Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Case 580 EV: Alat Berat Bertenaga Listrik Pertama di Dunia

gambar backhoe loader bertenaga listrik
| Case 580 EV (Electric Vehicle), Alat Berat Excavator Loader Bertenaga Listrik

“ Alat berat excavator mini Case 580 EV (Electric Vehicle) adalah salah satu excavator loader pertama di dunia yang sepenuhnya berbahan bakar listrik dengan menggunakan baterai lithium-ion “.

Produsen alat berat “CASE” baru saja memperkenalkan alat berat excavator loader mini yang memiliki fungsi sebagai Backhoe dan Loader (backhoe loader) bertenaga listrik, mereka menyebutnya sebagai “Project Zeus”. CASE, merupakan perusahaan produsen alat berat konstruksi yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Perusahaan ini telah memproduksi alat berat sejak tahun 1957. 

Case 580 EV, merupakan alat berat untuk solusi pengembangan alat berat konstruksi pemindahan tanah (earth movers), baik mengerjakan pekerjaan skala kecil sampai skala besar. 

Case 580 EV Salah Satu Excavator Mini

Namun, excavator Case 580 EV  ini masih dikategorikan sebagai excavator mini, karena ukurannya yang lebih kecil, yang hanya diperuntukkan untuk pengerjaan di daerah atau medan desa atau daerah perkotaan. 

Excavator mini Case 580 EV adalah excavator backhoe loader pertama di dunia yang ditenagai dengan sistem full listrik. Sehingga dikategorikan sebagai alat berat yang tidak menghasilkan emisi karbon atau zero emission.

Excavator yang Ramah Lingkungan

Seperti yang kita ketahui bersama, kendaraan roda empat atau lebih, yang kita gunakan sampai saat ini, masih menggunakan bahan bakar minyak, seperti bensin dan solar untuk energi penggeraknya.

Sama halnya dengan produsen alat berat (heavy equipment), seperti KOMATSU dan CATERPILLAR, memproduksi alat berat dengan mengkonsumsi bahan bakar minyak, seperti solar atau diesel.

Sebagai perbandingan, saat ini, Satu unit Excavator Komatsu PC 200 bisa menghabiskan ratusan liter minyak solar dan puluhan kilogram emisi gas karbon, seperti karbon monoksida dalam 1 hari jam kerja.

Untuk mendukung keberlanjutan energi di masa depan, Case 580 EV merupakan solusi untuk mengurangi emisi buangan gas karbon dan antisipasi habisnya bahan bakar fosil di masa depan.

Excavator Listrik Case 580 EV Ditanam Baterai Lithium-Ion

Case 580 EV ditanam baterai Lithium-Ion dengan kapasitas 480 volt, 90 kilowatt-jam yang dapat diisi dengan koneksi 220 volt/tiga fase. CASE mengklaim, sekali pengisian baterai Lithium-Ion di 580 EV dapat bertahan selama 8 jam kerja. Tenaga atau torsi yang dihasilkan dari alat berat tenaga listrik ini, sama dengan alat berat bertenaga diesel.
gambar excavator sedang memindahkan tanah
| Alat berat Backhoe Loader bertenaga listrik
Dengan teknologi alat berat bertenaga listrik, maka biaya perawatan dan servis akan lebih murah, karena perangkat dan peralatan mesin yang digunakan berbeda dengan alat berat bertenaga diesel.

Case 500 EV, selain penghematan bahan bakar minyak dan berkurangnya emisi gas buangan, juga dapat mengurangi polusi suara, karena berkurangnya suara bising yang menjadi ciri khas alat berat.

Alat berat Case 580 EV adalah salah satu inovasi dan teknologi yang sangat brilian dari Produsen alat berat konstruksi CASE. Mereka sangat mendukung dan peduli terhadap keberlanjutan energi di masa depan.

Penutup

Teknologi alat berat bertenaga listrik ini, harus dikembangkan lagi dan aplikasikan terhadap peralatan mekanis jenis lainnya. Terutama alat berat yang digunakan di proyek konstruksi dan pertambangan menuju zero emission dan mengurangi konsumsi bahan bakar yang berasal dari fosil.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian uraian singkat mengenai “ Case 580 EV: Alat Berat Bertenaga Listrik Pertama di Dunia “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

#excavatormini #baterai #listrik #lithiumion

Post a Comment for "Case 580 EV: Alat Berat Bertenaga Listrik Pertama di Dunia"