Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Negara Manakah Penghasil Listrik Terbesar dari Energi Baru Terbarukan Tahun 2021?

gambar logo pembangkit listrik energi baru terbarukan
Energi Terbarukan/Renewable Energy Icon
Persetujuan Paris/The Paris Agreement pada tahun 2015 bertujuan untuk mengatasi perubahan iklim dunia (climate change) dan pemanasan global. Tahap awal dari persetujuan ini, yaitu dengan mengurangi produksi emisi karbon dioksida.

Berdasarkan alasan tersebut, semua negara mengurangi bahkan menghentikan penggunaan bahan bakar fosil, seperti batubara, minyak dan gas bumi untuk penggunaan pembangkit listrik.

Sebagai alternatif untuk menggantikan bahan bakar yang berasal dari fosil adalah energi baru terbarukan (renewable energy). Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak menghasilkan emisi karbon dioksida.

Top 10 Negara Terbesar Penghasil Listrik dari Energi Baru Terbarukan di Tahun 2021

Amerika Serikat masih berada di urutan pertama sebagai penghasil listrik terbesar dari energi baru terbarukan. Posisi ini dipegang oleh Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2021 ini lembaga Renewable Energy Country Attractiveness Index (RECAI), mengeluarkan update terakhir negara - negara penghasil listrik terbesar dari energi baru terbarukan tepatnya di bulan Oktober 2021.

RECAI, mulai tahun 2003 selalu mengeluarkan update negara penghasil listrik dari energi baru terbarukan setiap dua tahun sekali. Peringkat penilaian ini dibuat berdasarkan daya tarik investasi energi terbarukan dan penerapannya dalam bentuk skor.

Berikut daftar urutan negara yang masuk 10 besar dari 40 daftar negara penghasil listrik dari energi baru terbarukan, berdasarkan urutan dan skor penilainnya;
  1. Amerika Serikat, skor penilaian 72.8
  2. China (Tiongkok), skor penilaian 70.7
  3. India, skor penilaian 70.2
  4. Prancis, skor penilaian 67.4
  5. Inggris, skor penilaian 67.3
  6. German, skor penilaian 67.0
  7. Australia, skor penilaian 66.9
  8. Jepang, skor penilaian 65.4
  9. Brazil, skor penilaian 61.9
  10. Spanyol, skor penilaian 61.2
Investasi dan pengembangan energi baru terbarukan yang dimiliki Amerika Serikat paling besar berasal dari Offshore Wind. Offshore Wind adalah pembangkit listrik tenaga bayu yang berada di lepas pantai.
gambar pembangkit listrik tenaga bayu lepas pantai
Offshore Wind
Sedangkan, China yang menempati urutan ke-2, menghasilkan energi listrik paling besar berasal dari pembangkit listrik tenaga matahari jenis solar panel (Solar PV).

India yang berada di peringkat ke-3, yang memiliki skor 62.4 sumber energi listriknya masih didominasi dari pembangkit listrik tenaga matahari jenis solar panel.

Prancis yang sebelumnya berada di posisi 5, sekarang menempati urutan 4 sebagai penghasil listrik terbesar dari energi baru terbarukan. Prancis menghasilkan listrik paling besar berasal dari Onshore Wind.

Onshore Wind adalah salah satu mendapatkan energi listrik dari pembangkit listrik tenaga bayu/angin yang penempatannya berada di daratan. Prancis juga sudah memetakan potensi cadangan Offshore Wind sebesar 2 GW (Gigawatt).

Inggris menghasilkan listrik paling besar dari Offshore Wind, mengalami penurunan peringkat yang sebelumnya berada di posisi 4, sekarang berada di posisi 5.

Negara Jepang yang berasal dari Benua Asia, masih menempati posisi sebelumnya, yaitu posisi ke-8. Biomassa adalah pembangkit listrik terbesar sebagai penghasil listrik setelah Offshore Wind.

Sedangkan Brazil naik 2 peringkat yang sebelumnya berada di peringkat 11, saat ini menduduki urutan 9 dengan mengandalkan Onshore Wind sebagai penghasil terbesar listrik negaranya.

Jerman, Australia dan Spanyol yang berada di urutan 6,7 dan 10 mengandalkan pembangkit listrik tenaga bayu, jenis solar panel (Solar PV), sebagai penghasil listrik terbesar di negaranya masing - masing.

Dimanakah Posisi Indonesia Sebagai Penghasil Listrik Energi Terbarukan?

Indonesia memang tidak masuk di daftar urutan 10 besar, namun untuk pertama kalinya di tahun 2021, Indonesia masuk daftar 40 negara penghasil listrik terbesar dari energi baru terbarukan.

Indonesia menduduki urutan ke-39, sebelumnya berada di posisi ke-46. Mengungguli Kenya yang berada diposisi 40. Sedangkan di atas Indonesia ada Yordania dan Hungaria yang menempati posisi 39 dan 38.

Indonesia menghasilkan listrik yang paling besar untuk energi baru terbarukan dari pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal energy).

Namun, untuk negara - negara yang berada di Asia Tenggara, Indonesia masih kalah jauh dari Filipina dan Vietnam yang berada diurutan 27 dan 29 di daftar ini.

Penutup

Walaupun dilanda pendemi covid-19, menurut Renewable Energy Country Attractiveness Index (RECAI), kapasitas pembangkit energi terbarukan tumbuh sebesar 2% atau senilai US$303,5 Miliar

Dengan peningkatan pemasangan kapasitas energi terbarukan di seluruh dunia ini, dapat mengatasi perubahan iklim dan dapat menurunkan pemanasan global yang terjadi saat ini.

Demikian uraian singkat mengenai “Siapa Negara Penghasil Listrik Terbesar yang Berasal dari Energi Baru Terbarukan Tahun 2021?”. Semoga Bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for " Negara Manakah Penghasil Listrik Terbesar dari Energi Baru Terbarukan Tahun 2021?"