Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bendungan Engehalde di Swiss, Sumber Energi Listrik untuk Kota Bern

gambar sungai aare dan bendungan engehalde

" Derasnya aliran sungai Aare atau Aar di Kota Bern, Swiss dimanfaatkan oleh pemerintah kota Bern sebagai sumber energi listrik dari energi baru terbarukan (EBT) melalui pembangkit listrik tenaga air (PLTA) "

Negara Swiss adalah salah satu negara yang menjadi destinasi utama para wisatawan dunia. Keindahan kota dan alam yang dimiliki oleh negara ini, telah membuat wisatawan dari berbagai penjuru dunia mengunjungi dan menghabiskan waktu di negara ini. 

Tempat tujuan wisata yang paling terkenal di Swiss antara lain; pengunungan Alpen di Kota Zurich dan Biara St Gall, Situs warisan UNESCO, Lavaux, Vineyard Terraces di Kota Jenewa, Kota Winterthur, Kota Lausanne dan Kota Bern yang terkenal dengan aliran sungai Aare dan Kota Tua.

Kota Bern di Swiss 

Bern merupakan ibu kota dari Swiss, sebuah negara yang terletak di Eropa Tengah yang berbatasan langsung dengan negara Jerman, Prancis, Italia dan Austria dan menggunakan berbagai macam bahasa selain bahasa Swiss, yaitu Jerman, Italia dan Prancis. Kota Bern adalah kota ke 4 terbesar di Swiss. Memiliki populasi penduduk sekitar 138.809 jiwa, luas wilayah pemerintahan 51,6 km2 dan berada diketinggian 542 m dari permukaan laut (dpl).

Pasokan Energi Listrik Swiss

Dalam bidang penyediaan energi listrik, Swiss berada di posisi ke 44, sebagai negara penghasil listrik terbesar di dunia dengan produksi listrik 64.060.000.000 kWh dan konsumsi 58.450.000.000 kWh. Sebelumnya, sumber energi listrik negara ini banyak di pasok dari pembangkit listrik tenaga nuklir (pltn). Saat ini, Swiss sangat memproriaritaskan pasokan listriknya yang berasal dari energi baru terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga air (plta), pembangkit listrik tenaga bayu (pltb) dan pembangkit listrik tenaga surya (plts).

Bendungan Engehalde

Untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik untuk kota Bern yang sangat besar, pemerintah kota setempat memanfaatkan aliran sungai Aare yang melintasi kota tersebut untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik. Jenis pembangkit listrik yang dibangun adalah pembangkit listrik tenaga air (hydroelectric power plant). 

Fungsi bendungan Engehalde dibangun, yaitu untuk menahan dan memotong laju air aliran sungai Aare, sehingga aliran air dapat dialihkan menuju ruang pembangkit (power house). Biasanya komponen bangunan bendungan terdiri dari pintu air, intake (pintu pengalihan air), kolam pembersih yang berfungsi untuk membersihkan dari endapan sedimen, potongan kayu dan bahan - bahan lainnya. Pada bendungan juga terdapat berbagai peralatan kontrol lainnya, sebelum massa air menuju ruang pembangkit yang terdapat turbin.

PLTA Felsenau

Pembangkit listrik tenaga air Felsenau adalah nama dari pembangkit listrik yang memanfaatkan aliran sungai Aare di Bern. Aliran air yang berasal dari bendungan Engehalde akan menuju tempat ini atau sering disebut dengan power house (ruang pembangkit). Pada ruangan power house, debit air akan memutar turbin yang menggerakkan generator. Dari generator ini akan menghasilkan aliran listrik.

gambar power house plta felsenau

PLTA
Felsenau dikelola oleh Energie Wasser Bern, merupakan perusahaan energi terbesar di Swiss. PLTA Felsenau memiliki kapasitas terpasang 11,3 MW (Megawatt) dengan produksi tahunan 70.000 MWh. PLTA ini mampu memasok energi listrik untuk 15.500 rumah tangga di Bern.

Pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu sumber energi listrik yang ramah lingkungan (energi bersih) dan terbarukan. Sumber energi yang tidak menghasilkan berbagai jenis emisi gas yang berbahaya bagi manusia dan Bumi dan disebut terbarukan karena sumber dayanya yang dapat diperbaharui atau berkelanjutan dan tidak akan pernah habis.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai " Bendungan Engehalde di Swiss, Sumber Energi Listrik untuk Kota Bern " Semoga Bermanfaat.


Dp.
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Bendungan Engehalde di Swiss, Sumber Energi Listrik untuk Kota Bern"