Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Salah Satu PLTU Terbesar di Indonesia

gambar pltu suralaya
Gambar PLTU Suralaya

" PLTU Suralaya merupakan salah satu pembangkit listrik tenaga uap terbesar dan tertua di Indonesia dengan kapasitas terpasang 3.400 MW "

Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) merupakan instalasi pembangkit listrik yang memasok energi listrik paling besar bagi sistem kelistrikan Indonesia dengan memanfaatkan batubara sebagai bahan bakarnya.

PLTU Suralaya adalah salah satu pembangkit listrik tenaga uap dari sekian banyak pltu di Indonesia yang memasok listrik paling besar, terutama untuk kebutuhan listrik di Pulau Jawa dan Bali. 

Apa itu PLTU

PLTU adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan batubara sebagai bahan bakarnya untuk menghasilkan listrik. PLTU singkatan dari pembangkit listrik tenaga uap. Pembangkit listrik tenaga uap adalah pembangkit listrik yang memasok energi listrik paling besar untuk kebutuhan Nasional.  

Bagaimana Cara Kerja PLTU

Batubara sangat berperan penting bagi instalasi pltu karena batubara adalah bahan bakar yang dimanfaatkan untuk memanaskan cairan/fluida, seperti air. Air akan berubah menjadi uap, makanya disebut dengan tenaga uap.

Uap air dari hasil pembakaran batubara akan disalurkan ke turbin dengan bantuan kompresor untuk meningkatkan tekanan agar dapat memutar turbin. Turbin akan menghasilkan energi mekanik, yang akan diubah oleh generator menjadi energi listrik.

Batubara

Batubara merupakan batuan sedimen yang dapat terbakar yang berasal dari sisa tumbuhan dan membutuhkan waktu berjuta - juta tahun untuk dapat terbentuk. Batubara berasal dari sisa dari berbagai jenis tumbuhan yang hidup pada zaman dahulu. 

Tumbuhan ini dapat berukuran kecil sampai berukuran sangat besar, maka tidak salah bentuk batubara terlihat seperti batang pohon.

Pemanfaatan batubara yang paling besar adalah sebagai sumber energi listrik (PLTU), sehingga listrik yang berasal dari batubara disebut dengan energi fosil karena batubara terbentuk dari hasil fosil.

PLTU Suralaya

PLTU terbesar di Indonesia saat ini adalah PLTU Suralaya dengan kapasitas terpasang mencapai 3.400 MW (Megawatt). PLTU ini terletak di Desa Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Cilegon, Banten dan merupakan pltu tertua di Indonesia.

PLTU Suralaya ini dibangun untuk memenuhi pasokan listrik yang sangat besar di daerah Jawa - Bali. PLTU Suralaya memasok energi listrik 12 - 14% untuk sistem transmisi listrik pembangkit Jawa - Bali dengan transmisi sebesar 500 kV.

Saat ini, pltu Suralaya memiliki 7 unit pembangkit, diawali dengan pembangunan unit 1 - 4 dan kemudian dilanjutkan pembangunan unit 5 -7. PLTU Suralaya sendiri dikelola oleh PT Indonesia Power, yang merupakan anak perusahaan PLN.

Pasokan Batubara PLTU Suralaya

Untuk memenuhi pasokan batubara yang cukup besar untuk pltu ini, maka pln bekerjasama dengan perusahaan pertambangan batubara untuk memastikan pasokan batubara terjamin. 

Enam perusahaan yang memasok batubara untuk PLTU Suralaya, yaitu PT Adaro Indonesia, PT Artha Daya Coalindo, PT Berau Coal, PT Bukit Asam, PT Oktasan Baruna dan PLN Batubara dan konsumsi batubara mencapai 35.000 ton.

PLTU Terbesar di Indonesia

PLTU Suralaya hanya salah satu pltu terbesar di Indonesia masih banyak lagi pltu yang telah dibangun di Indonesia dengan kapasitas terpasang terbesar, seperti PLTU Paiton, PLTU Batang dan PLTU Cirebon I dan II di Pulau Jawa.

Sedangkan pembangkit listrik tenaga uap terbesar di luar Pulau Jawa antara lain; PLTU Pangkalan Susu di Sumatera Utara, PLTU Sumsel di Sumatera Selatan, PLTU Asam - Asam di Kalimantan Selatan dan masih banyak lagi.

Energi listrik yang dihasilkan dari pltu disebut dengan energi fosil, penyumbang hampir 50% pasokan listrik untuk kebutuhan domestik. Namun, dibalik itu pltu adalah pembangkit listrik penghasil emisi gas pembentuk efek rumah kaca penyebab pemanasan global dan perubahan iklim.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai “ Mengenal Salah Satu PLTU Terbesar di Indonesia “ Semoga Bermanfaat.

Dp. 

Post a Comment for "Mengenal Salah Satu PLTU Terbesar di Indonesia"