Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PLTS Terbesar di Indonesia Terletak di Daerah ini

gambar plts likupang

“ Indonesia saat ini memiliki pembangkit listrik tenaga surya (plts) terbesar, yaitu plts Likupang yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara dengan kapasitas terpasang 21 MW “

PLTS adalah singkatan dari pembangkit listrik tenaga surya. Surya dalam bahasa Indonesia disebut dengan Matahari. PLTS memanfaatkan sinar Matahari yang diubah menjadi energi listrik melalui peralatan - peralatan yang telah dipasang sebelumnya.

Teknologi plts yang paling populer diterapkan di Indonesia, bahkan di dunia adalah teknologi panel surya atau solar panel. Panel surya dapat mengubah radiasi dari Matahari, sering juga disebut dengan foton (photons) menjadi energi listrik.

Apa Fungsi Panel Surya

Fungsi panel surya adalah untuk menghasilkan listrik, solar panel memanfaatkan sinar atau radiasi Matahari yang disebut dengan foton, untuk mengetuk elektron bebas atom, sehingga menghasilkan aliran listrik dalam bentuk arus DC (direct current).

Solar panel terdiri dari sel - sel fotovoltaik yang berukuran lebih kecil. Bahan ini terbuat dari lapisan silikon, berbahan semikonduktor. Pada permukaan sel - sel ini dipasang lapisan kaca mengkilap, untuk melindunginya dari kondisi cuaca ekstrim.


Listrik yang dihasilkan dari sel - sel fotovoltaik akan diubah menjadi aliran listrik AC (alternating current) melalui sebuah alat inverter, agar bisa digunakan dan dialirkan melalui kabel menuju peralatan listrik.

PLTS terdiri dari sel surya, modul surya dan panel surya. Sel surya adalah bahan semikonduktor yang apabila terpapar sinar matahari akan menghasilkan listrik.

Modul surya adalah suatu alat yang terdiri dari sel surya yang berfungsi untuk mengubah cahaya matahari menjadi listrik, sedangkan panel surya adalah rangkaian modul surya yang tersusun sesuai dengan sistem PLTS yang dirancang.

Solar Panel Terbesar di Indonesia

PLTS terbesar di Indonesia terletak di Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Disebut plts terbesar karena plts ini memiliki kapasitas terpasang terbesar saat ini di Indonesia dengan kapasitas 21 MW (Megawatt).

PLTS terbesar di Indonesia ini dibangun di areal lahan seluas 29 hektar. Terdiri dari 64.620 buah sel surya (rangkaian dari modul panel surya). Listrik yang dihasilkan dari plts ini tersambung dengan jaringan listrik PLN (on grid) dan mampu menyuplai energi listrik bagi 15.000 rumah tangga.

PLTS Atap

Solar panel yang dipasang pada atap rumah, gedung dan kantor disebut dengan plts atap. PLTS atap adalah proses pembangkitan tenaga listrik yang menggunakan modul fotovoltaik, yang diletakkan di atap, dinding atau bagian lain dari bangunan milik pelanggan PLN.

Biasanya plts atap memiliki kapasitas listrik yang lebih kecil. PLTS atap adalah solusi untuk menghemat penggunaan listrik dan diutamakan bagi masyarakat yang belum merasakan atau mendapatkan pasokan listrik yang secara maksimal.

PLTS Likupang adalah pembangkit listrik hasil investasi dari investor swasta luar negeri, yang memanfaatkan potensi surya daerah ini menjadi sumber energi listrik. Ditambah perusahaan ini berkomitmen dan peduli terhadap keberlanjutan sumber energi listrik dari energi baru terbarukan (ebt).

Penutup

PLTS adalah salah satu potensi yang harus dimanfaatkan secara luas terutama di Indonesia. Pembangkit listrik tenaga surya merupakan sumber energi yang dapat diterapkan di seluruh pelosok negeri, terutama Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa yang hampir seluruh wilayahnya mendapat pasokan sinar matahari.

Teknologi PLTS juga dapat menjadi solusi untuk mengurangi ketergantungan Indonesia atau setiap negara terhadap sumber energi listrik yang berasal dari fosil seperti batubara, minyak dan gas bumi.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " PLTS Terbesar di Indonesia Berada di Daerah ini “ Semoga Bermanfaat.

Dp.
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "PLTS Terbesar di Indonesia Terletak di Daerah ini"