Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Batu Zeolit Memiliki Banyak Manfaat untuk Industri

gambar tambang kuari
" Penggunaan dan pemanfaatan zeolit di Indonesia masih dalam tahap pengembangan dan penelitian, namun di berbagai negara Eropa, Amerika Serikat dan Jepang, batu zeolit sudah dimanfaatkan secara luas, terutama untuk industri pertanian, peternakan, perikanan, manufaktur, konstruksi, bahkan energi listrik "

Zeolit adalah senyawa alumino silikat hidrat terhidrasi dari logam alkali dan alkali tanah (terutama Ca dan Na), memiliki rumus kimia Lm Alx Sig O2nH2, (L adalah kandungan logam). Sedangkan pengertian lain, zeolit alam adalah senyawa alumino silikat terhidrasi yang secara fisik dan kimia mempunyai kemampuan sebagai bahan penjerap (adsorpsi), penukaran kation, dan katalis.

Pembentukan Zeolit di Alam

Berdasarkan pembentukan secara geologi, zeolit terbentuk karena proses sedimentasi debu vulkanik pada lingkungan danau yang bersifat alkali (air asin), proses diagenetik (metamorfosa tingkat rendah), dan proses hidrotermal.

Penambangan Batu Zeolit

Endapan batu zeolit biasanya terbentuk di dekat dengan permukaan, sehingga rata - rata endapan zeolit dapat ditambang dengan cara tambang terbuka atau sistem kuari, karena keterdapatannya yang dekat dengan permukaan bumi.

Proses penambangan batu zeolit rata - rata menggunakan sistem tambang terbuka, jenis kuari. Batu zeolit dapat ditambang dengan menggunakan alat berat (alat mekanis tambang) atau dengan menggunakan sistem peledakan (blasting). Tahap penambangan batu zeolit, yaitu:
1. Pengelupasan tanah penutup (overburden).
2. Penggalian batu zeolit, menggunakan alat mekanis atau dengan peledakan.
3. Pemuatan dengan excavator (backhoe).
4. Pengangkutan.

Pengolahan Zeolit

Sebelum digunakan, zeolit diolah terlebih dahulu sesuai dengan penggunaannya. Secara umum, pengolahan zeolit bertujuan untuk mengubah ukuran dari batu zeolit sesuai dengan pemanfaatan zeolit tersebut. Zeolit biasanya diolah dengan proses peremukan dan penggerusan untuk memperoleh ukuran batu zeolit yang lebih kecil, seperti pasir zeolit dan batu zeolit.

Proses penggerusan menggunakan peralatan crusher dan screen (ayakan) akan mendapatkan ukuran produk zeolit 3 cm. Sedangkan dengan proses penggerusan, menggunakan peralatan hammer mill dan siklon, akan mendapatkan ukuran produk zeolit hingga 100 mesh.

Pengolahan selanjutnya dari zeolit adalah proses aktivasi. Proses aktivasi adalah pengolahan zeolit untuk meningkatkan sifat -sifat khusus zeolit dengan cara menghilangkan unsur -unsur pengotor (mineral penganggu) yang terdapat dalam zeolit. Proses aktivasi zeolit yang sering digunakan, yaitu dengan cara pemanasan dan cara kimia.

Pemanfaatan Zeolit

Zeolit semakin banyak dimanfaatkan dan digunakan di berbagai sektor industri. Sebelumnya, zeolit hanya terbatas sebagai bahan bangunan, seperti blok batu ringan, batu ukiran dan agregat beton ringan dan semen pozolan.

Pemanfaatan zeolit secara luas di berbagai industri diketahui, setelah dilakukan penelitian kandungan mineral zeolit melalui defraksi sinar-x (XRD) mikroskop elektron. Penggunaan zeolit didasarkan pada sifat - sifat zeolit, seperti penjerap, penukaran kation dan katalis.

Sejak zeolit diketahui memiliki banyak manfaat untuk berbagai industri melalui penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir, telah mengubah kedudukan zeolit dari mineral yang tidak memiliki nilai ekonomis menjadi bahan galian yang memiliki nilai ekonomis tinggi, jika dikembangkan.

Di bidang pertanian dan perkebunan, fungsi pasir zeolit adalah sebagai bahan pemantap tanah (soil conditioner), sebagai pembawa pupuk, pengontrol pelepasan ion NH4+ dan K+ dan sebagai pengontrol cadangan air. 

Sedangkan, di dalam bidang peternakan, zeolit berfungsi sebagai imbuh makanan ternak babi dan ayam. Zeolit yang diberikan ke ternak babi dan ayam, akan membuat ternak cepat besar dan memiliki bobot tubuh yang berat.

Zeolit di Bidang Industri

Di sektor perkebunan kepala sawit, khususnya dalam pengolahan CPO (crude palm oil), zeolit dipergunakan sebagai bahan penjernih minyak kepala sawit. Sedangkan pada industri pemurnian gas, zeolit digunakan dalam proses pemurnian gas methan (biogas), gas alam dan lain-lain.

Industri kertas, zeolit digunakan sebagai bahan pengisi (filler), dengan zeolit akan menghasilkan kertas bermutu tinggi. Di industri keramik, zeolit berfungsi untuk menjaga bentuk keramik tidak rusak atau berubah, selama proses pembakaran keramik.

Zeolit di Bidang Energi

Dalam proses gasifikasi batubara, zeolit digunakan sebagai katalisator proses gasifikasi batubara, terutama batubara yang memiliki kadar belerang dan nitrogen tinggi. Zeolit dapat membantu memperoleh gas batubara yang bersih, karena zeolit dapat menjerap unsur - unsur pengotor.
gambar modul surya plts
Dalam industri pemanfaatan energi matahari atau sering disebut dengan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Penggunaan zeolit pada modul atau panel surya, dapat menjerap panas secara merata kesegala arah, sehingga menghasilkan energi listrik dengan kapasitas yang besar.

Penutup

Penemuan penyebaran cadangan endapat zeolit belum diketahui jelas, karena penelitian sumber daya alam zeolit masih belum banyak dilakukan, namun terdapat beberapa daerah yang memiliki potensi cadangan zeolit yang sangat besar, seperti di Jawa Barat dan Lampung.

Zeolit adalah salah satu bahan galian industri yang memiliki prospek besar di masa depan, seiring penelitian, pengembangan dan teknologi zeolit yang semakin maju. Zeolit akan menjadi mineral yang bernilai ekonomis tinggi, karena pemanfaatannya yang semakin besar.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ Batu Zeolit Memiliki Banyak Manfaat untuk Industri “ Semoga Bermanfaat.

Dp.



#batuzeolit #zeolite #industri #pemanfaatanzeolit
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Batu Zeolit Memiliki Banyak Manfaat untuk Industri"