Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Logam Timah Hitam (Lead), Bahan Baku Baterai Isi Ulang

gambar mineral galena timah hitam

" Cadangan timah di Indonesia sangat besar, terutama di daerah Provinsi Bangka Belitung dan Kepulauan Riau. Di daerah Bangka Belitung terdapat tambang timah terbesar di dunia, yaitu PT Timah Tbk (Persero) TIN, yang dimiliki Pemerintah Indonesia. Sedangkan, cadangan timah hitam terdapat di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Aceh dan Pulau Sulawesi "

Kebutuhan akan timah dari waktu ke waktu semakin besar karena permintaaan kebutuhan akan timah yang besar, terutama didukung pertumbuhan industri elektronik, seperti Smartphone dan Televisi dan untuk industri otomotif. 

Di Indonesia sendiri terdapat cadangan 2 jenis timah, yaitu timah (timah putih) dan jenis timah hitam (timbal). Cadangan kedua jenis timah ini terdapat di Indonesia dengan cadangan yang cukup besar.

Apa itu Timah

Timah hitam (lead) adalah logam yang memiliki sifat mudah dibentuk dan padat ketika dipanaskan dan dikenal sebagai konduktor yang buruk. Memiliki rumus kimia (Pb), nomor atom 86. Timah hitam (timbal) memiliki ciri fisik putih keperak - perakan atau keabu - abuan. Timah hitam adalah logam tertua, sudah digunakan sejak zaman Romawi. Timbal memiliki kelebihan sebagai logam yang tahan lama dan tahan korosi.

Geologi Pembentukan Timah Hitam

Timah hitam berasal proses geologi, cairan magma yang berasosiasi dengan batuan disekitarnya. Biasanya timah hitam dapat ditemukan pada batuan sedimen (sediment rock), namun tidak tertutup kemungkinan terdapat pada batuna beku (igneous rock). Timah hitam hampir semua ditemukan pada batuan Galena (Pbs), namun juga ditemukan di Anglesite (PbSO) dan Cerussite (PbCO).

Di alam terdapat 2 jenis timah, yaitu timah (timah putih) dan timah hitam. Timah putih cadangannya banyak terdapat di daerah Bangka Belitung dan Kepulauan Riau. Mineral penghasil timah putih adalah mineral kasiterit (SnO2). Cadangan bijih timah di Indonesia adalah endapan alluvial atau sering disebut endapan sekunder (timah placer).

Produsen Timah Hitam

Salah satu cadangan timah hitam terbesar di dunia, terdapat di Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, milik perusahaan pertambangan PT Dairi Prima Mineral, yang cadangannya tepat berada di jalur cincin api (ring of fire) atau pegunungan Bukit Barisan. Negara produsen timbal terbesar di dunia saat ini adalah India, China, Amerika Serikat, Peru dan Meksiko.

Penggunaan Timah Hitam

Timah hitam merupakan bahan yang digunakan untuk solder, yaitu bahan penyambung komponen peralatan listrik dan peralatan elektronik. Penggunaan timah hitam yang terbesar adalah untuk bahan baku baterai penyimpanan, sering juga disebut dengan baterai isi ulang. 

gambar solder terbuat dari timah

Harga Logam Timah Hitam Dunia

Harga logam timah hitam rata - rata berkisar 2,000 USD/ton. Grafik harga timah hitam hari ini berada pada angka 2,168.50 USD/ton. Harga tersebut sama dengan Rp 30.359.000 atau harga timah hitam per kg Rp 30.359/kg (kurs Rp 14.000/USD).

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " Logam Timah Hitam (Lead), Bahan Baku Baterai Isi Ulang " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Logam Timah Hitam (Lead), Bahan Baku Baterai Isi Ulang"