Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Perusahaan Pertambangan Terbesar di Dunia 2022, Adakah dari Indonesia

gambar operasi pertambangan bawah tanah


" Industri pertambangan adalah industri yang menjadi penggerak kehidupan modern yang kita rasakan sampai saat ini. Perusahaan pertambangan di berbagai penjuru dunia merupakan penyedian berbagai jenis bahan baku untuk memenuhi permintaan disegala jenis industri untuk kebutuhan manusia "

Pertambangan adalah usaha untuk menggali, mengangkat berbagai jenis material berharga di bawah Bumi, baik bersifat padat, seperti logam, maupun tidak, seperti minyak dan gas untuk dibawa ke permukaan Bumi dan dapat diolah menjadi bahan jadi, di berbagai jenis kebutuhan industri di dunia ini. Sedangkan, teknik pertambangan adalah disiplin ilmu yang diterapkan untuk melakukan operasi pertambangan.

Tanpa kita sadari mulai dari peralatan sederhana sampai peralatan yang besar yang kita gunakan dalam kehidupan sehari - hari, bahan bakunya berasal dari industri pertambangan. Komponen smartphone Anda terbuat dari berbagai jenis logam. Peralatan dapur, sampai kendaraan roda dua dan roda empat tersusun dari berbagai jenis logam.

Perusahan pertambangan membutuhkan modal investasi yang sangat besar karena biasanya melakukan operasinya di daerah terpencil dan jauh dari fasilitas umum. Menggunakan peralatan mekanis yang besar dan serba mahal, berbagai jenis izin usaha pertambangan yang harus dipenuhi dan resiko besar lainnya. Maka, untuk dapat memulai operasional pertambangan membutuhkan waktu lama dan modal yang cukup besar.

Namun, dibalik itu perusahaan pertambangan adalah perusahaan yang mempunyai nilai harga yang sangat besar di pasar perdagangan dunia. Tidak salah perusahaan pertambangan menjadi pilihan saham untuk dimiliki. Bahkan, gaji pertambangan lebih tinggi dari pada perusahaan di sektor industri lainnya.

Berikut top 5 perusahaan pertambangan terbesar di dunia pada tahun 2022. Urutan peringkat ini berdasarkan nilai Market Capitalization/market cap. Market cap (kapitalisasi pasar) adalah nilai harga keseluruhan dari sebuah saham perusahaan, harga yang harus Anda bayar, jika berniat membeli 100% perusahaan tersebut.

1. BHP Group


Berada diposisi pertama adalah BHP Group (BHP Billiton). Perusahaan pertambangan ini berkantor pusat di Melbourne, Australia. Perusahaan pertambangan logam dan minyak terbesar di dunia, berdasarkan kapitalisasi pasar. BHP memiliki operasi pertambangan di hampir seluruh dunia dan memiliki 80.000 karyawan dilebih 90 negara, termasuk Australia, Amerika Serikat, Chili dan Kanada. Lokasi operasi pertambangan BHP Group antara lain; di Australia, memiliki tambang tembaga, besi, batubara dan nikel, sedangkan di Chili dan Amerika Serikat memiliki tambang tembaga dan tambang bijih besi di Brazil. 
BHP Group memiliki market cap 192.9B.

2. Rio Tinto

gambar kantor pusat rio tinto
Rin Tinto/mining-technology.com

Perusahaan pertambangan Rio Tinto berasal dari Britania Raya dan berkantor pusat di London, Inggris dan Melbourne, Australia. Perusahaan ini memiliki jumlah karyawan 49.000 di 35 negara operasional. Lokasi Operasi dan jenis produk tambang Rio Tinto, antara lain; tambang bijih besi, uranium dan permata di Australia. Tambang tembaga dan emas di Mongolia, tambang bijih besi dan bauksit di Kanada . 
Rio Tinto memiliki market cap 143.5B.


3. Vale

gambar operasi pertambangan vale
Vale/mining-technology.com

Vale merupakan perusahaan pertambangan yang berasal dari  negara di Amerika Selatan, Brazil. Vale adalah pemilik tambang nikel raksasa di Sorowako, Sulawesi Selatan, Indonesia dengan nama PT Vale Indonesia (INCO). Vale adalah perusahaan produsen nikel terbesar di dunia. Memiliki jumlah karyawan sampai 80.000 yang berada di kantor perwakilan dan daerah beroperasi pertambangan. Operasi pertambangan Vale, antara lain; tambang nikel di Indonesia, Brazil dan China, tambang bijih besi di Oman, China dan Brazil dan tambang tembaga di Brazil dan Kanada. 
Vale memiliki market cap 100.0B.

4. Glencore

Glencore adalah perusahaan pertambangan yang berkantor pusat di Baar, Swiss dan merupakan perusahaan terbesar di negara tersebut. Memiliki jumlah karyawan 135.000, yang tersebar di seluruh daerah operasi pertambangan dan kantor perwakilan di dunia. Glencore adalah salah satu perusahaan pertambangan produsen tembaga terbesar di dunia. Perusahaan pertambangan ini memiliki operasi pertambangan antara lain; tambang tembaga di Afrika Selatan, Australia dan Chili. Tambang logam kobalt di Demokratik Rakyat Kongo. Glencore memiliki market cap 86.5B.

5. Freeport Mc-Moran


Freeport Mc-Moran adalah perusahaan pertambangan logam yang berasal dari Phoenix, Amerika Serikat dan salah satu perusahaan produsen emas terbesar di dunia. Memiliki karyawan sekitar 30.000 di seluruh dunia. Perusahaan pertambangan Freeport adalah operator tambang tembaga dan emas terbesar di dunia, yaitu di tambang Grasberg, Tembagapura, Papua, Indonesia, yang sahamnya diakuisisi oleh pemerintah Indonesia, sebesar 51%. Freeport Mc-Moran memiliki tambang terbesar di Cerro Verde, Peru dan tambang Grasberg di Papua. Freeport Mc-Moran memiliki market cap 70.6B.

Perusahaan pertambangan yang berasal dari Indonesia belum ada yang masuk dalam 5 daftar ini. Dua dari lima daftar perusahaan pertambangan terbesar di dunia ini, memiliki operasi pertambangan yang terletak di Indonesia, yaitu Freeport Mc-Moran di Grasberg (emas dan tembaga), Papua dan Vale di Sorowako, Sulawesi Selatan (nikel). Rio Tinto adalah mantan pemilik tambang PT Kaltim Prima Coal (KPC), perusahaan pertambangan batubara terbesar di Indonesia, sebelum dibeli oleh Bumi Resources.


Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai “ 5 Perusahaan Pertambangan Terbesar di Dunia, Adakah dari Indonesia “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

Print Friendly and PDF

Post a Comment for "5 Perusahaan Pertambangan Terbesar di Dunia 2022, Adakah dari Indonesia"