Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalan Aspal dan Jalan Beton, Mana yang Lebih Baik

gambar jalan aspal

“ Jalan raya yang kita lintasi sehari - hari terutama di Indonesia, terdiri dari 2 jenis material, yaitu jalan aspal dan jalan beton. Manakah dari kedua jenis bahan ini yang lebih baik dan kelebihan dan kekurangan dari jalan aspal dan jalan beton “


Salah satu infrastruktur utama pada sebuah negara adalah fasilitas infrastruktur jalan, baik jalan raya maupun jalan tol (jalan bebas hambatan). Jalan adalah fasilitas atau prasarana penyambung antar daerah dalam sebuah negara.

Saat ini, pembangunan jalan raya (jalan umum) di Indonesia semakin banyak menggunakan material beton, apalagi jalan tol yang baru - baru ini dibangun banyak berjenis material beton dari pada material aspal. Namun, jangan salah kedua material ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pengertian Jalan

Jalan adalah prasarana atau fasilitas transportasi darat, tempat perlintasan orang, kendaraan dan sebagainya. Fasilitas bangunan tersebut sangat diperuntukkan bagi lalu lintas. Jalan dapat dibangun diatas permukaan tanah, dibawah permukaan tanah (terowongan), dibawah permukaan dan diatas permukaan air.

Fungsi Jalan

Berdasarkan fungsinya jalan umum dibagi kedalam kedalam 4 jenis, yaitu jalan Arteri, jalan Kolektor, jalan Lokal dan Lingkungan. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Jalan arteri adalah jalan umum yang berfungsi melayani angkutan utama dengan ciri perjalanan jarak jauh, kecepatan rata-rata tinggi, dan jumlah jalan masuk dibatasi secara berdaya guna.

2. Jalan kolektor adalah jalan umum yang berfungsi melayani angkutan pengumpul atau pembagi dengan ciri perjalanan jarak sedang, kecepatan rata-rata sedang, dan jumlah jalan masuk dibatasi.

3. Jalan lokal adalah jalan umum yang berfungsi melayani angkutan setempat dengan ciri perjalanan jarak dekat, kecepatan rata-rata rendah, dan jumlah jalan masuk tidak dibatasi.

4. Jalan lingkungan adalah jalan umum yang berfungsi melayani angkutan lingkungan dengan ciri perjalanan jarak dekat, dan kecepatan rata-rata rendah.

Jenis Material Jalan

Material jalan terutama di Indonesia masih didominasi oleh beton dan aspal. Jalan beton adalah jalan yang menggunakan material beton, sedangkan jalan aspal adalah jalan yang menggunakan material aspal.

Jalan Beton VS Jalan Aspal

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (kemenpupr), pemilihan jenis material yang digunakan ditentukan berdasarkan tujuan dan pemanfaatan jalan tersebut. Jalan beton dan jalan aspal dilihat dari segi ketahanan dan biaya, kedua material ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Beton

1. Jalan beton mampu menahan beban dari kendaraan yang bermuatan berat
2. Jalan beton lebih tahan banjir dan genangan air dari pada aspal
3. Namun, jalan bermaterial beton membutuhkan biaya lebih mahal dari pada aspal
4. Biaya pemeliharaan dan perbaikan cenderung lebih mahal

Aspal

1. Cocok digunakan sebagai jalur lalu lintas kendaraan ringan
2. Biaya konstruksi lebih murah dibandingkan dengan beton
3. Kurang tahan terhadap banjir dan genangan air sehingga diperlukan jalur drainase
4. Harga relatif murah, namun perlu dilakukan pemeliharaan yang sering

Dari kedua perbandingan diatas dapat disimpulkan bahwa jalan beton memiliki ketahanan yang lebih lama, namun membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Sedangkan jalan aspal membutuhkan biaya lebih rendah, namun memiliki ketahanan yang rendah.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " Jalan Aspal dan Jalan Beton, Mana yang Lebih Baik " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Jalan Aspal dan Jalan Beton, Mana yang Lebih Baik"