Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Listrik dari Atap Rumah Anda

gambar plts atap rumah

" Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, pasokan listrik beberapa rumah tangga dan gedung perkantoran, telah memanfaatkan atap gedung dan rumahnya untuk mendapatkan tambahan pasokan listrik. Teknologi ini sering disebut dengan plts atap atau panel surya atap "

Bukan seperti berita tentang listrik dari pohon kedondong, yang sempat heboh beritanya pada tahun 2017. Diyakini pohon kedondong dapat menghasilkan energi listrik, nyatanya penemuan itu hanya tinggal cerita, karena tidak terbukti pohon kedondong dapat menghasilkan listrik.

Cara mendapatkan energi listrik dari atap rumah disebut dengan PLTS Atap atau Panel Surya Atap. PLTS atap adalah teknologi yang memanfaatkan sinar matahari (radiasi), menjadi energi listrik. Dengan memasang modul panel surya pada atap rumah/gedung/kantor anda, maka alat tersebut akan mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Listrik yang dihasilkan dari PLTS atap dapat dimanfaatkan sebagai cadangan atau sebagai pengganti ganset, bila sewaktu - waktu arus listrik dari PLN padam. PLTS atap, arus listriknya dapat disimpan di dalam baterai jenis lithium-ion.

Definisi PLTS 

PLTS adalah singkatan dari pembangkit listrik tenaga surya. Pengertian PLTS adalah sistem pembangkit listrik yang energinya bersumber dari radiasi matahari, melalui konversi sel fotovoltaik. Sistem fotovoltaik mengubah radiasi matahari menjadi listrik (SNI 839:2017). Semakin tinggi tingkat radiasi (iradiasi) matahari, maka semakin tinggi daya listrik yang dihasilkan.

PLTS terdiri dari sel surya, modul surya dan panel surya. Sel surya adalah bahan semikonduktor yang apabila terpapar sinar matahari akan menghasilkan listrik.

Modul surya adalah suatu alat yang terdiri dari sel surya yang berfungsi untuk mengubah cahaya matahari menjadi listrik, sedangkan panel surya adalah rangkaian modul surya yang tersusun sesuai dengan sistem PLTS yang dirancang.

Apakah itu PLTS Atap

PLTS atap adalah proses pembangkitan tenaga listrik yang menggunakan modul fotovoltaik, yang diletakkan di atap, dinding atau bagian lain dari bangunan milik pelanggan PLN. Secara umum PLTS atap memiliki mekanisme dan komponen utama (Peraturan Menteri ESDM No. 49 tahun 2018, Permen No.13, Permen No.16 tahun 2019).

Sedangkan, panel surya adalah alat yang mengkonversi energi matahari menjadi listrik. Panel surya menghasilkan listrik jenis DC. Agar listrik dapat dialirkan atau digunakan, maka terlebih dahulu arus DC diubah menjadi listrik AC melalui Inverter.

Panduan Pemasangan PLTS Atap

Jika anda berniat memasang plts atap di gedung kantor atau atap rumah anda, baca dulu petunjuk berdasarkan Peraturan Menteri ESDM tentang PLTS atap. Berikut adalah panduan singkat proses pendaftaran dan pemasangan PLTS atap dari perspektif pelanggan PLN atau pemilik rumah/bangunan/gedung.

1. Memeriksa kondisi rumah/bangunan/gedung

  • Apakah ada bagian atap/dinding/lahan parkir yang dapat dipasang panel surya dan tidak terhalang bayangan sepanjang siang hari?

  1. Jika atap datar, pemasangan panel surya akan lebih mudah 
  2. jika atap miring, pemasangan panel surya pada sisi utara dan selatan akan lebih optimal
  3. jika atap miring pada sisi timur dan barat, maka mungkin diperlukan tambahan konstruksi penyangga panel surya supaya berfungsi optimal
  • Apakah kondisi struktur atap cukup kuat untuk menahan beban tambahan panel surya? Selanjutnya kontraktor atau lembaga penyedia jasa PLTS akan membantu anda.
2. Memeriksa dan mengkomunikasikan rencana pemasangan PLTS atap kepada PLN
  • Catatlah nomor ID pelanggan anda, dan informasikan kepada PLN bahwa anda berencana memasang PLTS atap
  • Tanyakan persyaratan untuk memasang PLTS atap pada rumah/bangunan/gedung anda. Misalnya, pelanggan dengan PLTS atap harus merupakan pelanggan pasca bayar. Jika anda adalah pelanggan pra-bayar, maka proses pendaftaran PLTS atap akan dilakukan perubahan menjadi pelanggan pasca bayar.
  • Mintalah formulir-formulir terkait yang perlu dilengkapi dalam proses pengajuan pemasangan PLTS atap.
  • Mintakan rekomendasi instalatur lokal yang dapat membantu anda memasang PLTS atap
3. Memilih lembaga instalasi listrik yang terdaftar
  • Pilihlah lembaga instalasi listrik yang tersertifikasi atau kontraktor yang direkomendasikan oleh PLN atau distributor panel surya yang sudah mempunyai pengalaman memasang PLTS atap.
  • Jika anda sudah memiliki kontraktor, maka proses selanjutnya (analisa, perancangan, perhitungan RAB, proses perizinan, pengurusan SLO, dan pemasangan) akan dilaksanakan oleh lembaga tersebut.
gambar pemasangan panel surya atap

Manfaat Memasang PLTS Atap

Apa saja manfaat jika anda berniat memasang PLTS atap rumah/bangunan/gedung anda. Inilah manfaat pemasangan PLTS atap atau panel surya atap.

  1. Menghemat tagihan listrik. Memasang PLTS atap berarti memiliki sumber energi listrik selain listrik PLN. Karena kebutuhan listrik dipenuhi oleh dua sumber, maka dengan memasang PLTS atap dapat membantu mengurangi tagihan listrik bulanan dari PLN.
  2. Aplikasi energi modern. Dengan memasang PLTS atap, kita berkontribusi dalam pemanfaatan dan pengolahan energi modern, yaitu sumber daya energi terbarukan yang tidak akan pernah habis. Mengingat sumber daya energi fosil (konvensional = minyak bumi) Indonesia diperkirakan akan habis pada 2030 (ESDM), 2018), maka menggerakkan untuk beralih ke energi modern menjadi strategis untuk ketahanan energi kita.
  3. Membantu mengurangi dampak perubahan iklim. Berbeda dengan energi fosil, pemanfaatan PLTS tidak menyumbang gas rumah kaca yang dapat meningkatkan suhu permukaan bumi. Secara tidak langsung, kita berkontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim, seperti banjir dan tanah longsor akibat curah hujan tinggi yang tidak dapat diprediksi, cuaca panas dan kekeringan ekstrim di beberapa lokasi, yang saat ini telah terjadi di Indonesia.

Untuk Siapa PLTS Atap

Sebelumnya, pada tahun 2013, PT PLN (Persero) telah mengatur pemasangan panel surya atap (PSA) dan transaksi energi listrik dari pengoperasian PSA secara paralel dengan sistem listrik PLN, oleh pelanggan PLN di luar Rumah Tangga. Setahun kemudian, lingkup pemasangan PSA dan transaksi listrik tersebut kemudian diperluas dengan mengizinkan pelanggan individu/rumah tangga untuk dapat mengaplikasikannya. 

Namun, berdasarkan Permen No.49 tahun 2018, yang diperbolehkan untuk memasang PLTS atap adalah pelanggan PT. PLN (Persero), baik dari sektor rumah tangga, bisnis, pemerintah, sosial maupun industri.

Biaya Pemasangan PLTS Atap

Harga panel surya untuk atap rumah biasanya tergantung dari luas modul dan panel surya dan jumlah peralatan pendukung yang akan dipasang rumah/bangunan/gedung. Namun, berdasarkan draft roadmap PLTS (EBTKE-KESDM), 2019, pada umumnya biaya investasi PLTS atap harga per kWp (kilowatt peak) adalah berkisar antara 14 juta rupiah hingga 25 juta rupiah. Dengan nilai tersebut diperkirakan akan mendapat pasokan listrik sebesar 1000 W/hari.

Kapasitas sistem PLTS atap dibatasi paling tinggi 100% (seratus persen) dari daya tersambung pelanggan PT.PLN (Persero). Sebagai contoh, jika daya listrik yang tersambung kedalam rumah anda RI/2.200 VA, maka daya tersambung maksimum yang diperbolehkan untuk PLTS atap adalah 2.200 Wp. Anda dapat menghitung berapa kapasitas terpasang PLTS atap menggunakan rumus menghitung daya dan energi panel surya.

Penutup

Selain menghemat pemakaian listrik dari Perusahaan Listrik Negara, PLTS atap juga salah satu alternatif untuk menjangkau masyarakat terutama di daerah pelosok yang belum mendapatkan aliran listrik. PLTS atap juga merupakan program pemerintah untuk menghasilkan listrik dari energi baru terbarukan (ebt).

Perlu juga diperhatikan bahwa PLTS atap menggunakan peralatan - peralatan yang akan dipasang di atap rumah/kantor/bangunan. Jadi, perlu dipastikan bahwa struktur bangunan rumah/kantor/bangunan anda kuat dan sesuai dengan kriteria teknis dari pemasangan PLTS atap.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ Cara Mendapatkan Listrik dari Atap Rumah Anda “ Semoga Bermanfaat.

Dp.

#pltsatap #ebt #listrik #panelsurya

Referensi:
Panduan Perencanaan dan Pemanfaatan PLTS Atap di Indonesia (USAID dan ESDM)
USGS (U.S. Geological Suvey).
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Listrik dari Atap Rumah Anda"