Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis Turbin Pelton (Pelton Turbine)

gambar turbin air jenis pelton
Gambar Turbin Air Pelton

" Turbin Pelton adalah turbin impuls yang digunakan untuk head yang tinggi (biasanya ketinggian 100 hingga 1000 m atau di atas) dan diaplikasikan untuk plta aliran rendah. Runner Pelton biasanya beroperasi di udara atau tekanan atmosfer dekat dengan satu hingga enam pancaran air menimpa tangensial pada runner "

Fungsi Turbin adalah mengubah aliran air (fluida) atau energi air, dalam bentuk energi potensial dan kinetik menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran poros. Putaran poros turbin ini akan diubah oleh generator menjadi energi listrik. Sebelumnya, berdasarkan posisi pemasangan atau instalasi turbin, maka turbin dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :
1. Turbin Vertikal
2. Turbin Horizontal 

Cara Kerja Turbin

Turbin adalah sebuah mesin berputar yang mengambil energi dari aliran fluida. Fluida (air) yang bergerak menjadikan baling - baling berputar dan menghasilkan energi untuk menggerakkan rotor. Sedangkan, turbin pesawat penggerak baling - balingnya turbinnya melalui fluida angin, sehingga membuat daya angkat pada pesawat terbang.

Jenis Turbin Pelton

Unit turbin Pelton datang dalam dua pengaturan sumbu poros, horizontal dan vertikal. Ini ditentukan oleh desain pembangkit listrik tenaga air (plta) secara keseluruhan. Turbin poros horizontal (maksimal 4 jet) lebih sederhana untuk melakukan perawatan, tetapi pembangkit tenaga lebih besar ukurannya, sedangkan turbin poros vertikal (maksimum dari 6 jet) lebih sulit untuk melakukan perawatan tetapi memungkinkan bentuk yang lebih sempit dari jejak pembangkit listrik.

Komponen terkait kinerja dan keandalan turbin Pelton terdiri dari: distributor/ manifold, perumahan, jet jarum/nozzle, runner impuls dan pelepasan ruang. Distributor/Manifold: Fungsi distributor (atau manifold) adalah untuk memprovokasi percepatan aliran air menuju masing-masing injektor utama. Itu keuntungan dari desain ini, yaitu untuk menjaga profil kecepatan aliran yang seragam. 


1. Perumahan

Fungsi perumahan adalah untuk membentuk unit kaku dengan bagian-bagian untuk pipa servomotor jarum, mekanisme umpan balik, dan poros deflector. Itu bentuk sisi perumahan yang dibasahi penting untuk mengarahkan air keluar secara efektif menjauh dari pelari.

2. Needle Valve/Nozzle

Fungsi dari needle jet (atau nozzle) adalah untuk mengatur aliran air ke runner dalam turbin impuls runner. Jarum jet adalah diatur oleh gubernur melalui kontrol mekanis-hidrolik atau elektro-hidraulik. Bentuknya dirancang untuk akselerasi cepat di ujung keluar dan untuk memastikan bentuk jet air seragam di semua bukaan. Rakitan katup jarum/nosel adalah ditempatkan sedekat mungkin dengan runner untuk menghindari dispersi jet akibat gesekan udara.

3. Runner

Runner terdiri dari satu set ember berbentuk khusus yang dipasang di pinggiran piringan bundar. Itu diputar oleh semburan air paksa yang dikeluarkan dari satu atau lebih nozzle. Impuls yang dihasilkan memutar turbin runner, memberikan energi ke poros turbin. Ember dibagi menjadi dua bagian sehingga area pusat tidak bertindak sebagai titik mati (tidak ada dorong aksial) yang tidak mampu membelokkan air menjauh dari jet yang datang.


4. Discharge Chamber

Fungsi dari discharge chamber adalah untuk mengaktifkan air ada pelari untuk jatuh bebas menuju drainase. Ini juga berfungsi sebagai perisai untuk pekerjaan beton dan menghindari kerusakan beton akibat jet air. Pengaturan ketinggian air yang benar (ruang lonjakan) di dalam ruang ini adalah penting untuk efisiensi maksimum.

Komponen terkait non-kinerja tetapi keandalan dari turbin Pelton meliputi: deflektor, poros turbin, dan bantalan pemandu.

Deflektor memiliki fungsi untuk menekuk jet menjauh dari runner pada penolakan beban untuk menghindari peningkatan kecepatan yang terlalu tinggi. Selain itu melindungi jet melawan semprotan air keluar dari runner. Busur deflektor dibaut kerangka struktur pendukung deflektor dengan katup kontrol servomotor jarum. Cincin segel di sekitar rumah bantalan poros deflektor mencegah air dan kelembaban dari penetrasi ke dalam bantalan.


5. Poros Turbin

Fungsi poros turbin adalah untuk mentransfer torsi dari turbin runner ke poros generator dan rotor. Poros biasanya memiliki bantalan jurnal untuk bantalan pemandu hidrodinamika berpelumas oli pada ujung runner turbin. Poros biasanya dibuat dari baja tempa, tetapi beberapa poros yang lebih besar dapat dibuat.

6. Bantalan Panduan

Fungsi bantalan pemandu turbin adalah untuk menahan ketidakseimbangan mekanis dan beban samping hidrolik dari runner turbin, sehingga mempertahankan runner turbin di posisi tengahnya di seal runner. Biasanya dipasang sedekat mungkin dengan runner turbin dan didukung oleh penutup kepala. Bantalan pemandu turbin biasanya hidrodinamik berpelumas oli (babbitted) bantalan.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai “ Mengenal Jenis Turbin Pelton (Pelton Turbine) “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Mengenal Jenis Turbin Pelton (Pelton Turbine)"