Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi dan Fungsi Switchyard, Bangunan Pendukung Pembangkit Listrik

gambar switchyard pada gardu induk

Switchyard menjadi salah satu kebutuhan pendukung di dalam proses pembangunan pembangkit listrik. Energi listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik, dialirkan melalui berbagai tahap hingga sampai kepada masyarakat.

Switchyard dan gardu induk adalah beberapa bangunan pendukung (infrastruktur) sistem kelistrikan yang dilewati energi (aliran) listrik setelah dihasilkan oleh pembangkit listrik.

Secara umum switchyard sangat berhubungan langsung dengan gardu induk (GI), sehingga kedua bangunan ini biasanya diartikan memiliki pengertian dan fungsi yang sama.

Pada kenyataannya antara switchyard dan gardu induk memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda - beda, namun kedua bangunan ini saling berhubungan dan berkesinambungan.

Definisi Switchyard dan Gardu Induk

Sedangkan pengertian, fungsi dan jenis - jenis dari gardu induk, dapat anda baca pada artikel saya sebelumnya di link yang berikut ini Apa itu Gardu Induk dan Untuk Apa Gardu Induk itu Dibangun?
Definisi atau pengertian dari switchyard secara umum merupakan bagian dari gardu induk (GI), tempat peletakan komponen utama gardu induk. Sedangkan komponen yang berada pada bagian switchyard disebut switchgear.
Jika komponen utama gardu induk dibangun di area terbuka yang luas disebut dengan switchyard, sedangkan jika komponen gardu induk dibangun di area terbatas atau sempit disebut dengan switchgear.

Fungsi dari Switchyard

Fungsi dari switchyard adalah tempat mengumpulkan energi listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik dan juga berfungsi untuk menaikkan tegangan melalui trafo untuk disalurkan ke gardu induk.

gambar switchyard atau pelataran langsir

Switchyard juga berfungsi untuk menyambungkan komponen utama busbar. Busbar merupakan pusat listrik, semua sumber energi listrik terpusat pada komponen ini.

Sehingga, switchyard adalah tempat untuk menerima dan menyalurkan energi listrik dari pembangkit sebelum ke gardu induk. Dari gardu induk semua energi listrik dikumpulkan kemudian disalurkan kepada konsumen.

Konstruksi dari switchyard terdiri dari rangkaian rangka baja yang berupa dudukan dan tiang penyangga untuk meletakkan berbagai peralatan electrical switchyard (komponen - komponen sistem kelistrikan).

Biasanya di dalam switchyard terdiri dari beberapa komponen peralatan kelistrikan antara lain transformator arus (TA), transformator tegangan, saklar pemisah (disconnecting switch), pemutus tenaga (circuit breaker) dan lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai “Definisi dan Fungsi Switchyard, Bangunan Pendukung Utama Pembangkit Listrik dan Gardu Induk”. Semoga Bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "Definisi dan Fungsi Switchyard, Bangunan Pendukung Pembangkit Listrik "