Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

Gambar timah


“ Negara indonesia ditaksir memiliki jumlah cadangan terbukti bijih timah terbesar kedua di dunia dan jumlah produksi logam timah yang menempatkan Indonesia sebagai negara penghasil timah kedua terbesar di dunia “

Tanah Indonesia tersimpan berbagai jenis logam berharga, contoh logam berharga Indonesia yang memiliki cadangan kelas dunia adalah nikel, tembaga, emas dan timah. Diperkirakan cadangan terbukti timah Indonesia mencapai 2,23 Juta ton.

Jumlah cadangan tersebut telah menempatkan Indonesia sebagai pemilik cadangan timah terbesar kedua di dunia setelah China atau sekitar 17% cadangan seluruh dunia diikuti oleh negara Brazil (15%), Australia (8%) dan negara lainnya (37%).

Daerah Penghasil Timah

Kondisi geologi Indonesia telah mendukung terbentuknya deposit timah di berbagai daerah, terutama di Indonesia bagian barat. Terdapat 5 daerah di Indonesia tempat ditemukannya deposit cadangan timah. Nah, dimana sajakah daerah penghasil timah di Indonesia.

1. Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung adalah daerah penghasil dan pemilik cadangan logam timah terbesar di Indonesia. Babel memiliki jumlah cadangan timah sebesar 2,01 Juta ton timah atau sekitar 91% cadangan timah terletak di daerah ini.

Berdasarkan Ditjen Minerba tahun 2020; di Bangka Belitung terdapat 504 IUP (Izin Usaha Pertambangan) dengan klasifikasi , 502 adalah IUP Operasi Produksi dan 2 adalah IUP Eksplorasi. Perusahaan pertambangan timah terbesar di Indonesia, yaitu PT Timah Persero melakukan operasi pertambangannya di daerah ini.


2. Kalimantan Barat

Kalimantan Barat merupakan daerah pemilik cadangan timah terbesar di Indonesia. Kalbar memiliki cadangan deposit timah sebesar 1,01 Juta ton, menempatkannya di posisi kedua pemilik cadangan timah terbesar di Indonesia.

Tanah Kalimantan Barat terdapat 11 IUP Operasi Produksi. IUP Operasi Produksi adalah izin yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia untuk melakukan operasi produksi pertambangan timah. Provinsi Kalbar juga terdapat cadangan Mineral Bauksit terbesar di Indonesia, yang merupakan batuan penghasil logam Aluminium.


3. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau atau sering disingkat Kepri, menduduki posisi ketiga sebagai pemilik cadangan terbukti timah dengan jumlah 280 Ribu ton. Saat ini, di Kepri terdapat 1 IUP Eksplorasi dan 20 IUP Operasi Produksi.

4. Riau

Posisi kelima sebagai daerah penghasil timah di Indonesia ditempati Provinsi Riau. Provinsi yang berbatasan dengan Sumatera Utara dan Jambi ini memiliki jumlah cadangan sekitar 220 Ribu ton. Di Provinsi Riau hanya terdapat 1 IUP Operasi Produksi.

5. Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan juga memiliki potensi cadangan timah di Indonesia. Cadangan timah di daerah ini masih didominasi dari mineral ikutan dari berbagai jenis logam utama yang menjadi produksi utama, sehingga belum ditambang secara maksimal.

Konsumen Timah Terbesar

Dengan jumlah cadangan dan produksi timah yang besar ini telah menempatkan Indonesia sebagai negara yang sangat berperan penting terhadap kebutuhan akan logam timah global. China merupakan konsumen logam timah terbesar di dunia dengan persentase 46%.

Harga dan Penggunaan Timah

Harga logam timah dunia cenderung stabil karena timah merupakan bahan baku utama dalam pembuatan berbagai jenis peralatan elektronik. Penggunaan logam yang paling besar adalah sebagai solder untuk digunakan penyambung peralatan listrik di produk elektronik.

Larangan Ekspor Nikel Mentah

Pemerintah Indonesia telah menetapkan larangan ekspor timah dalam bentuk bahan mentah (raw material). Pemerintah sangat mendukung bijih timah diubah dalam bentuk barang jadi agar hasil tambang Indonesia memiliki nilai dan harga yang lebih tinggi.

Data cadangan timah ini ditaksir akan semakin besar jumlahnya seiring eksplorasi yang dilakukan oleh berbagai perusahaan pertambangani melalui IUP Eksplorasi yang sedang berlangsung di berbagai daerah di Indonesia.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian uraian singkat mengenai “ Top 5 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia ”. Semoga Bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "Top 5 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia"