Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Jurusan Teknik Pertambangan

gambar seorang wanita bekerja di pertambangan

" Di Indonesia terdapat 5 perguruan tinggi yang memiliki program studi teknik pertambangan, jenjang strata-satu, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Jurusan Teknik pertambangan sangat dibutuhkan untuk mengisi pekerjaan di bidang industri pertambangan sampai di pemerintahan "

Perguruan tinggi di Indonesia telah melahirkan lulusan - lulusan handal di dalam bidang studi teknik pertambangan. Lulusan teknik pertambangan dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia telah mengisi jabatan pekerjaan strategis di Industri pertambangan dalam dan luar negeri.

Mengenal Teknik Pertambangan

Teknik pertambangan adalah disiplin ilmu teknik yang menerapkan teori, praktek, ilmu pengetahuan, teknologi dan aplikasi penggalian dan pengolahan mineral dari alam. Teknik pertambangan juga mencakup rekayasa pengolahan mineral menjadi nilai tambah.

Teknik pertambangan adalah bidang yang kompleks dan interdisipliner yang mencakup unsur-unsur geologi, teknik sipil, mekanik, dan material. Teknik pertambangan memastikan bahwa penambangan dilakukan secara efisien dan aman dengan tetap menjaga keberlanjutan dan dampak lingkungan yang minimal (Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung).

Lulusan teknik pertambangan akan mengisi posisi di perusahaan pertambangan, seperti tambang emas, batubara, nikel, besi, timah dan pertambangan minyak dan gas. Perusahaan pertambangan yang besar dan dikenal di Indonesia, seperti PT Freeport Indonesia, PT Aneka Tambang, PT Adaro dan PT Pertamina.

Apakah itu Pertambangan

Pertambangan adalah proses penggalian bahan berharga atau memiliki nilai ekonomis dari bumi. Beberapa bahan berharga yang ditambang antara lain, Emas, Batubara dan Nikel. Pertambangan adalah industri yang melibatkan semua disiplin ilmu, karena pertambangan bertugas untuk mencari, menggali, memproses sampai membuat bahan tersebut memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Program Studi Teknik Pertambangan di 5 Perguruan Tinggi 

Lulusan teknik pertambangan akan memiliki prospek kerja yang sangat besar di industri pertambangan, terutama di Indonesia memiliki banyak perusahaan pertambangan yang selalu membutuhkan keahlian dari teknik pertambangan. Apalagi bekerja di industri pertambangan dikenal memiliki standar gaji yang tinggi. Berikut adalah 5 perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi teknik pertambangan.

1. Program Studi Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Teknik Pertambangan ITB memiliki program studi teknik pertambangan dengan jenjang Strata-1 (S1). Teknik pertambangan ITB termasuk dalam fakultas teknik pertambangan dan teknik perminyakan.

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB mulai berdiri pada tahun 1948 - 1963, yang mana pada saat itu adalah tahap persiapan pembentukan teknik pertambangan dan perminyakan Institut Teknologi Bandung. Berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), teknik pertambangan ITB mendapat akreditasi A (unggul), yang berlaku mulai tahun 2020 sampai tahun 2025.


2. Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya (UNSRI)

Universitas Sriwijaya (UNSRI) adalah universitas negeri di Indonesia yang memiliki jurusan teknik pertambangan dengan tingkat Strata-1 (S1). Teknik pertambangan UNSRI berdiri pada tahun 29 Oktober 1960, yang pada saat itu UNSRI memiliki dua jurusan teknik, yaitu teknik pertambangan dan teknik sipil.

Teknik pertambangan UNSRI, didirikan di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Berdasarkan BAN-PT, teknik pertambangan UNSRI mendapat akreditasi B (baik). Teknik pertambangan UNSRI satu - satunya teknik pertambangan negeri yang berada di Pulau Sumatera.


3. Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional " Veteran" (UPN).

Universitas Pembangunan Nasional " Veteran " (UPN) adalah universitas negeri yang memiliki program studi teknik pertambangan yang terletak di Kota Yogyakarta. Pada tahun 2014 status UPN berubah menjadi universitas negeri, setelah sebelumnya berstatus universitas swasta.

Teknik pertambangan UPN didirikan padat tahun 1966. Sekarang, teknik pertambangan UPN memiliki akreditasi A (unggul). Teknik pertambangan bersama teknik geologi, perminyakan, lingkungan, geofisika, metalurgi, geomatika berada pada fakultas teknologi mineral Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.


4. Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Teknik Pertambangan Universitas Hasanuddin (UNHAS) adalah universitas negeri di Pulau Sulawesi, yang memiliki program studi teknik pertambangan dengan jenjang pendidikan Strata-1 (S1). Kampus ini terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, teknik pertambangan UNHAS memiliki akreditasi A (unggul).

5. Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti

Universitas Trisakti adalah perguruan tinggi swasta yang memiliki program studi teknik pertambangan yang terletak di Kota Jakarta dengan jenjang pendidikan teknik pertambangan Strata-1 (S1) dengan akreditasi B (Baik)Program studi teknik pertambangan Trisakti berdiri pada tanggal 18 Mei 1994. Selain memiliki jurusan teknik pertambangan, Universitas Trisakti juga memiliki program studi teknik Geologi.

Penutup

Selain memiliki prospek lapangan kerja yang cukup besar di Industri pertambangan. Gaji pertambangan, berada di posisi kedua yang memiliki gaji tertinggi di Indonesia. Beberapa propek kerja lain yang membutuhkan teknik pertambangan antara lain, perusahaan ala berat, perusahaan semen, pertamina, pembangkit listrik, konsultan pertambangan dan perbankan sampai menjadi pegawai negeri sipil di pemerintahan.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ 5 Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Jurusan Teknik Pertambangan “ Semoga Bermanfaat.

Dp.


#pertambangan #teknikpertambangan #industripertambangan

Print Friendly and PDF

Post a Comment for "5 Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Jurusan Teknik Pertambangan"