Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghitung Daya dan Energi Panel Surya

gambar panel surya dipasang diatas bangunan perkantoran
| Radiasi Matahari dan Panel Surya
Panel surya (solar panel) adalah pembangkit listrik yang mengandalkan radiasi Matahari untuk menghasilkan listrik. Solar panel memanfaatkan sinar Matahari yang disebut dengan Foton (photons), untuk mengetuk elektron bebas atom untuk menghasilkan listrik, melalui sel fotovoltaik (Photovoltaic/PV), dalam bentuk arus langsung (direct current).

Besar kecilnya listrik yang dihasilkan solar panel tergantung dari radiasi Matahari dan luas penampang sel - sel fotovoltaik yang dipasang. Untuk skala kecil panel surya dapat dipasang di atap rumah, biasa disebut dengan solar panel atap rumah dan lampu jalan dengan teknologi solar panel, sebagai sumber listriknya.

Sedangkan, untuk skala yang lebih besar, panel surya membutuhkan lahan yang luas dan relatif datar untuk penempatan sel - sel fotovoltaik yang akan memiliki jumlah yang sangat banyak juga.

Selain, jumlah sel fotovoltaik dan luas lahan, dibutuhkan juga radiasi Matahari yang baik dan tidak sering terjadi cuaca ekstrim. Data radiasi Matahari, sering disebut global incident radiation, diperoleh dari penelitian melalui satelit, seperti data satelit yang dimiliki oleh Nasa

Rumus Menghitung Energi Fotovoltaik (PV) 

Untuk menghitung daya dan energi dari panel surya yang akan dipasang, baik dengan skala kecil dan skala besar, dapat dihitung dengan menggunakan rumus/formula sebagai berikut.

E = A x r x H x PR

Dimana :
E = Electric Energy PV (kWh/year)
A =  Total solar panel area (m²)
r = Solar panel yield (%)
H = Annual average irradiation on tilted panels (shading not included)
PR = Performance ratio, coefficient for losses (range between 0.9 and 0.5)

Keterangan :
E adalah jumlah listrik yang dihasilkan dalam satuan kWh/tahun
A adalah total luas penampang sel -sel fotovoltaik yang akan dipasang dalam satuan m².
r adalah efisiensi peralatan solar panel dalam satuan %
H adalah radiasi Matahari tahunan dalam satuan kWh/m²/tahun
PR adalah efisiensi yang sudah menjadi ketetapan antara 0.5 - 0.9.

Contoh Perhitungan Energi Fotovoltaik (PV)

Pada suatu daerah dilakukan penelitian untuk perencanaan pembangunan panel surya, maka dapat menggunakan rumus ini untuk menghitung energi tahunan yang akan dihasilkan, dimana diperoleh data - datanya sebagai berikut :

A = 20 m²
r = 15%
H = 1250 kWh/m²/tahun
PR = 0.75

Dengan menggunakan formula ini, diperoleh energi tahunan (E) dari panel surya tersebut sebesar 2811 kWh/tahun.

Menghitung Energi Fotovoltaik (PV) Menggunakan Excel

Anda juga dapat menggunakan rumus ini jika anda berniat menghitung energi tahunan dari solar panel yang akan anda pasang, dengan menggunakan rumus yang sudah dimodifikasi dengan program Excel, untuk memudahkan perhitungan. 

Anda hanya cukup mengganti nilai atau angka di kolom berwarna kuning, sesuai dengan angka yang anda peroleh pada saat penelitian, selebihnya, jangan mengganti nilai kolom hasil energi tahunan (kolom merah) dan nilai ketetapan (warna putih).


Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai " Menghitung Daya dan Energi Panel Surya " Semoga Tulisan ini Bermanfaat. 

Dp.

#daya #energi #surya #fotovoltaik
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Menghitung Daya dan Energi Panel Surya"