Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wah! Cadangan Gas Bumi Rusia Terbesar di Dunia

gambar instalasi pertambangan migas lepas pantai
| Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Lepas Pantai (Offshore)

“ Selain memiliki jumlah rudal nuklir terbesar di dunia, Rusia juga memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat besar, Rusia menduduki posisi pertama sebagai negara pemilik cadangan terbukti gas bumi terbesar di dunia “


Selama ini, Rusia dikenal sebagai negara produsen peralatan persenjataan terbaik di dunia. Rusia memproduksi dan memiliki cadangan berbagai jenis senjata perang, kapal perang, pesawat tempur dan berbagai jenis tank tempur.

Berita terbaru Rusia, menyimpan 9.600 hulu ledak nuklir, seluruh hulu ledak nuklir ini dikendalikan oleh militer Rusia. Negara yang mampu menyaingi jumlah hulu ledak nuklir Rusia adalah Amerika Serikat dan NATO (North Atlantic Treaty Organization).

Selain memiliki berbagai peralatan persenjataan perang yang sangat besar dan juga canggih, Rusia juga disegani dunia, karena memiliki cadangan gas bumi (natural gas) terbesar di dunia dan salah satu negara pemilik cadangan uranium terbesar di dunia.

Cadangan Gas Bumi Rusia

Berdasarkan data dari Statista, pada tahun 2020, Rusia memiliki cadangan gas terbukti sebesar 37,4 triliun meter kubik, bertambah sekitar sekitar 3 triliun kubik meter dari pada sepuluh tahun yang lalu.

Sedangkan, posisi kedua pemilik cadangan gas alam terbesar di dunia ditempati oleh Iran, yaitu 32,1 triliun kubik meter dan posisi ketiga ditempati Qatar dengan jumlah cadangan 24,7 triliun kubik meter.

Walaupun Rusia memiliki cadangan gas bumi terbesar di dunia, dalam hal produksi gas bumi, Amerika Serikat masih menduduki peringkat pertama, yaitu jumlah produksi 915 miliar kubik meter, kemudian disusul oleh Rusia di peringkat kedua.

Pemanfaatan Gas Bumi Rusia

Sebagian besar cadangan gas alam yang dimiliki oleh Rusia dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik negaranya, melalui pembangkit listrik tenaga gas. Pada tahun 2020, Rusia menempati posisi kedua sebagai penghasil karbon monoksida (CO2) terbesar di dunia.

Selain membakar bahan bakar fosil, seperti gas untuk memenuhi kebutuhan listriknya, Rusia juga dikenal sebagai negara yang menghasilkan energi listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Di tanah Rusia terdapat 9% cadangan uranium dunia. Rusia menggunakan uranium untuk kebutuhan militer dan kebutuhan pembangkit listrik tenaga nuklir. Setiap tahunnya Rusia menghabiskan sekitar 5500 ton uranium.

Sebesar 43% pendapatan negara Rusia berasal dari kekayaan sumber daya alamnya, yaitu dari pertambangan minyak dan gas bumi. Kedua sumber daya alam ini dimiliki Rusia dengan jumlah yang sangat besar, sehingga Rusia sangat bergantung dengan industri minyak dan gas bumi.

Karena memiliki cadangan dan produksi gas yang sangat besar, Rusia menjadi pemimpin dalam hal ekspor gas bumi. Pada tahun 2020, hasil ekspor Rusia, mencapai 197,2 miliar kubik meter gas bumi, melalui pipa gas dan ekspor LNG (Liquid Natural Gas) atau gas cair, sebesar 40,4 miliar kubik, melalui pengapalan dengan kapal tanker.

Bahkan, negara besar yang berada di Uni Eropa, yakni Jerman, Italia, Polandia dan beberapa negara kecil lainnya, mengandalkan kebutuhan akan gasnya dari Rusia, melalui jaringan pipa gas, yang sering disebut dengan Nord Stream Pipeline.

Perusahaan Pertambangan Gas Bumi Rusia

Perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi yang berasal dari Rusia, sangat mendominasi kepemilikan dan produksi gas bumi di negara tersebut. Berikut adalah 5 perusahaan pertambangan migas Rusia, yang menambang gas alam Rusia.
1. Gazprom
Perusahaan ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Rusia. Gazprom adalah pemasok utama gas alam ke Eropa, yang menerima pendapatan 89% dari hasil ekspor gas bumi Rusia. Gazprom juga menjadi sponsor utama Liga Champions Eropa.

2. Rosneft
Perusahaan ini juga mayoritas sahamnya dikuasai oleh pemerintah Rusia. Merupakan salah satu perusahaan pemimpin produksi minyak dan gas bumi terbesar di dunia.

3. Lukoil
Perusahaan ini awalnya dikendalikan oleh pemerintah, namun saat ini perusahaan ini tidak di bawah kendali negara Rusia dan menjadi perusahaan produsen minyak dan gas terbesar kedua di Rusia.

4. Surgutneftegas
Perusahaan ini didirikan oleh gabungan perusahaan minyak dan gas bumi Rusia yang sudah kolaps. Perusahaan ini berhasil menjadi produsen minyak dan gas alam terbesar keenam di Rusia.

5. Novatek
Perusahaan ini menempati posisi kedua sebagai penghasil gas alam terbesar di Rusia, setelah Gazprom. Perusahaan ini memiliki cadangan ladang gas terbukti ketiga terbesar di dunia dibandingkan perusahaan-perusahaan produsen gas alam lainnya.

Penutup

Rusia sangat mengandalkan sumber daya alam yang dimilikinya untuk menjadi pemimpin ekonomi dunia, yaitu penguasa industri gas bumi, ditambah Rusia juga memimpin dalam hal menciptakan dan memproduksi peralatan perang yang dikenal canggih dan disegani banyak negara.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ Wah! Cadangan Gas Bumi Rusia Terbesar di Dunia “ Semoga Bermanfaat.

Dp.


#rusia #gasbumi #invasi
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Wah! Cadangan Gas Bumi Rusia Terbesar di Dunia"