Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Potensi Logam Tanah Jarang di Indonesia

gambar scandium salah satu unsur logam tanah jarang

" Apakah itu logam tanah jarang atau rare earth element (REE) dan kenapa logam ini disebut dengan jarang. Apakah logam ini sangat jarang ditemukan atau sulit ditemukan ?, serta untuk apakah logam tanah jarang digunakan?. Anda dapat temukan jawabannya disini "


Potensi tanah jarang belum begitu luas dieksplorasi dan dieksploitasi di Indonesia. Walaupun jarang ditemukan, namun di beberapa daerah di Indonesia terindikasi memiliki potensi untuk ditambang. Belum diketahui apakah cadangan logam tanah jarang di Indonesia layak untuk di tambang.

Apa yang dimaksud dengan logam

Logam adalah salah satu zat yang dicirikan memiliki sifat konduktivitas dan panas yang baik dan memiliki ciri fisik yang lentur, elastis dan reflektifitas cahaya yang tinggi. Diperkirakan tiga perempat dari unsur kimia yang diketahui terdiri dari logam. Unsur logam yang paling melimpah di kerak Bumi antara lain; aluminium, besi, magnesium dan kalium. Contoh barang tambang logam adalah tembaga, emas, nikel, platina dan perak

Logam Tanah Jarang

Logam tanah jarang adalah unsur logam yang ditemukan di kerak bumi ini yang jarang ditemukan dalam keadaan kompleks, namun tidak tertutup kemungkinan terdapat di seluruh bagian dunia ini, baik dengan cadangan sangat besar ataupun kecil. Logam tanah jarang disebut juga dengan rare earth element adalah singkatan dari REE.

Tidak salah logam ini bernama logam tanah jarang (LTJ), karena senyawa logam ini jarang ditemukan dengan kandungan logam yang kompleks dan dengan jumlah cadangan yang sangat besar. Senyawa logam yang terkandung di logam tanah jarang antara lain; Scandium (Sc, nomor atom 21), yttrium (Y, 39), lanthanides yang mana lanthanum (La, 57), cerium (Ce, 58), praseodymium (Pr, 59), neodymium (Nd, 60), promethium (Pm, 61), samarium (Sm, 62), europium (Eu, 63), gadolinium (Gd, 64), terbium (Tb, 65), dysprosium (Dy, 66), holmium (Ho, 67), erbium (Er, 68), thulium (Tm, 69), ytterbium (Yb, 70), dan lutetium (Lu, 71).

Untuk Apa Logam Tanah Jarang

Logam tanah jarang sangat dibutuhkan untuk bahan baku berbagai industri, salah satunya industri persenjataan. Tanah jarang adalah bahan untuk membuat peralatan sistem radar dan peluru kendali. Selain itu, logam tanah jarang dibutuhkan untuk industri energi listrik, karena dibutuhkan sebagai bahan baku komponen pembangkit listrik tenaga bayu (pltb) dan komponen kendaraan listrik dan peralatan elektronik lainnya. Jadi, logam tanah jarang bisa dikatakan adalah bahan yang sangat strategis untuk sebuah negara. Rare earth adalah senyawa logam Bumi yang sangat jarang. Jarang karena keterdapatan dan jumlah cadangannya.

gambar komponen pltb terbuat dari logam tanah jarang

Konsumen terbesar dari logam tanah jarang adalah China, Amerika Serikat, Rusia dan Jepang. Sedangkan negara produsen logam tanah jarang adalah China, Amerika Serikat, Brazil, Australia dan India. China diketahui sebagai negara dengan produksi logam tanah jarang terbesar di dunia, dengan produksi rata - rata 100.000 metrik ton dan cadangan mencapai 55.000.000 metrik ton.

Potensi Logam Tanah Jarang di Indonesia

Potensi logam tanah jarang di Indonesia masih hanya sebatas survey dan indikasi yang dilakukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Potensi logam tanah jarang di Indonesia, diketahui terdapat di daerah Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau (Kepri), Bangka Belitung, Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " Potensi Logam Tanah Jarang di Indonesia " Semoga Bermanfaat.


Dp.
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Potensi Logam Tanah Jarang di Indonesia"