Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Negara Thailand Berhasil Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Kebun Solar Panel Terapung Terbesar di Dunia

gambar kebun solar panel
Ilustrasi kebun solar panel (solar farm)
Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan jenis solar panel menjadi salah satu sumber energi listrik yang berasal dari energi panas matahari yang diubah menjadi energi listrik.

Alat yang disebut dengan solar panel ini adalah alat yang berfungsi untuk mengubah panas matahari atau Photovoltaic menjadi listrik dan kemudian menyimpannya di dalam baterai Lithium-ion.

Teknologi solar panel belakangan ini sudah diaplikasikan diseluruh negara dunia ini, terutama negara - negara di Eropa dan Amerika Serikat untuk menambah cadangan pasokan listriknya.

Thailand Memanfaatkan Waduk Menjadi PLTS Terapung

Baru - baru ini Thailand telah berhasil membangun PLTS dengan jenis solar panel apung/terapung terbesar di dunia mengalahkan negara - negara di Asia yang pertama kali menggunakan solar panel seperti China.

Sejumlah 7 kebun solar panel terapung ini dipasang di salah satu waduk (reservoir) terbesar di Thailand yaitu Sirindhorn Dam (waduk Sirindhorn), yang terletak di Provinsi Ratchathani.

Sebelumnya, waduk ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan sistem pengairan pertanian. 

Menjadikan waduk ini sebagai sumber energi listrik yang memadukan antara turbin air (hydroelectric) dan solar panel.

Waduk ini memiliki luas 121 Hektar yang dapat dipasang lempengan solar panel sejumlah 141,417 buah. Sehingga menjadikannya sebagai pembangkit listrik yang berasal dari energi terbarukan (Renewable energy).

Kebun solar panel terapung ini memiliki kapasitas terpasang sebesar 45 MW (Megawatt). Pada bulan September 2021 energi listrik yang dihasilkan sudah terintegrasi dengan sistem jaringan listrik (Grid) pemerintah Thailand.

Thailad mengklaim, solar panel terapung ini memiliki teknologi yang lebih baik, seperti ketahanan (resistant) dan kelembapan terhadap air.

Pemerintah Thailand selanjutnya berencana akan memasang jenis solar panel terapung ini di 8 waduk yang ada di negara tersebut.

Dengan teknologi solar panel terapung ini, pemerintah Thailand yakin dapat menambah pasokan energi listrik sebesar 35% dari sumber energi listrik yang berasal dari non-fosil seperti batubara pada tahun 2035.

Dengan waktu lebih dari 16 tahun ke depan, Thailand dapat tambahan pasokan energi listrik sebesar 2,725 MW.

Dengan pembangunan solar panel terapung ini telah menjadikan negara Thailand sebagai negara pertama yang memiliki kebun solar panel (solar farm) terapung terbesar di dunia.

Pemerintah Indonesia juga akan menerapkan teknologi kebun solar panel terapung ini di salah satu waduk terbesar di Indonesia yaitu waduk Jatiluhur yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Demikian ulasan singkat "Negara Thailand Berhasil Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Kebun Solar Panel Terapung Terbesar di Dunia". Semoga bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "Negara Thailand Berhasil Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Kebun Solar Panel Terapung Terbesar di Dunia"