Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 3 Logam yang Diinginkan Elon Musk dari Indonesia

gambar logo mobil listrik tesla

" Perusahaan milik Elon Musk, yaitu Tesla sedang berburu berbagai jenis 
logam dari Indonesia, logam ini sebagai bahan baku utama pembuatan baterai jenis lithium-ion, yang ditanamkan di mobil listrik buatan Tesla "

Elon Musk sudah beberapa kali menunjukkan niatnya untuk berinvestasi di Indonesia, mulai investasi membangun pabrik mobil listrik di daerah Jawa Tengah dan rencana pembangunan pusat baterai litium-ion di Pulau Sulawesi. Namun, sampai saat ini belum ada realisasi yang menjadi kenyataan dari berbagai rencana dari Tesla ini.

Pertemuan Elon Musk dengan Joko Widodo

Berita terakhir, Elon Musk mengundang pejabat negara dan beberapa pengusaha dari Indonesia untuk berkunjung ke pabrik mobil listrik Tesla di Austin Texas, Amerika Serikat. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan. Terakhir, Presiden Indonesia Joko Widodo bertemu langsung dengan Elon Musk di Starbase, perusahaan roket luar angkasa miliknya, yaitu SpaceX.

Beberapa pertemuan ini telah menunjukkan niat dari Tesla untuk berkerjasama dengan pemerintah Indonesia. Bahkan, pertemuan Elon Musk dan Joko Widodo diliput oleh media asing, yang menandakan pertemuan ini memiliki makna yang cukup besar bagi kemajuan industri mobil listrik dunia.

Mobil Tesla

Tesla adalah perusahaan produsen mobil listrik terbesar di dunia saat ini. Menguasai 30% pangsa mobil listrik dunia. Pada tahun 2021, pabrikan mobil listrik Tesla berhasil mengirimkan mobilnya ke konsumen sebesar 936.000 unit ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mobil listrik adalah mobil yang menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya yang ditanamkan di mobil dan disimpan di dalam baterai jenis lithium-ion, termasuk mobil listrik buatan Tesla.

Apa itu Logam

Logam (metal) adalah material yang bersifat keras dan tidak tembus cahaya, berkilau dan memiliki konduktivitas listrik dan panas yang baik. Pada umumnya logam dapat ditempa dan dibentuk secara permanen tanpa mengalami retak atau patah. Salah satu logam yang sering dibentuk menjadi perhiasan adalah logam mulia emas. 

Bahan Baku Baterai Lithium-ion

Tantangan yang dihadapi oleh produsen mobil listrik adalah mencari dan menemukan bahan baku baterai jenis lithium-ion. Baterai lithium adalah jenis baterai yang dapat diisi, menyimpan dan mengalirkan listrik. Sedangkan, bahan baku baterai ini terdiri dari logam yang sangat langka dan memiliki harga yang sanga mahal. 

Nah, bahan baku baterai lithium inilah yang diingikan oleh Elon Musk dari Indonesia. Mungkin Elon telah memetakan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, sehingga Elon sangat ingin memiliki dan mengamankan bahan baku bateria litium ini. Bahkan dia bersedia membeli perusahaan pertambangan yang menghasilkan berbagai jenis logam ini, yang dikenal memiliki cadangan yang cukup besar.

Inilah jenis - jenis logam yang diburu oleh Elon Musk di Indonesia untuk memenuhi bahan baku baterai lithium-ion, yang akan ditanamkan di produk mobil listrik (Tesla) yang dipimpinnya, untuk menjadi penguasa mobil listrik dunia.

1. Nikel

Saat ini, Indonesia mendapat predikat sebagai raja nikel dunia. Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai pemilik cadangan dan produksi nikel terbesar di dunia. Pada tahun 2021, produksi logam nikel Indonesia mencapai 1 juta metrik ton (USGS) atau sekitar 50% dari seluruh produksi nikel dunia. Berdasarkan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), total sumber daya nikel kita mencapai 6,5 milyar ton dan cadangan terbukti sebesar 3,1 milyar ton. 

gambar bijih nikel produksi antam

Nikel (Ni) adalah logam yang memiliki karakteristik kuat, tahan panas, ringan dan tahan karat. Pada baterai lithium-ion, nikel dijadikan sebagai katoda dan bahan pelapis baterai. Katoda adalah kutub yang bermuatan positif. Pada kasus lain, nikel dijadikan sebagai bahan pelapis tembaga, besi dan aluminium untuk menghindari korosi. 

2. Kobalt

Kobalt memiliki rumus kimia Co, kobalt adalah logam yang memiliki warna kebiru - biruan, yang terbentuk bersama - sama dengan nikel dan merupakan mineral ikutan dari nikel laterit, tembaga, perak dan seng. Sama seperti nikel, kobalt pada baterai lithium-ion berfungsi sebagai katoda, yaitu bagian dari baterai yang dapat menyimpan dan mengalirkan listrik.

gambar logam kobalt

Penyebaran cadangan kobalt di Indonesia meliputi Pulau Sulawesi, Provinsi Maluku Utara, dan Pulau Papua. Total sumber daya kobalt di Indonesia mencapai 7,2 juta ton dan cadangan sebesar 1,2 juta ton. 

3. Aluminium

Aluminium memiliki rumus kima Al. Aluminium adalah produk olahan dari bijih bauksit atau mineral bauksit, sedangkan barang jadi dari aluminium disebut dengan alumina, karena memiliki kadar uluminium sampai 98%. Pada baterai jenis lithium, aluminium dijadikan sebagai katoda dan bahan pelapis baterai tersebut. 

gambar mineral bauksit

Sebaran cadangan mineral bauksit di Indonesia terbesar terdapat di Provisi Kalimantan Barat, Bangka Belitung dan Kepuluan Riau, terutama di Kabupaten Bintan dan Kijang. Baru - baru ini  Pemerintah Indonesia telah melarang ekspor bahan mentah (raw material) bauksit, sehingga harus diolah terlebih dahulu di dalam negeri, kemudian diekspor dalam bentuk barang jadi, seperti alumina.

Berdasarkan Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tahun 2016, Indonesia memiliki sumber daya mineral bauksit mencapai 1,26 milyar ton dengan rincian, cadangan terkira sebesar 1,04 milyar ton dan cadangan terbukti sebanyak 0,21 milyar ton.

Baterai Lithium-ion Kualitas Terbaik

Dikutip dari Battery University, terdapat 6 jenis bateri lithium. Jenis baterai lithium berbahan nikel, kobalt dan aluminium adalah jenis baterai dengan kualitas terbaik. Baterai jenis ini memiliki kelebihan, yaitu memiliki daya yang cukup tinggi dan umur baterai yang panjang. Namun untuk memproduksi baterai jenis ini membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Baterai jenis inilah yang digunakan Tesla di produk mobil listriknya.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai “ Inilah 3 Logam yang Diinginkan Elon Musk dari Indonesia“ Semoga Bermanfaat.

Dp.


#nikel #kobalt #aluminium #tesla #mobillistrik #elonmusk

Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Inilah 3 Logam yang Diinginkan Elon Musk dari Indonesia"