Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aspal dan Jenis Aspal Sirkuit Mandalika Lombok

gambar pekerja sedang melakukan pengaspalan
| Gambar Konstruksi Aspal

“ Penting anda tahu apa itu aspal dan jenis aspal apa yang digunakan di sirkuit Mandalika lombok, yang menjadi sorotan selama tes pramusim Motogp 2022, karena kualitas trek aspal tidak sesuai dengan keindahan alam dan megahnya sirkuit Mandalika "

Gelaran balap motor Motogp akan segera berlangsung pada tanggal 18 - 20 Maret 2022 di sirkuit Mandalika Lombok. Tes pramusim yang berlangsung pada tanggal 11 - 13 Februari lalu, telah sukses terlaksana dengan berbagai pujian dan juga kritikan.

Selama tes pramusim, para pembalap dan official memuji sirkuit Mandalika, sebagai sirkuit terindah di dunia. Selain itu, mereka juga memuji kinerja Indonesia yang dapat membangun sirkuit kelas dunia dalam waktu singkat.

Namun, selama dan setelah tes pramusim, para pembalap mengeluhkan kondisi lapisan permukaan aspal sirkuit yang tidak sesuai ekspektasi para pembalap, dimana permukaan trek sirkuit dipenuhi oleh kerikil dan abu, yang mengganggu jalannya balapan dan membahayakan pada raider.

Setelah tes pramusim selesai, segera dilakukan pemeriksaan kembali terhadap kualitas aspal yang dikeluhkan para pembalap. Hasilnya, selama balapan berlangsung, lapisan permukaan aspal banyak terkelupas akibat gesekan ban dengan permukaan aspal, sehingga menimbulkan tumpukan kerikil dan abu di permukaan trek.

Untuk mengantisipasi hal ini terjadi lagi, pihak Pertamina International Street Circuit, sebagai pengelola sirkuit, segara mengambil tindakan perbaikan dengan melakukan pengaspalan ulang, untuk meningkatkan kualitas aspal sirkuit, sehingga sesuai dengan standar dan keinginan para pembalap Motogp.

Profil Sirkuit Mandalika Lombok

Sirkuit Mandalika terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mandalika adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang akan menjadi kawasan wisata.

Untuk mendukung wisata Mandalika, pemerintah Indonesia membangun sirkuit untuk gelaran balap motor Motogp. Sirkuit Mandalika resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit, dengan nama seri balapan GRAND PRIX OF INDONESIA.

Trek Sirkuit Mandalika lombok, memiliki panjang 4,3 kilometer dan memiliki 17 tikungan, sedangkan jenis aspal sirkuit Mandalika menggunakan teknologi aspal Stone Mastic Asphalt (SMA). Selain itu, Untuk mendukung gelaran MotoGP dan Superbike, Kawasan Mandalika juga dibangun infrastruktur pendukung Seperti Bandara, Hotel yang bertaraf Internasional.

Nah, Sekarang, tahukah anda apa itu aspal, dari mana aspal itu, dan bagaimana aspal itu diperoleh dan berapa besar cadangan aspal yang dimiliki Indonesia?, karena aspal itu adalah salah satu kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

Definisi Aspal

Aspal adalah material berwarna hitam, dengan sementasi yang solid atau semi solid. Aspal memiliki sifat akan melunak jika dipanaskan dan akan menjadi solid atau padat setelah didinginkan. Di alam aspal ditemukan di ruang pori atau dari produk sampingan penyulingan minyak.

Secara geologi, aspal adalah bitumen yang terbentuk dari cairan hidrokarbon yang dapat dilebur (fusible) dan mencair (soluble) dalam karbon. Selain aspal yang termasuk kelompok ini adalah minyak bumi, aspalit dan mineral max (bahan baku lilin).

Jadi, aspal dapat ditemukan di permukaan bumi dalam bentuk batuan atau dari hasil penyulingan minyak bumi. Dalam penyulingan minyak bumi juga ditemukan bahan baku pembentuk lilin.


Aspal di dalam Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1980, dikategorikan sebagai bahan galian strategis atau bahan galian golongan A, yang artinya aspal adalah sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh negara dan memiliki dampak yang besar terhadap pembangunan negara.

Secara umum, aspal yang digunakan sampai saat ini untuk pelapis jalan raya, jalan tol sampai jalan sirkuit balap, dibedakan 2 jenis, yaitu:
1. Aspal Minyak
Aspal minyak adalah aspal yang diperoleh dari hasil penyulingan minyak bumi. Aspal minyak bumi diketahui memiliki kadar yang berbeda - beda, volume yang lebih besar dan lebih ekonomis dari pada aspal alam.

2. Aspal Alam
Sedangkan aspal adalah aspal yang terbentuk secara perlahan - lahan dari hasil fraksionasi alami minyak bumi di dekat permukaan bumi. Material aspal ini akan membentuk danau atau mengisi pori - pori celah batuan aspal.

Cadangan Aspal Indonesia

Cadangan aspal terbesar di Indonesia terdapat di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, yang pertama kali ditemukan pada awal abad ke 20. Aspal antara lain terdapat di Sampolawa sampai Teluk Lawela, aspal ini sering disebut dengan Asbuton (aspal buton).

Berdasarkan data, di Pulau Buton, terdapat 19 lapangan (blok) aspal besar dan kecil. Empat (4) lapangan dikatakan ekonomis, salah satunya lapangan Waisiu dengan cadangan sekitar 200.000 ton.

Kadar aspal di daerah ini memiliki kadar bitumen rata - rata 30%, dengan jumlah cadangan di Kabungka (4,5 juta ton, kadar 45%), Wariti (600.000 ton, kadar 30%), dan lapangan Lawela (20.000 ton, kadar 35%).

Mengenal Aspal Sirkuit Mandalika

Berdasarkan data dari Pertamina Mandalika International Street Circuit dan Pembangunan Perumahan Persero (PP) selaku kontraktor pengerjaan lapisan aspal Sirkuit Mandalika, ada 3 jenis lapisan aspal yang digunakan Sirkuit Mandalika Lombok, yaitu;

1. Wearing Course
Wearing course adalah lapisan aspal yang terdiri dari Stone Mastic Asphalt (SMA), merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan aspal ini diklaim bisa memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan sirkuit agar tetap kuat.

2. Asphalt Concrete
Asphalt Concrete adalah lapisan ini harus memiliki ketebalan dan rigiditas yang cukup untuk mengurangi tegangan akibat beban lalu lintas yang akan diteruskan ke lapisan di bawahnya.

3. Base Course
Base Course adalah lapisan aspal bawah, berfungsi untuk memperkuat struktur lintasan utama, dimana lapisan ini menggunakan batuan yang berasal dari Lombok Utara, Lombok Timur, serta Palu.

Penutup

Suatu kebanggaan bagi Indonesia dapat membangun sirkuit kelas dunia yang banyak disanjung oleh dunia, sebagai salah satu sirkuit terbaik dan terindah di dunia. Ditambah lagi Indonesia dipercaya untuk menyelenggarakan balapan kelas dunia, seperti balapan motor Motogp 2022 dan Superbike di tahun 2021 lalu.

Kondisi aspal yang menjadi permasalahan dan keluhan dari para pembalap yang tidak nyaman dengan kondisi trek, yang disampaikan oleh Dorna, harusnya dapat diperbaiki secepat mungkin, agar gelaran balapan Motogp 2022 pada tanggal 18 - 20 Maret 2022 berjalan dengan lancar dan sukses.


Didukung oleh sumber daya alam yang besar dan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah dengan negara lain, harusnya segala hambatan dapat diatasi, agar kepercayaan negara lain terhadap Indonesia semakin tinggi dan membuat industri pariwisata Indonesia semakin maju.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ Aspal dan Jenis Aspal Sirkuit Mandalika Lombok “ Semoga Bermanfaat.

Dp.

#aspal #mandalika #buton #lombok
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Aspal dan Jenis Aspal Sirkuit Mandalika Lombok"