Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyelidikan Geologi Teknik Lokasi Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air

gambar palu geologi dan sampel batuan
| Palu geologi, salah satu peralatan pemetaan geologi didalam penyelidikan geologi
“ Penyelidikan geologi (geology investigation) adalah salah satu kajian teknis yang harus dipertimbangkan pada lokasi yang akan dibangun infrastruktur bangunan pendukung pembangkit listrik tenaga air “

Dibutuhkan perencanaan yang tepat dan detail sebelum adanya pembangunan fisik dilaksanakan. Salah satu standar yang harus dianalisa sebelum pondasi bangunan pembangkit listrik diletakkan adalah analisa kajian teknis. Penyelidikan geologi juga sebagai pertimbangan untuk landasan atau dasar pembuatan DED (Design Engineering Detail), termasuk biaya, kuantiti bahan dan peralatan.

Mengenal Ilmu Geologi

Geologi, berasal dari kata yunani, yang terdiri dari kata geos, yang artinya Bumi, sedangkan logos, yang artinya ilmu. Jadi geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang Bumi. Ilmu geologi, secara lengkapnya, mempelajari fenomena yang terjadi pada Bumi, serta mempelajari bahan penyusun atau pembentuk Bumi, seperti batuan, tanah, bentuk dan struktur Bumi.

Sedangkan, geoteknik (geologi teknik), sering juga disebut rekayasa geoteknik adalah cabang ilmu sipil yang memanfaatkan ilmu geologi, yang digunakan untuk menganalisa bagian bawah permukaan yang berhubungan dengan konstruksi sipil.

Latar Belakang Dilakukan Penyelidikan Geologi

Pembangunan infrastruktur pendukung pembangkit listrik tenaga air, biasanya dibangun dengan ketahanan yang lebih baik, karena direncanakan mampu bertahan dengan jangka waktu yang panjang. Terutama, bangunan PLTA biasanya dibangun di daerah yang berhubungan dengan kondisi alam yang kompleks. Rawan dengan pergerakan tanah atau longsor, kondisi daerah yang lembab atau basah dan struktur geologi yang dapat mempengaruhi ketahanan bangunan.

Secara umum, kajian teknis yang harus dipelajari, maupun yang harus dipertimbangkan di dalam membangun pembangkit listrik tenaga air, terdiri dari beberapa aspek, yaitu;
1. Kajian kelayakan teknis
2. Kajian kelayakan ekonomi
3. Kajian kelayakan keuangan
4. Kajian kelayakan lingkungan (environment)
Sedangkan, penyelidikan geologi lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga air, biasanya dikategorikan masuk kedalam kajian kelayakan teknis.

Penyelidikan geologi lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA), dilakukan oleh seorang atau beberapa geolog. Laporan penyelidikan geologi akan dituangkan di laporan studi kelayakan (feasibility study).

Data Pelengkap Penyelidikan Geologi

Penyelidikan geologi biasanya mempersiapkan beberapa data, berupa peta untuk dianalisis di atas meja dan dukungan data informasi ketiga berada di lokasi, yaitu;
1. Peta Topografi biasanya skala 1:25.000
2. Peta Geologi Regional dengan skala 1:250.000
3. Peta Zona Intensitas Seismik
Peta geologi adalah bentuk ungkapan data dan informasi geologi suatu daerah/wilayah/kawasan dengan tingkat kualitas berdasarkan skala. 
Peta geologi menggambarkan informasi sebaran dan jenis serta sifat batuan, umur, stratigrafi, struktur, tektonika, fisiografi dan sumber daya mineral serta energi.

Laporan pemboran geoteknik (core log) dapat dimanfaatkan sebagai data tambahan, jika pada daerah tersebut pernah dilakukan pemboran batuan/tanah, baik dari kalangan perusahaan swasta maupun dari pihak pemerintah.

Manfaat Penyelidikan Geologi

Penyelidikan geologi dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga air akan memberikan informasi yang berharga untuk merencanakan pembangunan fasilitas sipil. Informasi kondisi alam, keadaan tanah dan batuan, serta pergerakan tanah yang diperoleh dari studi geologi akan membantu dalam menentukan lokasi terbaik bagi pembangunan fasilitas sipil. 
gambar kondisi bawah permukaan pembangunan pembangkit listrik tenaga air
| Cross Section kondisi bawah permukaan, lengkap dengan jenis batuan, batas batuan dan elevasi
Disamping itu, informasi tersebut dapat membantu dalam merencanakan dan memprediksi biaya konstruksi serta perawatannya.  Penyelidikan geologi, lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga air juga bermanfaat memprediksi ancaman keselamatan kerja selama proses pembangunan berlangsung.

Apa Saja yang Dilakukan dan Informasi yang Diperoleh dari Penyelidikan Geologi

Hal utama yang dilakukan ketika penyelidikan geologi di lokasi adalah pemetaan geologi (mapping), yang bertujuan memetakan kondisi geologi daerah sekitar pembangunan PLTA. Pemetaan geologi akan memetakan kondisi batuan, tanah dan struktur yang terdapat di daerah rencana bendungan (dam), saluran pembawa air (waterway), pipas pesat (penstock) dan lokasi power house.

Jika dibutuhkan, dapat dilakukan pemboran tanah dan batuan, namun membutuhkan dana yang cukup besar. Biasanya kegiatan ini dapat digantikan dengan geolistrik (geoelectric), yang tujuannya untuk mengetahui kondisi bawah permukaan yang lebih spesifik. Penyelidikan geologi atau Studi geologi, meliputi pengumpulan data dan informasi tentang, sebagai berikut ;
1. Pergerakan permukaan yang mungkin terjadi, seperti : batuan dan permukaan tanah yang dapat bergerak bila turun hujan lebat, pergerakan air dan lumpur.
2. Pergerakan tanah bawah permukaan yang mungkin terjadi, seperti : gempa atau pun tanah longsor.
3. Tipe batuan, tanah dan pasir. Hal ini berguna untuk mendesain pondasi sipil yang cocok, dan material yang cocok dengan kondisi tertentu.

Penutup

Penyelidikan geologi merupakan cara manusia untuk mengantisipasi kejadian kondisi alam yang tidak dapat diprediksi dan kapan akan terjadi, namun dapat diantisipasi dengan mengandalkan ilmu pengetahuan yang sudah berkembang. Studi geologi sangat penting dilakukan, terutama yang berhubungan dengan konstruksi bangunan sipil, karena kita hidup dan berdiri di Bumi yang setiap saat dapat bergerak dan mengalami perubahan.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ Penyelidikan Geologi Teknik Lokasi Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

#geoteknik #PLTA #geologiteknik

2 comments for "Penyelidikan Geologi Teknik Lokasi Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air"

  1. Untuk studi geologi atau geoteknik bawah permukaan tanah plta, bagus juga menggunakan metode geolistrik

    ReplyDelete