Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Generator Pembangkit Listrik Tenaga Air

gambar generator turbin air
| Instalasi atau pemasangan Generator di salah bendungan pembangkit listrik tenaga air
“ Generator merupakan salah satu komponen atau peralatan utama di dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga air, untuk mengubah energi air menjadi energi listrik, selain komponen utama lainnya, seperti turbin “

Generator yang dimaksud disini adalah generator yang dipasang di turbin pembangkit listrik tenaga air (Hydroelectric Power Plant), khususnya pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH).

Generator dan turbin air adalah komponen yang tidak terpisahkan. Kedua komponen ini saling bekerjasama untuk menghasilkan energi listrik. Biasanya generator air ada berbagai jenis, ditinjau dari berbagai aspek.

Definisi Generator Turbin Air

Generator adalah komponen yang berfungsi merubah energi mekanik, berupa putaran menjadi energi listrik. Generator yang digunakan biasanya jenis arus bolak balik (AC) dengan frekuensi 50 Hz pada putaran 1500 rpm (Revolutions per Minute).

Biasanya energi listrik yang dihasilkan dapat berupa 1 fasa (2 kabel) atau 3 fasa (4 kabel) dengan tegangan 220/380 Volt. Generator diputar oleh turbin melalui kopel langsung atau melalui puley dan sabuk (belt).

Hubungan Generator dan Turbin Air

Turbin di pembangkit listrik tenaga air memiliki fungsi untuk mengubah aliran air atau energi air, dalam bentuk energi potensial dan kinetik menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran poros.

Putaran poros turbin ini akan diubah oleh generator menjadi listrik. Energi listrik yang dihasilkan dari generator biasanya akan diteruskan ke switchyard atau gardu induk, kemudian listrik didistribusikan ke konsumen.

Jenis Generator Air Berdasarkan Arah Porosnya

Berdasarkan arah porosnya, generator air dibagi dalam golongan poros datar (horizontal) dan golongan poros tegak (vertikal), berikut penjelasannya;

1. Generator Poros Datar
Golongan generator poros datar sangat sesuai diaplikasikan untuk mesin - mesin berdaya besar atau mesin - mesin berputaran rendah.

2. Generator Poros Tegak
Golongan ini sangat cocok digunakan untuk generator turbin air, karena golongan poros tegak memerlukan luas ruangan yang kecil dibandingkan dengan golongan poros datar.

Sedangkan, ditinjau dari segi letak bantalannya (bearing), Poros tegak dibagi kedalam empat bentuk, yaitu;
  • Bentuk biasa (conventional), yaitu dilengkapi dengan bantalan poros-dorong (thrust bearing) di atas rotor.
  • Bentuk payung (umbrella), yaitu dilengkapi dengan bantalan poros-dorong di bawah rotor.
  • Bentuk setengah-payung (semi-umbrella), yaitu dilengkapi dengan bantalan poros-dorong dan bantalan antar (guide bearing) bawah di bawah rotor dan bantalan antar atas di atas rotor.
  • Bentuk penunjang bawah (support type), yaitu dilengkapi dengan bantalan poros-dorong di atas tudung turbin air.
Berat dari generator turbin air berbeda - beda, tergantung dari perhitungan perencanaan, bahan, bahan, GD2 (efek roda gila), kecepatan lari turbin air, perbandingan hubungan-singkat dan faktor daya.

Jenis Generator Sinkron (Generators Synchronous)

Salah satu generator yang sering di instalasi di pembangkit listrik tenaga air adalah generator sinkron. Jenis generator ini merupakan jenis mesin listrik yang berfungsi untuk menghasilkan tegangan bolak - balik dengan cara mengubah energi mekanis menjadi energi listrik.
gambar letak pemasangan generator
| Pemasangan Generator Sinkron di pembangkit listrik/menzel-motors.com
Energi mekanis yang diperoleh dari putaran rotor yang digerakkan oleh penggerak mula (prime mover), sedangkan energi listrik diperoleh dari proses induksi elektromagnetik yang terjadi pada kumparan stator dan rotornya. 

Sedangkan komponen generator sinkron (Generator Synchronous), terdiri dari beberapa komponen, yaitu;
  1. Rangka Stator, yaitu rumah (kerangka) yang menyangga inti jangkar generator.
  2. Inti Stator, yaitu terbuat dari laminasi - laminasi baja campuran atau besi magnetik khusus yang terpasang ke rangka stator.
  3. Alur dan Gigi, yaitu tempat meletakkan kumparan stator, ada 3 jenis bentuk alur stator yaitu terbuka, setengah terbuka, dan tertutup.

Produsen Generator Pembangkit Listrik Tenaga Air

Semakin meningkatnya konsumsi energi listrik, maka dibutuhkan pembangunan pembangkit listrik, terutama pembangkit listrik yang bersumber dari energi baru terbarukan (renewable energy).

gambar generator produksi PT. Pindad (Persero)
| PT. Pindad (Persero), salah satu perusahaan dalam negeri yang memproduksi generator untuk pembangkit listrik/PT. Pindad
Maka, dibutuhkan suplai generator yang cukup besar juga, seiring peningkatan instalasi generator di setiap pembangkit listrik. 

Produsen generator yang cukup dikenal dan banyak dipasang di seluruh pembangkit listrik di seluruh dunia, antara lain, General Electric, Siemens dan Mitsubishi.

Hadir juga perusahaan - perusahaan produsen generator dari China dan India. Indonesia juga masuk pasar generator dalam negeri, melalui perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu generator yang diproduksi PT. Pindad (Persero).

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai “ Jenis Generator di Pembangkit Listrik Tenaga Air “ Semoga Bermanfaat.

Dp.

#generator #turbinair #plta
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Jenis Generator Pembangkit Listrik Tenaga Air"