Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Daftar Energi Baru Terbarukan (EBT) yang Akan Menjadi Sumber Energi Listrik dan Primadona di Masa Depan

energi baru terbarukan (EBT)
Ilustrasi Renewable Energy

Energi baru terbarukan (EBT) atau sering disebut renewable energy (energi terbarukan) akan menjadi pilihan teratas bahkan pilihan terakhir sebagai sumber energi listrik. 

Diprediksi energi baru terbarukan (EBT) akan menjadi pilihan utama untuk menggantikan sumber energi yang berasal dari fosil seperti batubara, minyak bumi dan gas, dimana cadangannya semakin menipis, bahkan hampir habis.

Energi baru terbarukan merupakan sumber energi listrik yang berasal dari sumberdaya alam yang tidak akan pernah habis, seperti air, angin dan radiasi matahari dan lain sebagainya. 

Salah satu kelebihan dari energi baru terbarukan adalah tidak menghasilkan bahan kimia dan biologis yang dapat merusak lingkungan hidup bahkan bumi atau dikenal juga dengan energi bersih (clean energy).

Apa sajakah jenis energi baru dan terbarukan (EBT) yang terdapat di bumi khususnya di Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik?. Berikut 5 daftar sumber energi baru terbarukan yang akan menjadi pilihan teratas dan primadona di masa yang akan datang versi konstruksibesar;

1. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)/Geothermal Energy Power Plant

pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP)
Geothermal Energy Power Plant

Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan panas bumi (magma) untuk memanaskan cairan/air yang konversi menjadi uap untuk memutar turbin, dari turbin akan memutar generator untuk menghasilkan energi listrik.

Update terakhir tahun 2021, potensi panas bumi (geothermal) di Indonesia mencapai 28.5 GW (Gigawatt), sedangkan kapasitas yang terpasang saat ini hanya 7.5% atau sekitar 2.13 GW. 

Saat ini, PLTP yang sudah terpasang terdapat di Jawa Barat yaitu PLTP Kamojang dan di Sumatera Utara PLTP Sarulla Operation Limited (SOL) yang mempunyai kapasitas terpasang 300 MW, yang mendapat predikat pembangkit listrik tenagan panas bumi terbesar di dunia.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)/Solar Panel Power Plant

gambar konstruksi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)
Solar Panel Power Plant
Pembangkit listrik tenaga matahari khususnya soler panel, masuk dalam daftar energi baru terbarukan, mempunyai cara kerja menangkap panas/radiasi matahari (photovoltaic) yang diubah menjadi energi listrik. 

Energi listrik yang dihasilkan dari solar panel biasanya akan disimpan didalam baterai (lithium-ion) yang kemudian disalurkan kepada masyarakat.

Potensi pembangkit listrik tenaga matahari di Indonesia sangat besar. Pada tahun 2019 kapasitas yang terpasang sekitar 0.07% atau sekitar 0.15 GWp sedangkan potensi yang bisa dikembangkan mencapai 207.8 GW.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)/Wind Power Plant

gambar tower pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB)
Wind Power Plant
Pembangkit listrik tenaga Bayu/Angin (PLTB), memiliki cara kerja mengubah aliran energi angin yaitu dengan memutar kincir angin. Putaran dari kincir angin ini akan memutar turbin yang terpasang didalamnya sehingga menghasilkan energi listrik melalui generator.

Salah satu PLTP yang sudah beroperasi saat ini di Indonesia ialah PLTB Sidrap di Sulawesi Selatan yang memiliki kapasitas terpasang 75 MW (Megawatt) dan menjadikannya PLTB terbesar Se-Asia Tenggara.

Sedangkan potensi yang dapat dikembangkan menjadi PLTB di tanah air kita mencapai 60.6 GW. Update terakhir pada tahun 2019 kapasitas terpasang PLTB hanya 0.15 GW atau sekitar 0.3%.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)/Hydroelectric Power Plant

gambar bendungan pembangkit listrik tenaga air (PLTA)
Hydroelectric Power Plant/Dam/Bendungan

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) merupakan sumber energi listrik yang memiliki kapasitas terpasang terbesar saat ini di Indonesia. Pada tahun 2019 Indonesia memiliki kapasitas terpasang dari PLTA, sebesar 6.11 GW atau sekitar 8.15%.

Sedangkan potensi PLTA dan pengembangannya hampir merata dari Sabang sampai Merauke. PLTA berada pada urutan paling teratas sebagai sumber energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. PLTA terbesar saat ini di Indonesia anda dapat membacanya di link berikut PLTA Terbesar di Indonesia.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBG)/Biogas Power Plant

gambar biogas
Pembangkit listrik tenaga Biogas

Pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBG) termasuk salah satu sumber energi baru dari klasifikasi energi baru terbarukan. Memanfaatkan limbah cair dari perkebunan kelapa sawit (PKS) atau sering disebut dengan Palm Oil Mill Effluent (POME).

Gas metan (CH4) yang dihasilkan dari POME yang diperoleh dalam proses, akan digunakan sebagai bahan bakar untuk  mesin gas generator (gas engine generator) sehingga menghasilkan energi listrik.

Saat ini, Pemanfaatan PLTBG untuk energi listrik masih dalam skala kecil, sehingga saat banyak digunakan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk memasok aliran listrik untuk kebutuhan perusahaan.

Demikian ulasan singkat "5 Daftar Energi Baru Terbarukan (EBT) yang Akan Menjadi Sumber Energi Listrik dan Primadona di Masa Depan" menggantikan sumber energi listrik dari fosil. Semoga bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "5 Daftar Energi Baru Terbarukan (EBT) yang Akan Menjadi Sumber Energi Listrik dan Primadona di Masa Depan"