Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Truk Tambang Terbesar di Dunia, Daya Angkut Sampai Ratusan Ton

gambar truk tambang sedang membawa muatan batuan tambang

“ Truk tambang (mining dump truck) merupakan kebutuhan yang sangat vital di dalam industri pertambangan. Truk di lokasi pertambangan berfungsi untuk mengangkut material tambang, seperti bijih logam dan batubara, untuk dibawa ke lokasi pengolahan ataupun lokasi penimbunan sementara “


Dalam operasi tambang terbuka (mining surface), seperti tambang terbuka jenis Open Pit, dibutuhkan beberapa peralatan untuk menggali bahan tambang agar bisa diolah untuk kebutuhan manusia. Alat berat atau peralatan mekanis yang biasanya digunakan di dalam operasi pertambangan, seperti, Backhoe (Excavator), Power Shovel, Dragline, Dozer, Grader, Dump Truck, Articulated Dump Truck.

Siklus Kerja Tambang Terbuka

Siklus kerja di pertambangan, dimulai dari pembongkaran dengan menggunakan excavator atau sistem peledakan, kemudian material dimuat menggunakan excavator dan power shovel ke alat angkut, seperti truk tambang.

Truk tambang merupakan alat transportasi, untuk mengangkut material tambang, seperti bijih logam dan batubara. Selain, mengangkut bahan tambang, truk tambang juga berfungsi untuk mengangkut lapisan penutup, seperti overburden dan top soil ke lokasi yang telah ditentukan.

Ukuran Truk Tambang Super Besar

Alat angkut seperti dump truk tambang, biasanya memiliki ukuran badan dan ban truk yang sangat besar, ini dibutuhkan agar dapat mengatasi kondisi medan daerah pertambangan yang sangat ekstrim dan kondisi jalan yang tidak semulus jalan raya.

Ukuran truk tambang yang super besar, juga dibutuhkan agar dapat mengangkut material tambang dengan jumlah (tonase) yang besar juga. Truk tambang biasanya didesain dapat mengangkut material dari puluhan ton sampai ratusan ton dalam sekali angkut.

Harga Truk Tambang yang Mahal

Namun, dibalik ukuran truk tambang yang besar, harganya juga sangat fantastis. Harga truk tambang dapat dihargai mulai dari ratusan ribu sampai jutaan dollar (USD) per unit, tergantung spesifikasi dan merek. Selain itu, dibutuhkan biaya perawatan dan suku cadang yang sangat mahal.

Faktor ukuran truk tambang dan kondisi medan pertambangan yang ekstrim, dibutuhkan supir truk tambang yang handal, teruji dan berpengalaman untuk mengoperasikan truk tambang tersebut. Selain faktor keselamatan kerja, kecelakaan truk tambang dapat mengakibatkan kerugian perusahaan yang sangat besar.

Truk Tambang Terbaru Terbesar di Dunia

Jadi, truk tambang apa sajakah yang diproduksi dan biasanya digunakan di industri pertambangan, yang dikenal memiliki daya angkut yang sangat besar dan ukuran super besar, berikut daftarnya.

1. TRUK TAMBANG BELAZ-7571
gambar truk tambang kapasitas 450 ton
BELAZ-7571
Truk tambang model Belaz-7571, diproduksi oleh BELAZ, salah satu produsen peralatan transportasi dengan ukuran besar, terutama peralatan transportasi untuk pertambangan dan konstruksi, yang berasal dari Benua Eropa, Belarusia.


Truk ini diproduksi khusus untuk dioperasikan di tambang terbuka, baik pertambangan logam dan batubara. Mereka mengklaim, truk ini mampu beroperasi di suhu minus 50 derajat sampai diatas 50 derajat. Dipasang mesin dengan tenaga 2 x 1715 HP (Horse Power). Kapasita muatan dump truk ini mampu mengangkut material batuan sampai 450 ton.

2. TRUK TAMBANG HITACHI EH5000AC-3
gambar truk tambang kapasitas 326 ton
HITACHI EH5000AC-3
Truk tambang model HITACHI EH5000AC-3, diproduksi oleh produsen peralatan dan mesin konstruksi dan pertambangan HITACHI, yang berasal dari Jepang. Truk tambang ini didesain agar dapat mengangkut material pertambangan bijih logam dan batubara.


HITACHI mengklaim, truk ini merupakan truk pertambangan berteknologi paling maju di pasaran. Ditanamkan mesin dengan tenaga sebesar 2859 HP, dengan kapasitas muatan dump truck HITACHI EH5000AC-3 adalah 326 ton.


3. TRUK TAMBANG KOMATSU 980E-5
gambar truk tambang kapasitas 400 ton
KOMATSU 980E-5
Satu lagi produsen alat berat konstruksi dan pertambangan dari Jepang, yaitu KOMATSU, yang memproduksi truk tambang raksasa, yaitu model KOMATSU 980E-5. 
KOMATSU mengklaim, truk ini memiliki fitur hemat bahan bakar dan umur pemakaian yang lebih panjang. Truk tambang ini dibekali mesin tenaga 3500 HP, dengan kapasitas angkut material sampai 400 ton.

4. TRUK TAMBANG CATERPILLAR 798 AC
gambar truk tambang kapasitas 410 ton
CATERPILLAR 798 AC
Truk tambang model CATERPILLAR 798 AC diproduksi oleh perusahaan produsen peralatan pertambangan, konstruksi dan perkebunan CATERPILLAR (CAT), yang berasal dari Amerika Serikat (AS).


CAT mengklaim, truk ini memiliki kecepatan tinggi di tanjakan, perawatan yang lebih mudah, serta perlambatan elektrik dan kinerja rem yang sangat baik.Truk ini dilengkapi mesin tenaga 3500 HP, sehingga mampu mengangkut material batuan tambang mencapai 410 ton.


5. TRUK TAMBANG LIEBHERR T 284
gambar truk tambang kapasitas 363 ton
LIEBHERR T 284
Salah satu produsen truk tambang yang berasal dari Jerman, yaitu LIEBHERR, mendesain truk tambang model LIEBHERR T 284. LIEBHERR mengklaim, truk ini adalah truk tambang yang paling ringan di dunia. Dibekali mesin dengan tenaga 4000 Horse Power, dengan kapasitas angkut material tambang mencapai 363 ton.


Penutup

Ukuran dan spesifikasi truk tambang dapat menentukan produktivitas produksi tambang, jika truk tambang memiliki kapasitas daya angkut yang besar, perawatan berkala dengan baik, maka produksi penambangan semakin baik dan jumlah produksi semakin besar, sehingga menekan biaya (cost) penambangan. 

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai " 5 Truk Tambang Terbesar di Dunia, Kapasitas Angkut Sampai Ratusan ton ". Semoga Bermanfaat

Dp.

#truktambang #dumptruk #belaz #komatsu #caterpillar #liebherr #hitachi
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "5 Truk Tambang Terbesar di Dunia, Daya Angkut Sampai Ratusan Ton"