Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sedang di Jalan Tol, Sebaiknya Tahu Arti dan Fungsi Tanda ini

gambar jalan tol jakarta cikampek

" Ketika sedang berkendara di jalan tol, terdapat berbagai macam marka (tanda) jalan yang Anda temui, yang tujuannya menuntun Anda berkendara dengan selamat dan mengarahkan Anda ke tujuan yang diinginkan "

Saat ini, Jalan tol atau jalan bebas hambatan menjadi akses jalan yang paling favorit bagi yang memiliki kendaraan roda empat maupun lebih. Jalan tol menjadi akses jalan yang dapat menghantarkan Anda ketujuan dengan cepat dan tanpa hambatan.

Ditambah semakin macetnya kondisi lalu lintas di jalan raya, terutama jalan raya Indonesia, menjadikan jalan tol menjadi pilihan yang tepat bagi pengendara yang ingin menghindari jalan umum yang macet, yang dapat menghambat orang atapun pengiriman barang yang ingin tepat waktu sampai ditujuan.

Apakah itu Jalan Tol 

Jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian sistem jaringan jalan dan sebagai jalan nasional yang penggunaannya diwajibkan membayar tol (Berdasarkan UU No.38 Tahun 2004). Perusahaan pengelola jalan tol adalah badan usaha jalan tol - badan pengatur jalan tol (BUJT - BPJT). 

Manfaat jalan tol adalah meningkatkan mobilitas dan aksebilitas orang dan barang. Jalan tol juga bermanfaat bagi pengguna jalan tol, mendapatkan keuntungan berupa penghematan biaya operasi kendaraan (BOK) dan waktu dibanding apabila melewati jalan non tol.

Markah Jalan

Marka jalan adalah suatu alat atau benda yang berada dipermukaan jalan yang berfungsi untuk memberikan suatu informasi tentang jalan. Markah jalan juga dapat digunakan di fasilitas lain yang digunakan kendaraan untuk parkir maupun daerah khusus dengan  kegunaan lainnya.

Patok Jalan Tol

Jika, Anda melintasi akses jalan tol jakarta cikampek yang menghubungkan antara kota Jakarta dan Cikampek di Jawa Barat yang dikenal sangat padat, Anda pasti menemukan dan melihat tanda marka seperti gambar ini. 

gambar marka patok jalan tol

Markah tersebut terdiri dari tulisan angka warna hitam dengan latar warna putih. Pada bagian bawah terdapat angka warna putih dengan latar warna hijau. Markah ini disebut dengan patok jalan tol.

Nah, apakah Anda tahu bahwa rambu patok berwarna dasar putih dan angka hitam menunjukkan informasi kilometer (KM).  Sementara panel hijau dengan angka putih di bawahnya menunjukkan informasi hektometer. Hektometer adalah sistem satuan internasional (SI). 1 hektometer sama dengan sepersepuluh dari satu kilometer (seratus meter).

Fungsi dari marka ini adalah untuk menunjukkan posisi Anda saat ini. Jika Anda mengalami kendala di jalan tol dan ingin menghubungi petugas jalan tol, Anda bisa menggunakan angka tersebut untuk menjelaskan posisi Anda saat ini. 

Kendala yang biasa terjadi di jalan tol, seperti kendaraan mogok, terjadi kecelakaan dan kemacetan panjang di jalan tol. Apabila Anda mendapat kendala, beritahu posisi tersebut kepada petugas jalan tol, agar petugas dapat menuju posisi anda dengan tepat dan cepat.

Marka jalan, baik di jalan tol maupun di jalan raya (umum) memiliki fungsi yang sangat besar bagi Kita pengendara. Marka jalan dapat memberikan kita petunjuk arah dan lokasi yang benar. Selain itu, marka jalan salah satu tanda yang membantu Anda terhindar dari kecelakaan. 

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai Sedang di Jalan Tol, Sebaiknya Tahu Arti dan Fungsi Markah ini " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Sedang di Jalan Tol, Sebaiknya Tahu Arti dan Fungsi Tanda ini"