Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tambang Emas Muruntau, Pemilik Cadangan Emas Terbesar di Dunia

gambar aktivitas pertambangan metode tambang terbuka open pit
| Open Pit Tambang Emas Muruntau/Navoi mining and metallurgical combinat
" Tambang emas terbesar Muruntau di Uzbekistan, masih memegang predikat sebagai tambang emas terbesar di dunia saat ini. Baik dari segi cadangan bijih emas dan Open Pit Terbesar di dunia "

Tambang emas terbesar di dunia ini, terletak di gurun pasir Kyzylkum, Uzbekistan. Tambang emas Muruntau dioperasikan oleh Navoi mining and metallurgical combinat, salah satu perusahaan pertambangan produsen emas terbesar di dunia.

Para ahli geologi dan pertambangan dunia, mengakui bahwa tambang emas Muruntau memiliki cadangan dan luas operasi pertambangan terbesar di dunia saat ini.


Sejarah Penemuan Deposit Tambang Emas Muruntau

Deposit emas Muruntau ditemukan pertama kali oleh ahli geologi Uzbekistan, pada tahun 1965. Penambangan deposit dimulai pada tahun 1967, ditandai dengan produksi batangan emas, seberat 11 Kilogram.

Pada tahun 2020, tambang emas Muruntau berada di posisi kedua sebagai produsen emas terbesar di dunia, setelah tambang emas Nevada Gold Mine di Amerika Serikat.

Tambang Emas Muruntau Memiliki Cadangan Emas Terbesar di Dunia

Majalah kenamaan Forbes, menyatakan bahwa tambang emas Muruntau berada di posisi pertama sebagai pemilik cadangan emas terbesar di dunia. Tambang emas Muruntau diperkirakan memiliki cadangan emas sebesar 2,500 sampai 5,300 ton emas.

Sedangkan, di posisi kedua cadangan emas terbesar dimiliki tambang emas Grasberg di Papua, yang dioperasikan oleh Freeport Indonesia dengan saham dominan dimiliki pemerintah Indonesia.

Para ahli geologi dunia mengakui, bahwa cadangan tambang emas Muruntau diperkirakan mencapai 4,500 ton emas.

Update terakhir, produksi emas, tambang emas Muruntau tahun 2020, mencapai 66 ton emas. Nilai yang sangat fantastis, harga logam emas per ton hari ini $57.39 Million atau sekitar IDR 804 Miliar (kurs 1 dolar = 14.000).

Coba anda hitung sendiri berapa pendapatan mereka yang diperoleh dari tambang ini, dari produksi 66 ton emas dalam setahun.

Tambang Emas Terbesar di Dunia

gambar diameter lubang tambang open pit
| Tambang Emas Muruntau dilihat dari Satelit
Tambang emas Muruntau menggunakan metode tambang terbuka, jenis Open Pit. Metode tambang terbuka adalah metode pertambangan yang aktivitas penambangannya terjadi di permukaan dan berhubungan langsung dengan udara luar.

Sedangkan, metode tambang terbuka jenis Open Pit adalah metode pertambangan dengan cara menggali deposit emas menggunakan alat berat atau dengan sistem peledakan (blasting).

Tambang Terbuka Terdalam dan Diameter Paling Besar di Dunia

Tercatat pada tahun 2001, tambang emas Muruntau telah memindahkan massa batuan dari lubang tambang ini, yang mencapai 1 Miliar kubik batuan.

Mungkin, sampai sekarang ini diperkirakan sudah menggali dan memindahkan massa batuan 1,5 sampai 2 Miliar kubik batuan.

Data terakhir tambang emas Muruntau, tambang terbukanya memiliki panjang 4,3 km, lebar 3,2 km dan kedalaman lubang tambang 650 meter, lebih tinggi dari pada gedung Wisma 46 di Jakarta dengan tinggi 262 meter.

Para ahli geologi dan geoteknik tambang emas Muruntau, merencanakan kedalaman tambang ini mencapai 1.050 meter atau lebih dari 1 km. Menjadikannya sebagai tambang terbuka, paling luas dan paling dalam di dunia.

Penutup

Tambang emas Muruntau, memiliki cadangan emas terbesar di dunia saat ini. Dengan cadangan yang besar ini, tambang emas Muruntau akan menggenjot produksi emasnya untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Salah satu keuntungan dari tambang emas Muruntau adalah tambang ini dimiliki dan dikelola langsung oleh perusahaan pertambangan dari Uzbekistan. Sehingga keuntungan dari tambang emas ini, 100 persen dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah Uzbekistan.

Akankah rekor sebagai tambang emas dengan cadangan dan tambang terbuka terbesar di dunia yang dimiliki tambang ini akan terkalahkan?.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ Tambang Emas Muruntau, Pemilik Cadangan Emas Terbesar di Dunia “ Semoga Bermanfaat.

Dp.


Referensi;
Forbes
Navoi mining and metallurgical combinat (NMMC)
Satelitte Pro
Print Friendly and PDF

1 comment for "Tambang Emas Muruntau, Pemilik Cadangan Emas Terbesar di Dunia"

  1. Baru tahu sekarang cadangan emas paling besar ada di uzbekistan

    ReplyDelete