Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hoover Dam, Bendungan Pertama Terbesar di Dunia

gambar pemandangan infrastruktur bangunan bendungan hoover dam
| Landscape bendungan Hoover Dam dengan Danau (waduk) Mead yang ada di Hulu bendungan

“ Bendungan Hoover Dam di Amerika Serikat, memegang predikat sebagai bendungan terbesar pertama di dunia pada awal abad 20, sebelum predikat tersebut diambil oleh bendungan Three Gorges Dam di China

Bendungan dapat dimanfaatkan sebagai pengendali banjir pada daerah yang memiliki potensi banjir dan untuk irigasi pertanian. Selain itu, bendungan juga dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik dengan membangun fasilitas pembangkit listrik tenaga air .

Bendungan Hoover Dam dibangun atas gagasan pemerintah Amerika Serikat, dimana pada saat itu, kebutuhan akan energi listrik di negara tersebut sangat meningkat pesat, seiring bertumbuhnya berbagai industri, termasuk pertumbuhan penduduk.

Sejarah Pembangunan Bendungan Hoover Dam

Bendungan Hoover Dam dibangun untuk membendung laju deras air Sungai Colorado. Sungai Colorado dialiri air yang berasal dari Hulu sungai, yaitu dari Danau Mead. Sungai dan danau ini merupakan pembatas antara negara bagian Nevada dan Arizona.

Pembangunan Bendungan ini digagas oleh presiden Amerika Serikat pada saat itu, yaitu Presiden Calvin Coolidge pada tahun 1928, dimana pada saat itu kongres menyetujui pembangunan bendungan ini.

Enam (6) perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat berhasil memenangkan kontrak untuk pengerjaan proyek raksasa ini. Konstruksi bendungan ini dimulai pada bulan Maret 1931.

Proses Konstruksi Bendungan 

Konstruksi awal dari bendungan Hoover Dam dimulai dengan penggalian batuan dengan alat berat excavator dan dengan sistem peledakan pada batuan keras. Kurang lebih 1,3 juta kubik meter batuan dipindahkan, termasuk lapisan sedimen yang terdapat di bawah permukaan sungai, yang terdiri dari pasir dan lumpur.

Tujuan dari penggalian, yaitu untuk meletakkan pondasi pada bangunan bendungan dan bangunan pendukung lainnya, termasuk bangunan penstock (pipa pesat) dan power house (rumah pembangkit.

Dibutuhkan 3,3 juta kubik meter beton sebagai bahan utama penyusun bendungan dan bangunan pendukung lainnya yang bermaterial beton. Bendungan didesain dengan jenis bendungan Busur Beton (Arch Dam).

Bendungan ini memiliki ketebalan pada puncak bendungan 13,7 meter, sedangkan pada bagian bawah, dekat pondasi bendungan, memiliki ketebalan 201 meter. Sehingga dapat menahan bobot aliran sungai Colorado yang mencapai 5,5 juta ton.

Untuk membantu mendinginkan massa beton, dipasang pipa baja sepanjangan 950 kilometer yang dialiri oleh air pendingin, melalui 230 blok beton yang menyusun struktur bendungan Hoover Dam.

Durasi pengerjaan dari bendungan ini membutuhkan waktu sekitar 4 tahun, yaitu mulai konstruksi dari tahun 1931 sampai selesai pada tahun 1935. Pembukaan bendungan ini dilaksanakan pada 30 September 1935, dibuka langsung oleh Presiden saat itu, yaitu Presiden Roosevelt.

Tipe dan Kapasitas Terpasang Turbin

Pada tahun 1937, bendungan Hoover Dam mulai menghasilkan listrik, dimulai dengan pemasangan 3 generator dan turbin tipe Francis, kemudian dilanjut dengan pemasangan 14 turbin beberapa tahun kemudian.
gambar turbin dan generator bendungan hoover dam
| Turbin pembangkit listrik tenaga air Hoover dam yang berjumlah 17 turbin
Saat ini, jumlah turbin yang terpasang di bendungan ini mencapai 17 turbin. Awalnya kapasitas daya keluaran turbin adalah 1.344 GW, saat ini kapasitas terpasangan mencapai 2.078 GW. Listrik yang dihasilkan diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan akan di listrik di Las Vegas yang sangat besar.

Pemanfaatan Bendungan Hoover Dam

Awalnya bendungan Hoover Dam dibangun untuk pengendalian banjir yang sering terjadi di daerah tersebut dan sebagai sumber energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga air.

Saat ini, Bendungan Hoover Dam sudah menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di negara bagian Nevada. Pada bagian poros tengah bendungan dipasang lift, yang dapat ditumpangi manusia untuk membawa turun wisatawan untuk mencapai struktur paling bawah bendungan.

Selama bertahun - tahun bagian atas bendungan Hoover difungsikan sebagai jalan raya umum, untuk menghubungkan Negara bagian Nevada dan Arizona, sampai jalan tol dibangun pada tahun 2010, untuk menggantikan jalan tersebut.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai " Bendungan Hoover Dam, Bendungan Pertama Terbesar di Dunia " Semoga Bermanfaat.

Dp.

#bendungan #hooverdam
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Hoover Dam, Bendungan Pertama Terbesar di Dunia"