Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Produsen Mobil Listrik Terbesar di Dunia

gambar pengisian baterai mobil listrik

“ Mobil listrik diprediksi akan menjadi mobil di masa depan. Mobil listrik akan menggantikan jenis mobil yang menggunakan bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, yang diperkirakan cadangannya akan habis dan menjadi salah satu penyebab meningkatnya produksi gas CO2, yang menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim “


Mobil listrik adalah mobil yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Menurut International Standard (ISO 8713:2002), mobil listrik dikenal dalam istilah electric road vehicles yang di Amerika dikembangkan menjadi dua (2) jenis, yaitu zero emission vehicles (ZEV) dan low emission vehicles (LEV).

Mobil listrik yang dikategorikan menjadi zero emission vehicles adalah mobil baterai (battery operate) dan mobil fuel cell. Sedangkan yang dikategorikan menjadi LEV adalah mobil yang sistem penggeraknya memadukan antara mesin konvensional dengan motor listrik (mobil hibrida).

Mobil listrik yang berada di pasaran saat ini adalah jenis mobil bertenaga listrik yang menggunakan jenis baterai Lithium-Ion. Baterai Lithium-Ion adalah baterai yang dapat menyimpan dan mengalirkan energi listrik (isi ulang). Baterai lithium-ion, biasanya ditanamkan pada peralatan elektronik, seperti smartphone, laptop dan kamera digital model terbaru.

Salah satu alasan mobil listrik diminati adalah kemungkinan kendaraan di masa depan akan beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil (minyak bumi) ke kendaraan yang menggunakan tenaga listrik. Mobil listrik juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi produksi gas CO2, yaitu gas pembentuk efek rumah kaca yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim di Bumi.

Pabrikan Mobil Listrik Terbesar di Dunia

Para pengusaha dan produsen kendaraan mobil dunia telah melihat prospek mobil listrik di masa depan sebagai bisnis yang sangat menjanjikan dan sangat menguntungkan, terutama produsen mobil listrik Tesla yang pertama kali mendesain dan memproduksi mobil listrik secara komersial. Berikut 5 daftar produsen mobil listrik terbesar di dunia, berdasarkan volume pengiriman mobil listrik kepada konsumen.

1. Tesla

gambar mobil listrik tesla model 3

Mobil listrik Tesla adalah pembuat kendaraan listrik (electric vehicle) terbesar di dunia. Pabrikan mobil listrik Tesla berasal dari Amerika Serikat dan memiliki gedung pabrik terbesar di Austin, Texas, US. Pada tahun 2021 jumlah total produksi mobil listrik Tesla mencapai
936.000 unit, menguasai hampir 30% pangsa pasar mobil listrik dunia. Tesla Model 3 adalah model yang paling banyak diminati konsumen dan menguasai 12% pangsa pasar dunia. Model Y adalah mobil listrik terlaris kedua dari pabrikan mobil listrik Tesla.

2. SAIC Motor

gambar wuling hongguang mini eve

SAIC Motor adalah produsen mobil listrik paling populer dari China. SAIC Motor merupakan bagian dari Grup pembuat mobil SAIC-GM-Wuling yang lisensinya telah dibeli dari pembuat mobil Inggris MG Motor. SAIC Motor menduduki posisi kedua sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia setelah Tesla. Pada tahun 2021, pabrikan ini berhasil menjual mobil listrik sebesar 601.000 unit. Model yang paling laris adalah model mobil listrik Wuling HongGuang Mini EV. Produsen mobil listrik ini masih menguasai penuh pasar mobil listrik di China, mengalahkan Tesla.


3. Grup Volkswagen

gambar mobil listrik Volkswagen

Produsen mobil raksasa Jerman, Volkswagen menempati urutan ketiga sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia. Produksi mobil di segmen bahan bakar fosil, Volkswagen masih  menempati posisi pertama. Tahun lalu, Volkswagen berhasil mengirimkan mobil listriknya ke konsumen sebanyak 369.000 unit. Diperkirakan Volkswagen memegang 10% pangsa pasar kendaraan listrik dunia.


4. BYD

gambar mobil listrik BYD

Merek mobil listrik kedua yang populer di China adalah BYD dan menempati urutan keempat sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia. Pada tahun 2021, BYD berhasil menjual 320.810 unit mobil listrik. Selain itu, BYD juga memproduksi jenis Bus dan Truk bertenaga listrik. Selain di China, mobil listrik buatan BYD juga sangat diminati di pasar India.


5. Hyundai Motor

gambar mobil listrik kona

Hyundai motor dikenal sebagai pabrikan mobil raksasa dunia yang berasal dari Benua Asia. Hyundai menempati posisi kelima sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia. Pada tahun 2021 Hyundai berhasil mengirimkan mobil listrik ke konsumen sebanyak 160.000 unit. Model mobil listrik yang sangat besar penjualannya adalah Hyundai Kona, yang juga sudah masuk pasar Indonesia. Hyundai memiliki 5% pangsa pasar mobil listrik dunia.

Mobil Listrik Indonesia

Produsen mobil listrik Indonesia sampai saat ini belum ada yang memproduksi jenis mobil listrik. Produsen mobil di Indonesia masih di dominasi oleh produk mobil dengan bahan bakar minyak. Produk mobil listrik yang tersedia di Indonesia saat ini masih diimpor dari luar negeri. Mobil listrik yang banyak menghiasi otomotif dalam negeri masih di dominasi oleh mobil listrik Tesla dan mobil listrik Hyundai. 

Penutup

Kendaraan listrik, termasuk mobil listrik, merupakan kendaraan yang menggunakan tenaga listrik, yang diprediksi akan menggeser kendaraan yang bertenaga bahan bakar minyak. Peralihan kendaraan bahan bakar fosil ke tenaga listrik, akibat faktor cadangan bahan bakar fosil yang sudah menipis dan akhirnya habis. Selain itu, faktor pemanasan global dan perubahan cuaca yang sudah sangat mengancam kehidupan di Bumi.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ Top 5 Produsen Mobil Listrik Terbesar di Dunia “ Semoga Bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "Top 5 Produsen Mobil Listrik Terbesar di Dunia"