Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kegunaan Gipsum yang Perlu Anda Ketahui

gambar gipsum
| patung dari bahan baku gipsum

" Gipsum paling dikenal kegunaannya sebagai bahan dekorasi rumah, yang biasanya dijadikan sebagai bahan interior dinding dan langit - langit pada bangunan rumah mewah maupun gedung perkantoran "

 

Penggunaan dan permintaan gipsum akhir - akhir semakin meningkat, terutama disektor konstruksi perumahan dan gedung perkantoran. Gipsum sudah lama digunakan dan cukup penting digunakan di sektor konstruksi, bidang kedokteran, industri semen, industri keramik dan industri makanan.

Apa itu Gipsum

Gipsum adalah mineral hidrous kalsium sulfat, memiliki rumus kimia (CaSO4.2H2O) yang terbentuk di alam. Pada umumnya endapan gipsum terbentuk pada sedimen mendatar. Pembentukan endapan gipsum dekat dengan permukaan bumi dengan penyebaran yang cukup luas. Gipsum biasanya berasosiasi dengan batu kapur, batu serpih, batu pasir, marmer, dan lempung.

Gipsum termasuk bahan galian industri (BGI), yang memiliki kegunaaan yang sangat penting diberbagai sektor industri. Indonesia salah satu negara yang telah memproduksi gipsum alam maupun gipsum sintetis.

Geologi Pembentukan Gipsum

Sebagian besar endapan gipsum terbentuk dari air laut dan hanya sebagian kecil berasal dari endapan danau yang mengandung air garam. Gipsum juga dapat terjadi sebagai hasil kegiatan vulkanik, tempat gas H2S dari fumarol bereaksi dengan kapur dan hasil pelapukan batuan - batuan. 

Jenis endapan gipsum yang ditemukan terdapat 5 jenis bentuk, yaitu;
1. Batuan gipsum yang terbentuk granular dan buram, mengandung sedikit dolomit, batu kapur, dan kadar CaSO4, 76%.
2. Gipsit, bersifat lunak dan kurang murni,
3. Alabaster, berbentuk padat, berbutir halus, berwarna putih dan agak bening
4. Satinspar, berbentuk serat dan berkilap (fiber), sering kali ditemukan dalam lapisan tipis dengan bentuk kristal.
5. Selenit, berbentuk kristal dan transparan.

Penambangan Gipsum

Cara penambangan gipsum rata - rata menggunakan metode tambang terbuka jenis kuari (quarry) atau menggunakan metode tambang bawah tanah (underground mining) dengan menggunakan peralatan mekanis atau alat berat. Penentuan jenis penambangan didasari atas letak dan penyebaran endapan apakah dekat dengan permukaan bumi atau jauh di bawah permukaan bumi. Penambangan gipsum menggunakan metode tambang terbuka dapat dilakukan melalui tahap : pengupasan lapisan tanah penutup (stripping), pembongkaran (loosening), pemuatan (loading), dan pengangkutan (transporting).

Potensi Gipsum di Indonesia

Berdasarkan dari segi keberadaannya, endapan gipsum di Indonesia tersebar di beberapa daerah, yaitu di Pulau Jawa, DI Aceh, Sumatera, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Tengah, serta Nusa Tenggara Barat. Pada umumnya penyelidikan yang pernah dilakukan, hanya pada sampai penyelidikan umum, sehingga kualitas dan kuantitas seluruh cadangan gipsum sampai saat ini belum diperoleh angka pasti.

Kegunaan Gipsum

Penggunaan gipsum secara umum harus diolah terlebih dahulu sesuai dengan peruntukan gipsum yang akan digunakan. Secara umum pengolahan gipsum dibagi dua, yaitu proses preparasi dan proses kalsinasi. Berikut adalah beberapa industri yang menggunakan bahan gipsum, baik sebagai bahan utama maupun bahan tambahan

1. Industi Semen 

Dalam industri semen portland, gipsum yang diolah melalui proses kalsinasi berfungsi sebagai retander, tujuannya agar proses semen cepat membeku. Pembakaran semen dengan gipsum akan membentuk portland semen.

2. Sektor Konstruksi

Di sektor konstruksi, penggunaan gipsum sudah cukup meluas dan paling dikenal. Di sektor konstruksi gipsum digunakan sebagai wall board (dekorasi dinding) dan partisi (papan gipsum), yaitu gipsum plaster jenis beta-hemidrat.

3. Bidang Kedokteran

Pada bidang kedokteran, gipsum alpa-hemihidrat digunakan sebagai cetakan gigi dan pengobatan tulang yang patah.

4. Industri Keramik

Industri keramik membutuhkan gipsum sebagai bahan pembuat cetakan keramik, dengan spesifikasi gipsum yang telah ditentukan.

5. Industri Makanan

Gipsum dalam bentuk anhydrit dengan campuran bahan pembuat tahu. Dengan campuran anhydrit dan kedelai yang sudah dibuat sebagai bahan dasar, akan membuat produk tahu menjadi relatif keras.

Penutup

Meskipun Indonesia sudah memproduksi gipsum alam dan gipsum sintetis, untuk memenuhi sebagaian besar kebutuhan industri dalam negeri masih harus mengimpor dari negara lain. Di sisi lain, Indonesia mulai tahun 1985 telah melakukan ekspor ke negara - negara tetangga. Diperlukan penyelidikan detail untuk mengetahui secara detail penyebaran dan cadagan gipsum di Indonesia.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ 5 Kegunaan Gipsum yang Perlu Anda Ketahui “ Semoga Bermanfaat.

Dp.

 

#gipsum #kegunaan #penambangan #geologi
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "5 Kegunaan Gipsum yang Perlu Anda Ketahui"