Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Logam Paling Mahal di Dunia

gambar komponen kendaraan dari bahan baku logam
Salah satu penggunaan logam dalam industri otomotif

" Mungkin anda berpendapat bahwa logam, seperti emas, perak dan tembaga adalah logam yang paling mahal di muka bumi ini, namun jangan salah, masih ada logam yang paling mahal lagi, salah satunya adalah Rhodium "

Logam merupakan salah satu komponen utama di dalam perkembangan peradaban manusia. Perkembangan sektor industri apapun di dunia ini, terutama sektor industri teknologi, infrastruktur, semuanya membutuhkan logam sebagai bahan baku.

Apa itu Logam

Logam sudah ditambang dan digunakan sejak zaman purba kala untuk menunjang kehidupan manusia, terutama sebagai alat tukar dan perlengkapan perang dan berburu. Logam terbentuk dari hasil pembekuan cairan magma pada batuan dan logam hasil rekayasa ilmu pengetahuan.

Logam yang saat ini kita gunakan merupakan hasil pertambangan (mining) yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan yang tersebar di seluruh dunia. Perusahaan pertambangan bertugas untuk mencari (eksplorasi), menambang (eksploitasi), mengolah logam (metalurgi), sampai logam tersebut dapat kita nikmati menjadi barang jadi.

Apa Logam yang Paling Mahal di Dunia?

Nah, mungkin anda sudah tahu sedikit kira - kira apa itu logam. Selama ini kita lebih mengenal logam emas, nikel atau perak sebagai logam paling mahal, sebenarnya itu tidak salah, namun ada lagi logam yang paling mahal di muka bumi, yang tentu saja diperjualbelikan di pasar perdagangan logam dunia.

Berikut adalah 5 daftar logam yang paling mahal di dunia yang dikutip dari BullionByPost. Daftar urutan dibuat berdasarkan harga logam yang paling tinggi hingga paling rendah, Berikut daftarnya.

1.  Californium

gambar elemen californium

Di urutan pertama logam yang paling mahal di dunia ditempati oleh logam Californium. Logam ini sebenarnya bukan terbentuk dari hasil alami pada kerak bumi, namun merupakan logam ciptaan manusia. Logam ini mulai ditemukan pada tahun 1950, yang sebagian besar digunakan untuk industri medis, pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) dan penggunaan khusus lainnya.

Logam Californium menjadi sangat mahal karena logam ini sangat langka dan membutuhkan biaya pembuatan yang sangat mahal. Logam ini hanya dibuat dalam jumlah terbatas dan hanya dapat dibuat di laboratorium di Amerika Serikat dan Rusia.

Logam Californium memiliki harga £837,000,000/ozt, jika dikonversi ke rupiah maka harganya sekitar 16 Triliun Rupiah/ons (1 Poundsterling = 19.000 Rupiah).

2. Rhodium

gambar logam rhodium

Logam Rhodium ditemukan pada tahun 1803, penggunaannya sangat penting setelah logam Californium dan menempati urutan kedua sebagai logam paling mahal di dunia. Sama seperti logam lainnya, logam ini menjadi sangat mahal karena kelangkaannya, namun sangat dibutuhkan.

Logam Rhodium banyak digunakan sebagai pelapis perhiasan, terutama emas putih, dibidang lainnya, logam ini dibutuhkan untuk industri otomotif dan dalam bidang pencahayaan, karena logam ini memiliki sifat reflektif yang tinggi.

Logam Rhodium secara konsisten selalu berada di urutan kedua logam paling mahal di dunia. Harga logam Rhodium berada pada angka £12,129.23/ozt atau sekitar 240 Juta Rupiah/ons.

3. Iridium

gambar elemen iridium

Logam Iridium berada pada urutan ketiga logam paling mahal di muka bumi ini. Logam ini memiliki sifat sangat keras, rapuh, paling tahan korosi dan panas dari pada logam lainnya. Sifatnya yang tahan panas dan titik leleh yang tinggi, membuat logam ini sering digunakan untuk pembuatan busi dan sebagian dalam pembuatan peralatan elektronik.

Dari kelebihan sifat dan kelangkaannya, membuat logam ini menjadi sangat mahal. Semakin bertumbuhnya industri elektronik dan otomotif, diprediksi permintaan akan logam Iridium akan semakin meningkat. Logam Iridium memiliki harga £3,050/ozt atau sekitar 58 Juta Rupiah/ons.

4. Palladium

gambar logam palladium

Logam Palladium berada di urutan keempat sebagai logam paling mahal di dunia, yang ditemukan pada tahun 1803. Saat ini, logam Palladium semakin langka dan semakin mahal, makanya sering digantikan dengan perak dan platinum. 
Logam Palladium banyak digunakan pada industri otomotif mobil. Harga logam Palladium adalah £1,401/ozt atau sekitar 27 Juta Rupiah/ons.

5. Emas

gambar logam emas

Logam emas berada di urutan kelima sebagai logam paling mahal di dunia. Logam emas telah ditambang secara tradisional dan digunakan sejak zaman kuno. Emas memiliki kegunaan yang sangat banyak, mulai dari perhiasan, alat investasi, devisa negara sampai menjadi komponen peralatan elektronik. 

Logam emas memiliki sifat yang menjadi kelebihannya, yaitu tahan terhadap panas dan merupakan logam yang memiliki daya hantar listrik yang sangat baik. Penggunaannya yang sangat besar dan kelangkaannya membuat logam emas menjadi sangat mahal.

Harga logam emas berada di urutan kelima, yaitu berada pada angka £1,335/ozt  atau sekitar 25 Juta Rupiah/ons.

Penutup

Logam - logam ini memiliki harga yang sangat mahal karena memiliki tingkat kelangkaan yang sangat tinggi, namun sangat dibutuhkan didalam berbagai industri. Selain itu membutuhkan biaya yang sangat tinggi untuk proses penambangan sampai proses pengolahan sampai menjadi barang yang dapat dimanfaatkan.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai Top 5 Logam Paling Mahal di Dunia “ Semoga Bermanfaat.

Dp.

#logam #californium #paling #mahal #dunia
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Top 5 Logam Paling Mahal di Dunia"