Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Karyawan di Industri Pertambangan Terbaru

gambar pekerja di daerah operasi pertambangan

" Berdasarkan laporan situs lowongan kerja "Jobstreet", gaji karyawan di industri pertambangan menempati posisi kedua sebagai gaji tertinggi di Indonesia tahun 2022, sama seperti tahun -tahun sebelumnya yang selalu menempatkan industri pertambangan dengan tawaran gaji yang besar " 

Situs pencari kerja Jobstreet, baru saja merilis laporan peringkat gaji pekerja tertinggi di Indonesia tahun 2022. Pada laporan tersebut juga mengurutkan industri pekerjaan yang memiliki standar gaji tertinggi di Indonesia.

Posisi pertama industri dengan gaji tertinggi di Indonesia ditempati oleh industri komputer atau teknologi informasi, kemudian menyusul industri pertambangan di posisi kedua dan posisi ketiga ditempati industri konsultasi.

Dunia Kerja Industri Pertambangan

Bekerja di dunia pertambangan adalah salah satu pekerjaan idaman semua orang, terutama yang baru lulus dari perguruan tinggi, dengan tujuan bekerja di perusahaan pertambangan akan menawarkan gaji yang sangat besar.

Industri pertambangan di Indonesia secara umum dibagi dalam 2 (dua) sektor, pertama pertambangan sektor minyak dan gas (migas) dan pertambangan sektor mineral dan batubara atau sering disingkat dengan minerba.

Pertambangan minyak dan gas adalah pertambangan yang menggali sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas alam. Perusahaan pertambangan migas di Indonesia yang paling dikenal, seperti Pertamina, Chevron dan Total E&P.

Sedangkan, pertambangan mineral dan batubara, yaitu pertambangan yang menggali sumber daya alam berupa logam, batubara dan bahan galian industri. Bahan galian industri berupa batu gamping, sebagai bahan baku semen.

Perusahaan pertambangan logam besar di Indonesia, yaitu PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Aneka Tambang (ANTAM), PT Vale Indonesia (INCO). Perusahaan pertambangan Batubara terbesar di Indonesia antara lain PT Arutmin, PT Kaltim Prima Coal (KPC), PT Adaro Indonesia.

Pertambangan bahan galian industri adalah tambang yang menggali sumber daya untuk menyediakan bahan baku kebutuhan industri. Salah satu bahan galian industri yang paling besar di tambang adalah Batu Gamping. Batu gamping adalah bahan baku utama pembuat semen. Perusahaan produsen semen PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, PT Holcim, memiliki divisi pertambangan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku semen.

Lulusan di Industri Pertambangan

Industri pertambangan adalah industri yang membutuhkan semua jurusan pendidikan, sehingga bisa dikatakan sektor pertambangan adalah industri yang sangat kompleks, karena melibatkan dan membutuhkan semua keahlian.

Jurusan yang paling dibutuhkan di industri pertambangan antara lain Jurusan Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Teknik Metalurgi, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Lingkungan Hidup, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sampai Jurusan bidang kesehatan, seperti Dokter dan Perawat.
gambar seorang wanita bekerja di sektor pertambangan
Ditambah lagi, industri pertambangan adalah industri yang membutuhkan semua jenjang pendidikan atau tidak hanya membutuhkan lulusan perguruan tinggi (universitas). Di level pekerjaan sopir, operator alat berat dan helper, membutuhkan lulusan dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan jumlah yang sangat banyak.

Berapa Gaji Pekerja di Sektor Pertambangan

Laporan gaji tertinggi di Indonesia tahun 2022 versi Jobstreet, menempatkan industri pertambangan sebagai industri yang memberikan gaji tertinggi kedua. Sedangkan, gaji posisi Manager di Pertambangan, menempati posisi tertinggi dari industri lainnya. Berikut adalah daftar posisi pekerjaan dan gaji yang ditawarkan di sektor pertambangan.
1. Tingkat awal dengan gaji Rp 5.000.000,-
2. Eksekutif Junior dengan gaji Rp 6.500.000,-
3. Supervisor dengan gaji Rp 9.600.000,-
4. Manager dengan gaji Rp 17.500.000,-
5. Manajemen Level C dengan Gaji Rp. 35.500.000,-

Tingkat awal atau lulusan baru (freshgraduate) yang melamar dan mendapat pekerjaan di sektor pertambangan akan mendapatkan gaji sekitar Rp 5 juta rupiah. Gaji tersebut bisa dikatakan cukup tinggi, bila dibandingkan dengan sektor industri lainnya, terutama standar gaji di Indonesia.

Gaji yang sangat tinggi di industri pertambangan sebanding dengan kondisi dan lokasi pertambangan yang biasanya jauh dari keramaian atau bersedia ditempatkan di daerah terpencil (remote area)

Selain itu, dibutuhkan konsentrasi dan kondisi tubuh yang sehat dan fit, karena medan pekerjaan yang selalu berada di daerah yang penuh dengan tantangan alam dan alat berat yang memiliki ukuran yang sangat besar dan tentu lokasi pekerjaan jauh dari keluarga tercinta.

Penutup

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat besar, mulai dari mineral logam dan batubara, minyak dan gas bumi sampai bahan galian industri, bahan baku semen. Sehingga tidak salah banyak perusahaan pertambangan berinvestasi di Indonesia untuk menggali sumber daya alam dengan menawarkan gaji tinggi bagi pekerjanya.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ Gaji Karyawan di Industri Pertambangan Terbaru  “ Semoga Bermanfaat.

Dp.

#gaji #pertambangan #industri #tinggi
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Gaji Karyawan di Industri Pertambangan Terbaru"