Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembangkit Listrik Tenaga Air Serta Cara Kerja PLTA

gambar pembangkit listrik tenaga air
Gambar pembangkit listrik tenaga air

" Pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu sumber energi listrik yang mengandalkan potensi air sebagai sumber dayanya "

Plta adalah singkatan dari pembangkit listrik tenaga air yang mana menggunakan energi yang berasal dari air untuk menghasilkan energi kinetik dalam bentuk putaran poros.

Pengertian pembangkit listrik tenaga air secara umum, yaitu suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan air untuk menghasilkan energi listrik.

Cara Kerja PLTA

Bagaimana cara kerja pembangkit listrik tenaga air, yaitu memanfaatkan perbedaan elevasi, dimana air memiliki sifat akan mengalir ke arah yang lebih rendah atau gaya gravitasi.

Aliran air akan semakin deras jika perbedaan ketinggiannya semakin besar. Perbedaan ketinggian ini disebut dengan Head.

Head (tinggi terjun), didukung dengan jumlah debit air yang semakin besar jumlahnya, akan menghasilkan energi listrik yang semakin besar juga.

Bagaimana cara pembangkit listrik tenaga air sampai dapat menghasilkan listrik dapat dijelaskan secara rinci seperti berikut.

Pembangkit listrik tenaga air memanfaatkan energi kinetik air. Energi kinetik yang baik tergantung dari 2 faktor ini, yaitu Head dan debit air.

Energi kinetik air akan memutar poros turbin air melalui kincir yang terpasang. Putaran poros dari turbin air akan menghasilkan energi mekanik.

Energi mekanik yang dihasilkan dari turbin air akan diubah oleh generator menjadi energi listrik dalam bentuk arus langsung.

Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Air

Terdapat 3 komponen bangunan utama dari instalasi plta. Bangunan bendungan berfungsi untuk menghambat dan memotong lajur air dan mengumpulkannya dalam suatu tempat, sering disebut waduk.

Saluran air adalah bangunan yang difungsikan untuk wadah mengalirkan air menuju tempat yang lebih rendah yang berasal dari bendungan yang elevasinya lebih tinggi.

Saluran air ada dua jenis yaitu saluran terbuka (waterway) dan saluran tertutup (tunnel), biasanya dibangun dengan sistem terowongan.

Rumah pembangkit adalah bangunan yang menjadi tujuan akhir dari aliran air yang berasal dari saluran air dan bendungan. Pada bangunan ini dipasang berbagai peralatan untuk mengubah air menjadi listrik.

Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Air 

Pusat pembangkit listrik tenaga air adalah rumah pembangkit atau sering disebut dengan power house.

Disebut dengan pusat pembangkit listrik tenaga air karena pada bangunan ini energi air menjadi energi listrik. Pada bangunan ini tempat diletakkanya turbin air dan generator listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Air di Indonesia

Tidak terhitung lagi jumlah pembangkit listrik tenaga air di Indonesia yang sudah dibangun maupun sedang dalam tahap konstruksi, baik plta dengan skala kecil sampai dengan skala besar.

Plta di Indonesia salah satu penyumpang pasokan listrik terbesar Nasional. Tidak salah, dorongan pembangunan plta menjadi salah satu prioritas pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pasokan listrik.

gambar bendungan pembangkit listrik tenaga air tangga
Gambar pembangkit listrik tenaga air Tangga di Sumatera Utara

Beberapa pembangkit listrik tenaga air di Indonesia yang dikenal memiliki kapasitas terpasang yang sangat besar adalah plta Cirata dan plta Jatiluhur di Jawa Barat. Kemudian plta Poso di Sulawesi Selatan yang memiliki kapasitas terpasang 515 MW.

Jika kapasitas terpasang lebih besar dari 10 MW (Megawatt) disebut dengan plta. Jika kapasitas tidak lebih 10 MW disebut dengn pltm (pembangkit listrik tenaga mini).

Disebut dengan pltmh (pembangkit listrik tenaga mikro hidro), jika kapasitas terpasang dibawah 1 MW atau masih dalam kapasitas kW (Kilowatt).

Pembangkit listrik tenaga air adalah sumber energi listrik yang dikategorikan sebagai energi terbarukan, yang mana sumber dayanya dapat diperbaharui dan tidak menghasilkan emisi gas yang berbahaya.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di kolom komentar untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai " Pembangkit Listrik Tenaga Air Serta Cara PLTA " Semoga Bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "Pembangkit Listrik Tenaga Air Serta Cara Kerja PLTA"