Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tindakan Mengatasi Pemanasan Global di Kehidupan Sehari - hari Anda

gambar pemanasan global perubahan iklim

" Kita dapat membantu membantu dan mengatasi salah satu masalah serius yang sangat perlu diatasi oleh seluruh negara, yaitu pemanasan global dan perubahan iklim dengan menerapkan 10 tindakan dalam kehidupan sehari - hari yang dianjurkan oleh 
United Nations Act "

Pemanasan global dan perubahan iklim sudah semakin mengancam populasi dan kehidupan manusia di Bumi. Suhu di Bumi semakin panas dan semakin sering terjadinya dibeberapa wilayah, bencana alam akibat perubahan iklim.

Saat ini, dampak pemanasan global dan perubahan iklim sudah menjadi perhatian seluruh dunia, terutama semenjak disepakatinya beberapa perjanjian antar negara, untuk memerangi perubahan iklim dan pemanasan global, seperti perjanjian paris (Paris Agreement) dan Perjanjian Kyoto. Sebelum menerapkan tindakan untuk mengatasinya, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui pengertian dan dampak dari pemanasan global dan perubahan iklim.

Apa yang Dimaksud dengan Pemanasan Global

Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata - rata di dekat permukaan Bumi, akibat meningkatnya produksi gas CO2, pembentuk efek rumah kaca yang kemudian menyimpan panas dan memantulkan panas yang berlebihan, yang mengakibatkan naiknya suhu di Bumi.

Dampak pemanasan global adalah pemanasan global telah mencairkan es daratan dan menghangatkan lautan, menyebabkan permukaan laut naik di seluruh dunia. Hal ini membuat jutaan orang lebih rentan terhadap banjir dan kerusakan properti. Hal ini juga mengancam lahan pertanian, sumber air bersih, habitat satwa liar, dan hal-hal penting seperti listrik dan jaringan internet.

Pengertian Perubahan Iklim 

Perubahan iklim adalah terjadinya modifikasi iklim bumi, akibat adanya perubahan di atmosfer serta interaksi antara atmosfer dan berbagai faktor geologi, kimia, biologi, dan geografis lainnya di dalam sistem Bumi.

Dampak perubahan iklim adalah terjadinya perubahan dan variasi siklus iklim/musim di beberapa daerah. Perubahan iklim telah mengakibatkan di beberapa daerah terjadi banjir tahunan, kekeringan berkepanjangan, kebakaran hutan, angin topan sampai gelombang panas. Bahkan, baru - baru ini di Gujarat Barat, India, ribuan burung berjatuhan dari langit karena kelelahan dan dehidrasi, akibat gelombang panas, karena suhu di India yang mencapai 46 °C.

Penyebab Pemasan Global dan Perubahan Iklim

Penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim adalah penggunaan bahan bakar fosil, seperti minyak bumi dan batubara secara berlebihan, sehingga meningkatkan emisi gas, seperti gas karbon dioksida (CO2), pembentuk utama lapisan efek rumah kaca yang dapat menyimpan panas berlebihan dan memantulkan panas yang berlebihan di muka Bumi, sehingga meningkatkan suhu rata - rata Bumi.

Menurut berbagai ahli, bahwa penyebab utama meningkatnya emisi gas rumah kaca adalah karena ulah atau kegiatan manusia, seperti penggunaan batubara, minyak dan gas bumi untuk menghasilkan listrik, gas dari kendaraan berbahan bakar bensin dan diesel, sampai kegiatan manusia yang menghabiskan energi listrik yang lebih banyak dan cepat.

Berdasarkan United Nations Act, kita dapat melakukan beberapa tindakan atau aksi untuk membantu mengatasi pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change) dari kebiasan yang kita lakukan setiap hari, Berikut daftarnya ;

1. Berjalan, Bersepeda atau Gunakan Transportasi Publik; 
gambar bersepeda dan berjalan kaki

Lebih sedikit populasi mobil dan kendaraan lainnya di jalanan, terutama kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil di seluruh dunia akan membantu mengurangi emisi, polusi dan dampak kesehatan terhadap publik.


2. Tingkatkan Peralatan Anda; 
gambar tekologi lampu led

Beralihlah ke peralatan penerangan atau bola lampu dengan teknologi LED dan listrik, peralatan rumah tangga yang lebih efisien energi akan mengurangi penggunaan energi dan emisi yang Anda hasilkan.


3. Pilih Produk Ramah Lingkungan; 
gambar produk ramah lingkungan

Belilah produk dari penjual setempat untuk mengurangi emisi transportasi dan pilih produk dari perusahaan yang berkomitmen terhadap keberlangsungan lingkungan.


4. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Nabati; 
gambar berbagai jenis makanan nabati

Memproduksi makanan berbasis tanaman secara umum memerlukan energi yang lebih sedikit, tanah, air dan menghasilkan emisi yang lebih sedikit dibandingkan daging dan produk turunan susu.


5. Turunkan Penggunaan Pemanas dan Pendingin Anda; 
gambar udara segar

Banyak teknologi pemanas dan pendingin menggunakan energi listrik yang berasal dari pembangkit listrik menggunakan bahan bakar dari batubara, minyak dan gas bumi. Baiknya menggunakan pendingin dan pemanas alami.


6. Meminimalkan Sisa Makanan; 
gambar sisa makanan

Membuang makanan dapat menghabiskan sumber daya dan energi yang digunakan untuk menumbuhkan, memproduksi dan menghantarkannya.


7. Kurangi Intensitas Penerbangan; 
gambar pertemuan virtual

Solusi untuk mengurangi penerbangan adalah bertemu secara virtual untuk keperluan bisnis jika memungkinkan dan pertimbangkanlah bepergian dengan menggunakan kereta untuk jarak jauh.


8. Mencuci dan Mengeringkan Pakaian Secara Manual; 
gambar mengeringkan pakaian

Mencuci baju dengan air dingin dan mengeringkannya di udara dan panas terik Matahari dapat mengurangi penggunaan energi listrik yang diperlukan untuk laundri (laundry).


9. Mengganti Sumber Energi Rumah Anda; 
gambar panel surya atap

Anda dapat bertanya kepada penyedia pasokan listrik tentang sumber energi baru terbarukan, dan mempertimbangkan pemasangan panel surya, seperti panel surya atap.


10. Beralih ke kendaraan Listrik; 
gambar mobil listrik

Kendaraan listrik dapat mengurangi polusi udara dan emisi yang lebih sedikit dibanding kendaraan yang menggunakan tenaga dari bensin dan diesel.

Saat ini, fokus dari seluruh dunia adalah mencegah dan menjaga perubahan suhu dibawah 1,5°C (2,7°F). Usaha untuk mencegah pemanasan melebihi 1,5°C (2,7°F) kita perlu mengurangi emisi sebesar 7,6% setiap tahun hingga tahun 2030. 10 tindakan yang dianjurkan oleh Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) ini diharapkan dapat membantu pemerintah dan badan yang telah dibentuk untuk mencegah dan menghentikan pemanasan global.

Penutup

Salah satu wujud nyata usaha yang harus dan sedang dilakukan oleh berbagai negara adalah transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT) untuk menurunkan produksi emisi gas rumah kaca. Masalah perubahan iklim dan transisi energi dari fosil ke energi terbarukan juga akan menjadi isu utama yang akan dibahas di KTT G20 ke 17 yang akan berlangsung pada 15 -16 November di Bali, Indonesia.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai “ 10 Tindakan Mengatasi Pemanasan Global di Kehidupan Sehari - hari “ Semoga Bermanfaat.

Dp.


#pemanasanglobal #perubahaniklim #10tindakan 
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "10 Tindakan Mengatasi Pemanasan Global di Kehidupan Sehari - hari Anda"