Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Berat Excavator Terbesar di Dunia, Optimus Prime di Dunia Nyata

gambar excavator komatsu pc 200

" Jika anda ingin melihat para pemain film transformers di dunia nyata, seperti robot Optimus Prime, maka anda dapat melihatnya langsung di lokasi pertambangan. Anda akan melihat alat berat excavator terbesar di dunia, yaitu Komatsu PC 8000 "

Lokasi pertambangan memang tempatnya peralatan mekanis yang memiliki ukuran yang sangat besar, alias berukuran raksasa. Tidak salah, bahwa alat berat yang digunakan di daerah pertambangan, ukurannya sebanding dengan robot - robot yang ada di film transformers.

Di lokasi pertambangan anda akan melihat truk tambang, dozer, excavator, dan lain sebagainya, yang memiliki ukuran tidak seperti umumnya kita jumpai. Seperti truk tambang Belaz 7571, yang mampu membawa muatan batuan atau bijih logam sampai 450 ton hanya dalam sekali angkut dan tinggi badan truk hampir 10 meter.

gambar truk tambang belaz mengangkut material

Fungsi Excavator di Pertambangan

Di dalam buku pemindahan tanah mekanis, fungsi excavator di lokasi pertambangan sangatlah dibutuhkan, dimana bahan yang akan digali pada proses pertambangan terdiri dari material batuan dan tanah, baik pertambangan bijih logam maupun batubara.

Fungsi utama excavator adalah sebagai alat muat, excavator bertugas untuk memuat atau memindahkan material batuan/batubara/tanah ke alat angkut, seperti truk tambang dan atau memindahkan ke tempat lokasi yang berbeda. Excavator juga dapat difungsikan untuk mengeruk material, jika material tersebut bersifat lunak, seperti tanah dan lapisan penutup lainnya.

Jika material bersifat keras, maka dianjurkan tidak menggunakan excavator untuk mengeruk material tersebut, karena akan merusak bucket eskavator tersebut. Dapat digantikan dengan proses peledakan, kemudian excavator akan menjadi pengumpul dan alat muat dari hasil peledakan material keras.

Alat Berat Excavator Terbesar di Dunia Terbaru

Perusahaan produsen peralatan mekanis, KOMATSU adalah perusahaan yang berasal dari Jepang, yang selama ini sebagai salah satu pemasok alat berat eksavator di industri pertambangan. KOMATSU menyediakan berbagai alat berat untuk sektor pertambangan seperti truk tambang, excavator, power shovel, grader, dozer dan lainnya.

Produk dari produsen KOMATSU excavator, terdiri dari PC 200 dengan ukuran kapasitas bucket mencapai 1 m3 (kubik meter), PC 300, PC 500, PC 200, PC 4000 sampai model KOMATSU excavator PC 8000. Perusahaan ini juga memiliki produk KOMATSU excavator mini, yaitu PC 18MR-3 dengan kapasitas bucket 0,04 m3.

Spesifikasi KOMATSU Excavator PC 8000

Excavator KOMATSU PC 8000 dibuat khusus untuk operasi daerah pertambangan yang dikenal memiliki sistem pemindahan tanah mekanis dengan jumlah yang sangat besar. Tambang emas paling besar di dunia, yaitu tambang emas Muruntau di Uzbekistan telah memindahkan 1,5 miliar kubik batuan dari tambang terbukanya, dalam kurun waktu 21 tahun.

gambar Excavator KOMATSU PC 8000 di lokasi pertambangan

PC 8000 memiliki bobot 777 ton, lebar 10 meter, tinggi 9,7 meter dan ditenagai mesin dengan kekuatan 3.000 kW (4,020 HP). Alat berat ini terdiri dari 2 tipe mesin penggerak, yaitu mesin penggerak dengan bahan bakar disel dan mesin penggerak listrik.

Spesifikasi yang paling penting untuk diketahui dari PC 8000, yaitu mempunyai kapasitas bucket 55 yd3 atau setara dengan 42 m3 (meter kubik). Excavator ini sangat cocok dipasangkan dengan truk tambang yang memiliki kapasitas angkut 240 sampai 400 ton. Maka, Excavator PC 8000 sangat sesuai dipasangkan dengan truk tambang KOMATSU 980E-5, yang memiliki kapasitas angkut 400 ton.

Penutup

Semakin besar ukuran dan kapasitas alat berat yang digunakan di lokasi pertambangan, maka produktivitas juga akan semakin meningkat. Produksi pertambangan akan semakin cepat atau singkat jika semakin cepat batuan mineral dan batubara diangkut dari perut bumi menuju permukaan. Namun, untuk meningkatkan produktivitas di pertambangan dibutuhkan investasi yang sangat besar, karena harga alat barat yang dibutuhkan sangat mahal.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ Alat Berat Excavator Terbesar di Dunia, Optimus Prime di Dunia Nyata “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Alat Berat Excavator Terbesar di Dunia, Optimus Prime di Dunia Nyata "