung lebih tinggi lagi hingga tahun 2030 dan tahun 2035. Cek harga emas dunia hari ini disini.

Daerah Penghasil Emas di Indonesia

Berdasarkan Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba), pada tahun 2020 terdapat izin operasi produksi perusahaan tambang emas berjumlah sebanyak 121 Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan 22 Kontrak Karya (KK), dengan luas wilayah pertambangan sebesar 1.598.524,39 hektare, serta 8 Izin Pertambangan Rakyat (IPR) dengan total luas wilayah 17,82 hektar.

Terdapat satu pabrik pemurnian emas yang terdaftar di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yaitu Antam Tbk UBPP Logam Mulia. Sedangkan peta sebaran sumber daya dan cadangan bijih emas per provinsi tahun 2020 dapat dilihat pada gambar berikut.


gambar peta sebaran sumber daya dan cadangan emas di Indonesia
Gambar Peta Sumber Daya dan Cadangan Emas (Gambar Ditjen Minerba)

Berikut adalah 5 daerah yang memiliki jumlah perusahaan pertambangan emas terbesar di Indonesia dengan izin IUP atau IUPK OP, yaitu Provinsi Kalimantan Barat (23), Sulawesi Utara (12), Jawa Barat (9), Banten (8) dan Sulawesi Tenggara (6) izin pertambangan.

Sedangkan, 5 daerah dengan jumlah perusahaan pertambangan emas dengan izin Kontrak Karya (KK) terbesar, yaitu Provinsi Kalimantan Tengah (4), Sulawesi Utara (4), Maluku Utara (3), Sulawesi Tengah (2) dan Sumatera Utara (2) izin KK.

Produksi Emas

Berdasarkan data tahun 2020, dari hasil produksi perusahaan pertambangan, total produksi emas adalah sebesar 66,2 ton. Sebanyak 36,2 ton diserap oleh pasar domestik (dalam negeri) dan 44,92 ton diserap oleh pasar luar negeri (ekspor).

Sedangkan, 5 perusahaan pertambangan emas dengan jumlah produksi emas terbesar pada tahun 2021, ditempati oleh PT Antam (Persero), UBPP Logam, PT Freeport Indonesia, PT Agincourt Resources, PT Tambang Tondano Nusajaya dan PT Nusa Halmahera Minerals.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai “ 5 Daerah Penghasil Emas di Indonesia “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "5 Daerah Penghasil Emas di Indonesia"