Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Harga Tarif Listrik Per kwh Terbaru

gambar pemasangan instalasi daya listrik

“ Beginilah cara mengetahui harga tarif listrik per kwh dan golongan tarif listrik pln di instalasi listrik di rumah. Cara ini dapat membantu Anda mengetahui harga yang Anda keluarkan untuk listrik per kwh dan mengetahui apakah listrik di rumah di subsidi oleh Pemerintah “


Pemerintah Indonesia melalui PLN, selama ini telah memberikan subsidi listrik untuk kelompok masyarakat tidak mampu, berdasarkan Undang - Undang (UU) Nomor 30 tahun 2007, yaitu tentang energi.

Subsidi listrik untuk kalangan rumah tangga diberikan kepada pelanggan R1 dengan daya 450 VA (Volt Ampere) dan 900 VA, yaitu masyarakat prasejahtera yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Berapa Subsidi Listrik dari Pemerintah

Bagi pelanggan atau konsumen rumah tangga dengan daya listrik 450 VA, mendapatkan subsidi listrik sebesar Rp. 80.000 per bulan, sedangkan pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA, mendapat rata - rata subsidi listrik Rp 90.000 per bulan.

Berdasarkan data Perusahaan Listrik Negara (PLN), tahun 2021 jumlah penerima subsidi listrik dengan daya 450 VA, sebesar 24,3 juta konsumen. Sedangkan jumlah pelanggan daya 900 VA yang mendapat subsidi listrik sebesar 8,2 juta. Nilai anggaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk subsidi listrik mencapai Rp 39,65 triliun.

Cara Mengetahui Harga Tarif Listrik

Tarif tenaga listrik adalah tarif yang boleh dikenakan oleh Pemerintah melalui PLN kepada pelanggan PLN yang mengacu pada Peraturan Menteri Permen ESDM Nomor 28 Tahun 2016.

Kita dapat mengetahui harga tarif listrik per kwh melalui aplikasi PLN Mobile. Pada aplikasi tersebut nanti akan ditemukan tarif tenaga listrik yang berlaku kepada pelanggan PLN. Anda dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile di sini. Di bawah ini adalah harga tarif listrik per kwh yang berlaku pada Juli sampai September 2022.

gambar tarif listrik 2022


Sekarang muncul pertanyaan, jadi 1 kwh berapa rupiah?. Pada gambar tersebut akan tercantum kolom harga listrik per kwh sesuai dengan golongan daya tersambung di rumah Anda. Sebagai contoh golongan R-1/TR dengan daya 1.300 VA, tarif listriknya adalah 1.444,70 per kwh. Dengan demikian 1 kwh sama dengan Rp 1.444,70/kwh dengan golongan tarif R-1/TR 1.300 VA.

Sedangkan, untuk mengetahui golongan daya listrik yang terpasang di rumah Anda, dapat diketahui dengan mengecek lembaran rekening tagihan listrik atau dengan cara mendaftar dan membuat akun PLN Mobile. Jika terdaftar dengan baik, maka akan ditampilkan golongan golongan tarif listrik Anda.

Penyesuaian Tarif Listrik 2022

Tarif ini merupakan tarif harga listrik per kwh yang akan diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia, melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN), Berdasarkan keputusan terbaru dari Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pada keputusan tersebut, penyesuaian tarif per 1 Juli 2022 hanya akan diberlakukan pada 5 golongan tarif, yaitu rumah tangga mampu daya 3.500 Volt Ampere (VA) ke atas (R2,R3) dan golongan Pemerintah (P1,P2 dan P3). Sementara 8 golongan tarif lainnya tidak berubah.

Tujuan Pemerintah membuat penyesuain tarif ini adalah bentuk kehadiran Pemerintah untuk melindungi daya beli masyarakat, meningkatkan daya saing industri dan menjaga perekonomian Nasional tetap stabil, dan tentu saja subsidi listrik yang diberikan Pemerintah tepat sasaran.

Terdapat 2 sumber energi listrik yang dihasilkan oleh PLN, yaitu energi listrik yang berasal dari energi baru terbarukan (ebt), seperti dari pembangkit listrik tenaga air (plta) dan energi fosil, seperti dari pembangkit listrik tenaga uap (pltu).

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " Cara Cek Harga Tarif Listrik Per kwh Terbaru " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Cek Harga Tarif Listrik Per kwh Terbaru"