Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi untuk Membuat Peta Seperti Google Maps

gambar peta navigasi di mobil

" Kebutuhan akan pemetaan, terutama sistem informasi geografis (SIG) sudah semakin besar, ini didukung oleh semakin meningkatnya berbagai sektor industri, terutama industri teknologi informasi, transportasi dan pemasaran, yang membutuhkan sistem pemetaaan wilayah yang mutakhir "


Aplikasi yang sering kita gunakan sebagai navigasi untuk mencari alamat dan mencari tempat untuk nongkrong, seperti aplikasi Google Maps, Waze dari Google, Here We Go dari Microsoft dan Yandex Maps dari Yandex, dibuat dengan menggunakan aplikasi atau software pemetaan sistem informasi geografis.

Pengertian Sistem Informasi Geografis

Sistem informasi geografis (Geographic Information System) adalah sistem komputer yang mengolah, menganalisa dan menampilkan informasi berbasis geografis dengan menggunakan data yang dilampirkan ke lokasi. Peta yang disajikan dalam sistem informasi geografis terdiri dari data informasi dan koordinat.

Keunggulan dari sistem informasi geografis adalah kemampuan menimpa data yang sudah ada dengan data baru dan menampilkannya pada layar komputer. Peta dengan sistem informasi geografis dapat digunakan untuk menganalisa dan mengambil keputusan yang berkaitan dengan geologi, ekologi, penggunaan lahan, demografi, transportasi dan pemasaran.

5 Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG)

Nah, apakah anda tahu aplikasi atau software yang digunakan untuk membuat peta seperti Google Maps dan Waze. Berikut adalah 5 aplikasi sistem informasi geografis yang digunakan untuk membuat peta layaknya Google Maps:

1. Mapinfo Professional

gambar tampilan mapinfo professional

Mapinfo Professional adalah software pemetaan sistem informasi geografis yang dikembang oleh Pitney Bowes. Mapinfo adalah aplikasi pemetaan yang ringan dan memiliki tata letak menu yang sederhana, namun lengkap.

Solusi pemetaan desktop yang lengkap untuk analis sistem informasi geografis (GIS) untuk memvisualisasikan, menganalisis, mengedit, menafsirkan, dan mengeluarkan data — mengungkapkan hubungan, pola, dan tren.

2. ESRI ArcGIS

gambar tampilan arcgis

Esri ArcGIS Desktop adalah aplikasi yang sangat berguna yang dapat digunakan untuk bekerja dengan berbagai peta yang berbeda serta informasi geografis yang dikembangkan oleh ESRI. Dengan aplikasi ini Anda dapat membuat peta dan pengumpulan data geografis.

Esri ArcGIS Desktop memiliki ArcEditor dan juga ArcInfo. ArcEditor memiliki banyak alat canggih untuk memanipulasi bentuk file, geodatabase dan ArcInfo mencakup fungsionalitas manipulasi data, pengeditan, dan analisis. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengubah data 2D ke 3D untuk visualisasi. Anda juga dapat menghasilkan peta berkualitas tinggi dengan mudah.

3. Global Mapper

gambar tampilan global mapper

Global Mapper adalah aplikasi handal dan kuat yang memungkinkan Anda membaca, menulis, dan menganalisis hampir semua data spasial. Ini adalah aplikasi berfitur lengkap dan lengkap yang menyediakan koleksi ekstensif alat analisis dan pemrosesan data untuk menyimpan, mengedit, dan mengelola berbagai bentuk data spasial termasuk data besar dan waktu nyata. 

Ini juga mencakup berbagai alat digitalisasi untuk membuat dan mengedit fitur pada peta. Ini menawarkan antarmuka yang sederhana dan terorganisir dengan baik yang memberikan akses waktu nyata ke kumpulan data spasial dan menyediakan tingkat fungsionalitas yang tepat untuk memuaskan para profesional GIS yang berpengalaman dan pengguna pemula.

4. Autocad Map 3D

gambar tampilan autocad map 3d

AutoCAD Map 3D 2019 x64 adalah aplikasi desain peta serta analisis data GIS yang memiliki alat pemodelan canggih dan fitur pemrosesan data. Data geografis dan topologi dapat dianalisis dan model pemetaan dapat dibuat dengan sangat mudah.

AutoCAD Map telah dikembangkan untuk para profesional dan insinyur GIS dan menyediakan alat yang mereka butuhkan untuk desain infrastruktur, manajemen citra GIS, dan analisis efisiensi. Aplikasi ini mengandalkan mesin pemodelan yang kuat dan dapat mengimpor serta memproses data dari berbagai sumber yang berbeda.

5. QGis (Quantum Gis)

gambar tampilan quantum gis

Quantum GIS adalah aplikasi yang akan memberikan Anda Sistem Informasi Geografis untuk membuat atau mengatur data peta. Aplikasi ini mendukung gambar vektor serta raster dan data GPS. Anda dapat mengedit peta yang ada serta membuat yang baru.

Antarmuka Quantum GIS mungkin tampak agak ramai tetapi sekali lagi persyaratan aplikasi dan penggunaannya mengharuskan tampilan antarmuka menjadi sedikit sesak dengan alat. Pengguna tingkat lanjut membutuhkan lebih banyak alat karena mereka mengerjakan data spasial Geo yang rumit.

Kesederhanaan antarmuka dapat mengalihkan pengguna tingkat lanjut ke aplikasi lain. Aplikasi ini membutuhkan beberapa pengetahuan tentang data spasial Geo. Untuk pekerjaan yang efisien Quantum GIS menyediakan Anda file bantuan yang komprehensif untuk mengambil panduan langkah demi langkah.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai 5 Aplikasi untuk Membuat Peta Seperti Google Maps “ Semoga Bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "5 Aplikasi untuk Membuat Peta Seperti Google Maps"